Peran Menyimak Sosial dalam Meningkatkan Literasi pada Anak Usia Dini
Abstract
Menyimak sosial dapat diartikan sebagai mendengarkan interaksi sosial yang terjadi di lingkungan seperti di jalan atau pasar. tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran menyimak sosial dalam meningkatkan literasi pada anak usia dini. metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR . data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa atau klausa yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan teknik triangulasi. hasil penelitian terdapat 1) membangun keterampilan bahasa dan kosakata, 2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 3) mengembangkan pemahaman mendengar, 4) memperkuat hubungan sosial, 5) meningkatkan motivasi membaca. simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini.
Kata kunci—Meningkatkan literasi, anak usia dini, menyimak sosial
Abstract—Social listening can be defined as listening to social interactions that occur in the environment such as on the street or market. The aim of this research is to determine the role of social listening in increasing literacy in early childhood. The method in this research uses the SLR method. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases or clauses taken from books and national journals. The data collection technique uses the listening and note-taking method, while the validation technique uses triangulation techniques. The results of the research include 1) building language and vocabulary skills, 2) improving critical thinking skills, 3) developing listening comprehension, 4) strengthening social relationships, 5) increasing reading motivation. The conclusion in this research is that there are 5 efforts made to increase literacy in early childhood.
Keywords—Improving literacy, early childhood, social listening
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, W.R (2009). Media pembelajaran bahasa arab, Malang: UIN Malang Press.
Ainun N., & Jalaluddin. (2023). Meningkatkan literasi dan kualitas pembelajaran yang kreatif berorientasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.586.
Astuti, DS, & Zulkarnaen, Z. (2017). Analisis kompetensi siswa dalam menguasai pemahaman mendengarkan. Pendidikan: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 15(1), 27–41. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.404.
Bastin, N. (2022). Keterampilan literasi membaca dan menulis. Sidoarjo, Indonesia: Nahason bastin publishing (online).
Dalman. (2014). Keterampilan berbahasa indonesia teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Erwanda, D. R. & Sutapa, P. (2020). Pengembangan media permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3323-3334. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607.
Fadilah dkk (2021). Pendidikan karakter. Surakarta, Indonesia: Cv. Agrapanda Media.
Hanafi, A., & Yasin, M. (2023). Upaya memperkuat hubungan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA) , 1 (2), 51–62. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php.
Hartati. (2005). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Dikti Depdiknas.
Hidayanti, A. R., & Wibowo. (2016). Menyimak ekstensif. Jurnal ilmiah ekstensif, 4(2), https://doi.org/10.31227/osf.io/7vuqk.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Lempuyang, 3(2),57-67.https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Lempuyang, 3(2),57-67.https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Juanita, E., Mahyuddin, N. (2022). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). 0.31004/obsesi.v6i4.2198.
Lestari, F., & Maylita, F. (2020). Memahami karakteristik anak. Madiun, Indonesia: Bayfa Cendekia.
Mannan, abd., Gustiar, S.pd. (2023). Pendidikan literasi. Bangkutupan yogyakarta, Indonesia: Selat media partner.
Palupi, N.A, Widiastuti, E.D. (2020). Peningkatan literasi di sekolah dasar. Madiun, Indonesia: Bayfa Cendekia.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Ramadhani, K., &Afi, P. (2023). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2 (1), 184-195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148.
Ramadhani, K., &Afi, P. (2023). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2 (1), 184-195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148.
Resmi, W. S. S. . (2021). Systematic literature review: Media pembelajaran komik untuk meningkatkan motivasi dalam literasi membaca pemahaman. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 76–83. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.10403.
Sadiyah, H., & Sukma. (2022). Peningkatan literasi siswa melalui program les privat calistung dan pohon literasi di sekolah dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396.
Sadiyah, H., & Sukma. (2022). Peningkatan literasi siswa melalui program les privat calistung dan pohon literasi di sekolah dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396.
Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak sosial di kalangan karang taruna di daerah pedesaan. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2),29-40. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3810.
Tarigan, H.G. (1983). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, Y. P., & Suyanto. (2022) Membangun karakteristik tanggung jawab siswa melalui literasi media dalam menghadapi era revolusi industri. Purwokerto, indonesia: Character of responsibility Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.