Peran Menyimak Penyelidikan untuk Mencegah Kasus Perundungan di Kalangan Generasi Z

Akhbib Fikri Antony Al-Falih, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak penyelidikan (exploratory listening) merupakan langkah menyimak dengan cara singkat dengan mendengarkan serta menyimak agar memperoleh wawasan yang baru dengan cara melakukan penyelidikan terhadap apa yang di selidiki, penelitian ini bertujuan untuk menanggulangi kasus perundungan di kalangan generasi Z. Penelitian  menerapkan metode SLR(Systemtic Literature Review). Metode ini merupakan metode yang di gunakan untuk mengevaluasi, menyelidiki, dan menafsirkan semua penelitian tentang topik yang diminati dan pertanyaan dari penelitian tertentu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengaplikasikan metode menyimak setelah itu mencatat. untuk cara validasi melibatkan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini menemukan beberapa metode yang bisa di gunakan untuk mencegah kasus perundungan. Metode tersebut adalah: 1. Melalui pendekatan dan perhatian penuh 2. bertindak tegas terhadap perilaku perundungan 3. memberikan pendidikan tentang bullying di kalangan generasi Z. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meneliti tentang menyimak penyelidikan, perundungan, dan generasi Z. Metode yang bisa di gunakan untuk mencegah kasus perundungan adalah: 1. pendekatan dan perhatian penuh 2. bertindak tegas terhadap perilaku perundungan 3. memberikan pendidikan tentang bullying di kalangan generasi Z.

Kata kunci—kasus-kasus perundungan, generasi Z, menyimak penyelidikan

 

 

abstract—Exploratory listening is a short listening activity by listening and listening in order to gain new insights by investigating what is being investigated, the purpose of this study is to tackle cases of bullying among generation Z. This research uses the SLR method (Systemtic Literature Review.) This method is a method used to evaluate, investigate, and interpret all research on topics of interest and questions of specific research. The data collection method of this research uses the method of listening and recording for validation using theoretical triangulation techniques. The results of this study found several methods that can be used to prevent bullying cases. These methods are: 1. through approach and full attention 2. acting firmly against bullying behavior 3. providing education about bullying among generation Z. The conclusion of this research is that it examines listening to investigations, bullying, and generation Z. Methods that can be used to prevent bullying cases are: 1. approach and full attention 2. act firmly against bullying behavior 3. provide education about bullying among generation Z.

Keywords—bullying cases, generation Z, listening to the investigation


Keywords


bullying cases, generation Z, listening to the investigation

Full Text:

PDF

References


Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Holistika: Jurnal IlmiahPGSD, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). “Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management.” In ICMLG2016 - 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016 Hlm. 42. Academic Conferences and publishing limited.

Eleanora, F. N., & Adawiah, R. A. (2021). Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) dan Upaya Preventif di Kalangan Siswa SMK Bangun Persada Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 203–208. https://doi.org/10.54082/jamsi.67.

Fourhooks (2015). “The Generation Guide -Millennials, Gen X, Y, Z and Baby Boomers” http://fourhooks.com/marketing/thegeneration-guide-millennials-gen-x-y-z-and-baby-boomers-art5910718593/.

HABIBIE, A. N. (2019). Prevalensi dan korelasi bullying diantara remaja di Indonesia: Analisis data sekunder survei kesehatan berbasis sekolah. Universitas Airlangga.

Howe, N., & Nadler, R. (2012). WHYGENERATIONSMATTER: TenFindings from LifeCourse Research on the Workforce.

Indrawan, Fajar, A. (2019). “Etika Menghubungi Dosen Dimaksudkan Agar Saling Menghargai” https://news.detik.com/berita/d-3674120/etika-menghubungi-dosen-dimaksudkan-agar-saling-menghargai.

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Jawa tengah: Lutfi Gilang.

Lestari, W. S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (Studi Kasus pada Siswa SMPN 2 Kota Tangerang Selatan). SOCIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(2), 147-157. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33376.

Martaulina, D. S. (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublish

O’Connell, J. (2003). Bullying at school. California: Department of Education.

Ramadhan, & Fachrun, A., & Simanjuntak, M. (2018). “Perilaku Pembelian Generasi Z: Promisi, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri”. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243.

Rosdawita, R. (2015). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 67-81. https://onlinejournal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Salsabila, F., & Nurjannah, N. (2022). Pelayanan Mediasi oleh Lembaga Rekso Dyah Utami: Studi pada Anak Korban Kekerasan dalam Sebuah Keluarga. El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga, 5(2). https://doi.org/10.22373/ujhk.v5i2.1342.

Sudaryanto. (1993). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Surya, Y.P. (2016). “Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.” Among Makarti. 9 (18). 123-134. http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142.

Swearer, S.M. & Hymel, S. (2015). Understanding the psychology of bullying moving toward a social-ecological diathesis-stress model. American Psychologist Association, 70(4), 344-353. https://psycnet.apa.org/record/2015-20405-006.

Wini, A. (2023). Praktik Sosial Perilaku Perulangan Perundungan Oleh Siswa Mtsn 2 Solok. Universitas Andalas.

Zuhra, & Nur, W.U., (2017). “Kelahiran Generasi Z, Matinya Media Cetak” https://tirto.id/kelahiran-generasi-z-kematian-media-cetak-ctLa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.