Upaya Menumbuhkan Rasa Integritas dan Patriotisme untuk Bela Negara
Abstract
Abstrak—Integritas adalah prinsip kegigihan sehingga terbentuk kepribadian yang tidak mudah terpengaruh orang lain. Tujuan dari penelitian ingin mengetahui upaya menumbuhkan rasa Integritas dan Patriotisme untuk bela negara. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) meningkatkan kepedulian terhadap keamanan dan kedaulatan negara, 2) penguatan karakter, 3) partisipasi aktif warga negara, 4) percaya terhadap pemerintah dan institusi negara, dan 5) memperkuat nilai persatuan.
Kata kunci—Bela Negara, Integritas, Patriotisme
Abstract—Integrity is the principle of persistence so that a personality is formed that is not easily influenced by others. The purpose of the research is to find out efforts to foster a sense of Integrity and Patriotism to defend the country. The method in this research uses the SLR method. The data in this study include secondary data in the form of phrases, sentences, and sentences taken from books and national journals. Data collection techniques using the method of listening and noting. The data were analyzed using the theory polarization technique. The results showed that there were efforts to 1) increase concern for the security and sovereignty of the country 2) strengthening character 3) active participation of citizens 4) trust in government and state institutions 5) strengthening the value of unity.
Keywords—State Defense, Integrity, Patriotism
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., Nasaruddin, N., & Nurdiniawati, N. (2024). Jihad kebangsaan membangun spirit patriotisme pada generasi muda menuju bangsa berkarakter. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 8(1), 97-108. https://doi.org/10.52266/tadjid.v8i1.2606.
Amanah, N. H. (2020). Implementasi local wisdom education dalam pendidikan Islam sebagai solusi penguatan karakter patriotisme generasi millenial. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 1-11. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.92.
Arfa, A. M. (2023). Memerangi korupsi melalui pendidikan anti-korupsi: Membentuk integritas, kesadaran, dan kemampuan kritis dalam masyarakat. Jendela Pengetahuan, 16(2), 128-142. https://doi.org/10.30598/jp16iss2pp111-125.
Binsasi, H., & Korbaffo, Y. S. (2022). Sosialisasi ecological citizhenship sebagai suatu urgensi pembentukan karakter peduli lingkungan warga negara. Beru'-beru': Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 15-21. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/jipm/article/view/1687.
Claudiawan, S., & Asbari, M. (2023). Filosofi apatis: Menyimak kajian filosofis Fahruddin Faiz. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 57-61. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.65.
Dewanti, P. A., Alhudawi, U., & Hodriani, H. (2023). Gotong royong dalam memperkuat partisipasi warga negara (Civic Participation). Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ), 2(1), 15-22. https://doi.org/jurnal.umsu.ac.id/index.php/jpce/article/view/13753.
Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi pendidikan karakter integritas sub nilai kejujuran melalui program kantin kejujuran di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565-3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939.
Firdaus, H. (2023). Menanamkan sikap cinta tanah air melalui pembelajaran PKn di sekolah dasar sebagai pilar patriotisme bangsa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1525-1534. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9491.
Gea, A. A. (2014). Integritas personal dan kepemimpinan etis. Humaniora, 5(2), 950-959. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3197.
Hamid, S. I., Dewi, D. A., Nugraha, A. R., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2021). Implementasi nilai persatuan dan kesatuan bangsa dengan model pembelajaran role playing di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731-5738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1602.
Hartinah, S., & Nurcahya, S. B. (2022). Peranan mahasiswa dalam bela negara menggunakan media sosial dengan konten kekinian. Jurnal Sosio dan Humaniora (soma), 1(1), 45-54. https://doi.org/10.59820/soma.v1i1.37.
Hasan, R. (2022). Menumbuhkan sikap nasionalisme dan bela negara mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 8-20. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.890.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2) 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Illahi, P. R. A. (2024). Penguatan pendidikan karakter melalui kolaborasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Studi kasus di SMK Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur). (Skripsi Sarjana, Universitas Pasundan). http://doi.org.repository.unpas.ac.id/id/eprint/69655.
Indrawan, J., & Aji, M. P. (2018). Pendidikan bela negara sebagai mata kuliah di perguruan tinggi. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 8(3), 1-24. https://doi.org/10.33172/jpbh.v8i3.437.
Irhasy, M., & Habibah, S. M. (2024). Peran Pancasila dalam menumbuhkan rasa patriotisme tanah air pada generasi muda. Academy of Education Journal, 15(1), 293-301. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2165.
Jamal, N. A., & Fatmawati, S. (2021). budaya integritas dalam upaya penguatan karakter peserta didik SMA Negeri 3 Metro. Jurnal an-nur: Kajian Ilmu-ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(02), 142-154. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/123.
Listyowati, M. Y. E., Prihatin, L., Achwan, M., Nooryanto, F. H., Setyaningrum, D., & Sudarsono, S. (2024). Pencegahan bahaya radikalisme melalui penguatan karakter kebangsaan dan penanaman nilai-nilai luhur Pancasila pada siswa. Indonesia Berdaya, 5(2), 511-522. https://doi.org/10.47679/ib.2024734 .
Lukman, M. (2021). Upaya menjaga keamanan dan kedaulatan negara dari terorisme. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 679-688. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.624 .
Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme pada anak usia dini. Journal of Education Research, 3(1), 35-41. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.74.
Mahilda, R. R. (2024). Penguatan karakter peserta didik SMP Negeri 15 Malang melalui pendidikan kewarganegaraan dalam menyambut era 5.0. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(7), 4-4. https://doi.org/10.17977/um063v4i7p4.
Muhtar, Z., Yulianti, Y., & Hanafiah, H. (2021). Pendidikan bela negara di dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Eduprof, 3(2), 198-218. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i2.86.
Ngatourrohman, A., Fitria, J., Nisa, K., & Shobrina, N. (2024). Menguatkan ketahanan nasional bangsa dengan upaya bela negara. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5), 62-70. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/1098.
Nurnazhiifa, K., & Dewi, D. A. (2021). PPKn sebagai tonggak rasa patriotisme dan nasionalisme berkaitan dengan identitas nasional bangsa Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 67-79. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.29.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Puspitasari, S. (2021). Pentingnya realisasi bela negara terhadap generasi muda sebagai bentuk cinta tanah air. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 72-79. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.43.
Riyanto, M., & Kovalenko, V. (2023). Partisipasi masyarakat menuju negara kesejahteraan: Memahami pentingnya peran aktif masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 5(2), 374-388. https://doi.org/10.14710/jphi.v5i2.374-388.
Rohman, M. F., & Hamami, T. (2021). Pendidikan agama Islam sebagai basis penguatan sikap patriotisme. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(1), 91-110. https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i1.1435.
Saputro, R., & Najicha, F. U. (2022). Penerapan rasa bela negara pada generasi muda di era globalisasi. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 207-211. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7715.
Sulianti, A. (2018). Pendidikan kewarganegaraan dalam budaya multikultural untuk menanamkan sikap patriotisme warga negara. Jurnal: Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 17,48-54. http://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55.
Suwito, A. (2014). Membangun integritas bangsa di kalangan pemuda untuk menangkal radikalisme. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2) 576-578. https://doi.org/10.26877/civis.v4i2.610.
Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, M., Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi penguatan nilai integritas dalam pendidikan karakter siswa. Journal on Education, 5(3), 9768-9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795.
Ulya, V. F., & Anisah, Z. (2021). Pembentukan nilai karakter integritas melalui gerakan literasi sekolah pada anak MI/SD. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 43-56. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.118.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Umra, S. I. (2019). Penerapan konsep bela negara, nasionalisme atau militerisasi warga negara. Lex Renaissance, 4(1), 164-178. https://doi.org/10.20885/JLR.vol4.iss1.art9.
Utama, A. S. (2019). Kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia. Jurnal Ensiklopedia Social Review, 1(3), 306-313. https://doi.org/10.33559/esr.v1i3.375.
Wahyudi, E., & Wibawani, S. (2021). Pembentukan sikap rela berkorban mahasiswa melalui mata kuliah patriotisme. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 11(1), 15-30. https://doi.org/10.33172/jpbh.v11i1.1169.
Widodo, S. (2011). Implementasi bela negara untuk mewujudkan nasionalisme. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 18-30. https://doi.org/10.26877/civis.v1i1.572.
Wulandari, F. M., Cahyani, Y. N., Hapsari, F. H., Wulandari, N., & Kiptiyah, S. M. (2024). Analisis nilai karakter integritas pada proyek penguatan profil pelajar pancasila era society 5.0 kelas VI SD Islam Imama. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 442-448. https://doi.org/10.5281/zenodo.11496454.
Yansi, L. M., Hertati, L., & Munandar, A. (2024). Pengaruh moralitas individual, regulasi akademik, integritas akademik terhadap etika kecurangan siswa (Survei pada SMA Srijaya Negara Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 4(1), 175-194. https://doi.org/10.36908/jimpa.v4i1.342.
Yurisdika, A. D. (2019). Strategi penanaman nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada siswa. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 32-46. https://doi.org/10.29100/jr.v5i2.1235.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.