Peran Media Sosial dalam Mencegah Kasus Perundungan di Masyarakat

Riyan Aji Prima Dasa, Ernia Duwi Saputri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media sosial itu berperan penting dalam mencegah kasus perundungan di masyarakat. Tujuan penelitian ingin mengetahui peran dari media sosial mencegah kasus perundungan di masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan SLR. Data penelitian menggunakan data sekunder diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data yang menggunakan metode simak catat. Teknik validasi dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yang menunjukkan peran media sosial dalam mencegah kasus perundungan di masyarakat dapat dilakukan dengan cara 1) Meningkatkan kesadaran 2) Memberikan edukasi 3) Mendorong pelaporan kasus. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat tiga peran media sosial dalam mencegah kasus perundungan di masyarakat.

Kata kunci—masyarakat, media sosial, perundungan

 

 

Abstract— social media plays an important role in preventing cases of bullying in the community. The purpose of the research is to find out the role of social media in preventing bullying cases in the community. The research method uses the SLR approach. The research data used secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques using the listening and note-taking method. The validation technique uses data triangulation. The results showed that the role of social media in preventing cases of bullying in the community can be done by 1) Raising awareness 2) Providing education 3) Encouraging case reporting. The conclusion in this study is that there are three roles of social media in preventing cases of bullying in the community.

Keywords—society, social media, bullying


Keywords


society, social media, bullying

Full Text:

PDF

References


Asnawi, M. H. (2019). Pengaruh perundungan terhadap perilaku mahasiswa. Jurnal Sinestesia, 9(1), 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46.

Azani, F. C., Muhafidin, D., & Utami, S. B. (2024). Strategi kolaboratif multisektor dalam mengatasi perundungan anak: studi kasus kota bogor. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 40-64. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp/article/view/34012.

Cahyani, S. A., Soesanto, E., Karismah, A., & Syaqurani, S. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perundungan teman sebaya pada siswa sekolah menengah atas: pengaruh interaksi persepsi popularitas, norma kelas, pelepasan moral dan karakter. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(6), 1-10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i6.1746.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Dharma, I. D. A. E. P., Karpika, I. P., & Setiyani, R. Y. (2024). Dampak praktik perundungan terhadap partisipasi dan kesejahteraan siswa: kajian holistik di sekolah. Buletin Edukasi Indonesia, 3(01), 38-45. https://doi.org/10.56741/bei.v3i01.496.

Faridah, E. S., Muttaqien, M. D., & Ridwan, A. (2024). Edukasi remaja dalam upaya pencegahan perilaku bullying di masyarakat. DEVOSI, 5(1), 71-81. https://doi.org/10.33558/devosi.v5i1.8339.

Fitriani, R., & Dewi, D. A. (2021). Membangun karakter generasi muda melalui implementasi nilai-nilai pancasila di tengah arus globalisasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 514-522. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.367.

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120.

Hamda, N. (2014). Masyarakat dan sosialisasi. Ittihad, 12(22), 107-115. https://doi.org/10.18592/ittihad.v12i22.1684.

Hapsari, P. P., Harsono, H., Sawitri, S., & Basuki, S. H. (2022). Analisis kesantunan berbahasa dalam naskah serat dongeng asmadaya (kajian pragmatik). Jurnal review pendidikan dan pengajaran (jrpp), 5(1), 14-18. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4136.

Idris, I., Tuasikal, J. M. S., Molo, A. S., & Sari, P. (2023). Pendampingan anti perudungan bagi anak-anak di desa ayumolingo. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(2), 79-86. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1993.

Juanda, H. (2017). Media sosial sebagai penyebarluasan informasi pemerintah aceh. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 1(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/1988/1469.

Maulany, L. E., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Dampak perundungan (bullying) verbal terhadap empati korban pada siswa smpn 7 muaro jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 195-201. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.291.

Margayaningsih, D. I. (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa. Publiciana, 11(1), 72-88. https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.140.

Mulyono, F. (2021). Dampak media sosial bagi remaja. Jurnal Simki Economic, 4(1), 57-65. https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.66.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Nurhasanah, N. (2017). Peran masyarakat dalam lembaga pendidikan. Fondatia, 1(1), 61-67. 10.36088/fondatia.v1i1.87.

Prasetyo, D. (2019). Memahami masyarakat dan persepektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163-175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.

Palupi, M. T., & Endahati, N. (2019). Kesantunan berbahasa di media sosial online: Tinjauan deskriptif pada komentar berita politik di Facebook. Jurnal Skripta, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.125.

Purwaningsih, I., Marliansyah, I. S., & Rukiyah, S. (2022). Analisis manfaat penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa indonesia dalam meningkatkan prestasi siswa. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(2), 19-27. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6156.

Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan kesadaran diri pada siswa untuk mencegah tindak perundungan di sekolah dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16-22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901.

Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704.

Rohmah, N. N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid 19 (kajian analisis teori uses and gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957.

Sada, H. J. (2017). Peran masyarakat dalam pendidikan perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117-125. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2120.

Sadeli, E. H., Kartikawati, R., & Muslim, A. (2022). Implementasi nilai-nilai karakter masyarakat adat (studi kasus masyarakat adat desa pekuncen). Khazanah Pendidikan, 15(2), 145-150. 10.30595/jkp.v15i2.10819.

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan perundungan/bullying di Institusi pendidikan: pendekatan norma hukum dan perubahan perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1(1). http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32227.

Sunarto, A. (2017). Dampak media sosial terhadap paham radikalisme. Nuansa, 10(2). http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v10i2.647.

Suryaningsih, A. (2019). Dampak media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 335-344. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3752.

Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian yasinan mingguan dalam membina karakter masyarakat pada masa covid-19 di perumahan lebak kinasih purwakarta. Sivitas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9-18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02.

Theodore, W., & Sudarji, S. (2020). Faktor-faktor perilaku perundungan pada pelajar usia remaja di jakarta. Psibernetika, 12(2). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1745.

Umar, M. (2016). Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dalam pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18-29. http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.688.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457.

Waluyati, I., Irmansyah, I., & Syaifullah, S. (2024). Edukasi dampak perundungan di sdn inpres simpasai lambu. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 61-69. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i2.1086.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.