Desain Aplikasi Kata Cemerlang: Bermain dan Jelajah Kosakata Siswa Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Website Kodular

Dian Pri Mahar Siwi, Natasya Angelia Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Kodular adalah sebuah situs website yang menyediakan alat atau block untuk membuat aplikasi android tanpa memerlukan penulisan kode secara manual. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar melalui website Kodular. Penelitian ini menggunakan metode SDLC waterfall, metode ini menggunakan cara pendekatan sistematis dan berurutan. Desain aplikasi kata cemerlang untuk siswa sekolah dasar dengan menggunakan website Kodular memiliki beberapa tahapan 1) requirements analysis, 2) design, 3) development, 4) testing, dan 5) maintenance. Simpulan penelitian ini terdapat lima tahap dalam membuat aplikasi dengan website Kodular.

Kata kunci—Desain, Aplikasi, Kodular, Kosakata

 

 

Abstract—Kodular is a website that provides tools or blocks to create android applications without the need to write code manually. This assessment aims to improve the reading skills of elementary school students through the kodular website. This research uses the SDLC waterfall method, this method uses a systematic and sequential approach. The design of the brilliant word application for elementary school students using the Kodular website has several stages 1) requirements analysis, 2) design, 3) development, 4) testing, and 5) maintenance. The conclusion of this research is that there are five stages in making applications with the Kodular website.

Keywords—Design, Application, Kodular, Vocabulary


Keywords


Design, Application, Kodular, Vocabulary

Full Text:

PDF

References


Alda, M. (2020). Jurnal media informatika budidarma. STMIK Budi Darma.

Djuredje, R. A. H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan media berbasis aplikasi Kodular dalam pembelajaran teks persuasi di SMP kelas VIII. GERAM, 10(2), 32-41. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10602.

Ekawati, S., & Basri, F. (2022). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Kodular. Abdimas Langkanae, 2(2), 216-222. https://doi.org/10.53769/jpm.v2i2.183.

Gumilang, I. R. (2022). Penerapan metode SDLC (system development life cycle) pada website penjualan produk vapor. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik, 1(1), 47-56. https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i1.144.

Hafni, Irwan, Zen, M. (2024). Pencatatan kreatif siswa berbasis android. PT Serasi Media Teknologi.

Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan membangun aplikasi mobile menggunakan Kodular untuk siswa SMPN 1 Selorejo. Abdimas Galuh, 4(1), 549-553. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7259.

Kirman, K., & Saputra, E. E. (2022). Metode SDLC waterfall pada rancang bangun sistem informasi sekolah SMP Negeri 10 Kaur. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis), 4(2), 112-118. https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i2.453.

Kusmayanti, S. (2019). Membaca permulaan dengan metode multisensori. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 222-227. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.832.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching‏‏‎, 3(1), 52-59. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/8.

Manuaba, I. B. K., Abdillah, R., & Datya, A. I. (2023). Pengembangan aplikasi perangkat lunak: Paduan praktis dalam merancang, membangun, dan mengelola aplikasi. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Mardiana, M., Nugraha, U., & Setiawan, I. B. (2022). Motivasi siswi mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur. Score, 2(1), 31-47. https://mail.online-journal.unja.ac.id/score/article/view/17675/14386.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61.

Munthe, I. R. (2017). penerapan model waterfall pada perancangan sistem informasi pendaftaran siswa baru SMK Swasta Teladan Rantauprapat berbasis web. Informatika, 5(3), 15-21. https://doi.org/10.36987/informatika.v5i3.731.

Murni, I., Ratricia, P., & Irawan, M. D. (2024). Perancangan aplikasi pengelolaan data pegawai berbasis mobile menggunakan Kodular dan Airtable. Bulletin of Computer Science Research, 4(2), 188-195. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v4i2.335.

Pentury, H. J. (2018). Pemanfaatan literasi TIK melalui peran lagu dalam mengembangkan kosakata anak. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(2), 226-239. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2889.

Putra, G. L., Natasia, S. R., & Wiranti, Y. T. (2020). Media pembelajaran dengan metode gamification untuk meningkatkan motivasi pembelajaran pada perguruan tinggi di masa Covid-19. Media Nusa Creative.

Putra, R. A., Astiti, S., & Aranski, A. W. (2024). Buku referensi konsep sistem informasi. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/6917/3554..

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan e-modul berbantu Kodular pada smartphone untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859-873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286.

Rohayah, S., Sasmito, G. W., & Somantri, O. (2015). Aplikasi steganografi untuk penyisipan pesan. Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 9(1), 102820. https://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i1.a2038.

Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Canva tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417.

Salamun, S. (2024). Buku ajar: pengembangan aplikasi WEB. Goresan Pena.

Soekarno. & Basuki, L. (2001). Panduan membuat desain ilustrasi busana: Tingkat dasar, terampil, dan mahir. PT Kawan Pustaka.

Syifani, D., & Dores, A. (2018). Aplikasi sistem rekam medis di Puskesmas Kelurahan Gunung. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Komputer, 9(1), 22-31. https://doi.org/10.24853/justit.9.1.22-31.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). http://dx.doi.org/10.29210/3003205000.

Taufiq, M. (2023). Analisis sistem informasi (konsep, metodologi, pendekatan). CV Ananta Vidya.

Tresnawati, D., Satria, E., & Adinugraha, Y. (2016). Pengembangan aplikasi komik hadits berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 99-105. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.99.

Wahid, A. (2023). Buku ajar konsep dasar: PKN SD. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Wijayanto, S., Putra, R. A., & Darmansyah, D. (2024). Buku ajar analisa perancangan sistem informasi. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yasifa, T. A., Syahidin, Y., & Herfiyanti, L. (2022). Design and build information system for bpjs polyclinic claim file completeness at Muhammadiyah Hospital Bandung. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(4), 1089-1097. https://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/download/278/172.

Yusni, Y. (2023). Penguasaan kosakata dan struktur kalimat bahasa Indonesia. CV Azka Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.