Peran Menyimak Ekstensif bagi mahasiswa dalam Pembelajaran bahasa Indonesia di Era digital
Abstract
Kata kunci— Menyimak ekstensif, pembelajaran bahasa Indonesia, dan di era digital.
Abstract— Listening skills can be done through an interactive approach. The purpose of this study is to find out the role of extensive listening for students in learning Indonesian in the digital era. This research method uses the SLR approach. The data in this study uses secondary data taken from books and journals published nationally. data collection techniques by listening and recording. data validation techniques using data triangulation. The results showed that the role of extensive listening for students in learning Indonesian in the digital era can be done by increasing language understanding, increasing self-learning ability, increasing higher-level thinking skills and reflection, and increasing natural auditory understanding. The conclusion in this study is that there are five roles of extensive listening for students in learning Indonesian in the digital era to improve communication skills, practice digital literacy in learning, adapt learning to the needs of the digital era, can utilize technology for independent learning, and can access various sources for learning.
Keywords— Extensive listening, Indonesian language learning, and in the digital era.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2019). Konsep dasar bahasa Indonesia. Jakarta timur, Indonesia: PT bumi aksara.
Ali, M., Amelia, R., Budiarti, W. N., Anggraini, D., Amalia, E., & Susandi, A. (2021). Strategi Pembelajaran keterampilan Berbahasa dan bersastra yang efektif di sekolah Dasar. Yogyakarta, Indonesia: UNY Press.
Aminah, S., Zuraida, & Emilda. (2020). Bahasa indonesia untuk perguruan tinggi. Kota banda aceh: Lembaga kita.
Amorito, N. I., Suhadar, T., Mawardi, Η., Lubis, W., Putri, R. M., Utami, W. S., Wuarlela, M., Pesiwarissa, L. F,. Draditaswari, S.Y., Murtini, Al Jamiliyati, N. U., Suhardjono, D. W., & Susanti, R. (2024). Bahasa indonesia diera digital: Tantangan dan masa depannya. Badung, Bali: Intelektual manifes media.
Bawamenewi, A., Eliastuti, M. Efrianto., Haryati, G., Umami, E., Afnita., Damayanti, W., Wissang, I. O., Yualita, P., Suhardjono, D. W., Ningsih, D. N., Mulyaningtyas, R., Hilaliyah, H., Sudiyana, B., Usman, M., & Mugiyanto. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia. Badung, Bali: CV. Intelektual Manifes media.
Erwin. (2022). Peran bahasa Indonesia dalam pembentukan Karakter bangsa. Pendekar: Jurnal pendidikan berkarakter. 4(2), 38-44. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar.
Fahrurrozi, & Wicaksono, A. (2023). Pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Garudhawaca.
Gushevinalti, Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi karakteristik komunikasi diera konvergensi media. Bricolage: Jurnal magister Ilmu komunikasi. 6(1), 83-134. https://journal.ubm.ac.id/index.
Ibda, H. (2019). Bahasa indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Semarang, Indonesia: CV. Pilar nusantara.
Julianda, E. & Sari, M. (2023). Pengantar bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan umum. Indonesia: Penerbit NEM.
Jusuf, E. (2023). Strategi pemasaran berbasis digital. Surabaya, Indonesia: Cipta media nusantara.
Kami, P., Ulya, R. Fikri, M. Septarianto, T. W., Oktavia, Y., Handayani, D. F., Arianto, T., Noprina, W., Handayani, N. D., Irfadila, M. S., Septiani, N. A., Simanjuntak, D. S. R., Amalia. N., & Susanti, S. (2023). Pembelajaran bahasa diera digital. Padang, Sumatera barat: CV. Gita lentera.
Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi digital Keluarga Teori dan Praktik Pendamping orang tua terhadap anak dalam berinternet. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah mada University Press.
Kusumadewi, H. (2017). Penggunaan elt website untuk meningkatkan kompetensi guru-guru smp dalam keterampilan menyimak. Pujangga: Jurnal bahasa dan Sastra, 3(2), 39-47. https://doi.org/10.47313/pujangga.V312.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas, Jawa tengah: Penerbit lutfi gilang.
Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P.,Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak pada pembelajaran bahasa indonesia disekolah dasar. Jurnal riset rumpun ilmu bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Munandar, D. (2022). Digital marketing. Surabaya, Indonesia: Cipta media nusantara.
Nesi, A. & Rampung, B. (2009). Pengaruh kurikulum bahasa indonesia untuk postulat ofm pagal, kecamatan cibal, kabupaten manggarai. Randang tana: Jurnal Pengabdian masyarakat. 2(2), 89-104. https://doi.org/10.36928/jrt-V212.385.
Pamungkas, S. (2014). Bahasa Indonesia dalam berbagai perspektif. Yogyakarta, Indonesia: C.V Andi offset.
Raharjo, N. P. (2024). Literasi digital dakwah pedoman dalam melakukan dakwah diera digital. Pasuruan, Indonesia: CV. Basiya media utama.
Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Musyawir, Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, & Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa indonesia. Bandung, Indonesia: Widina bhakti persada bandung.
Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis Pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra, 3(2), 67-81. https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.
Santo, I. (2023). Perkembangan digital trading dan ekosistemnya di Indonesia: Membangun Optimisme ekonomi melalui akselerasi digital. Yogyakarta, Indonesia: CV Bintang semester media.
Sam, A. (2019). Cara alami menguasai Bahasa Inggris semudah bahasa Indonesia. Indonesia: United Books.
Suma, D. & Siregar, B. A. (2023). Bisnis digital. Sumatera barat, Indonesia: CV. Azka pustaka.
Sutrisno, T. (2022). Konsep dasar bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatera barat, Indonesia: CV. Azka pustaka.
Soraya, A. & Anas, Y. (2019). Menyimak Apresiatif. Malang: Indonesia. Media nusa creative publishing.
Tarim, T., Owon, R. A. S., Tabun, Y. F., Bahri, S., Nikmah, N., Sukasih, S., Hamzah, R.A., Pertiwi, S., Rizki, M., & Qadrianti, L. (2020). Pengembangan model dan strategi pembelajaran bahasa indonesia. Aceh, Indonesia: Yayasan Penerbit muhammad zaini.
Tarumasely, P. (2029). Meningkatkan kemampuan belajar mandiri panduan untuk mengembangkan Self Regulated Learning. Lamongan, Jawa timur: Academia Publication.
Utomo, S. B. (2024). Eksplorasi karakteristik Penelitian manajemen Pemasaran digital diera globalisasi. Jurnal multidisiplin West science. 3(4), 459-468. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i10.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.