Pengaruh Penggunaan LMS Moodle terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Statistik pada Mahasiswa Semester 5 IKIP PGRI Bojonegoro

Rosalinda Rosalinda, Kharisma Yogik Nur Aini, Mila Sari, Dian Ratna Puspananda

Abstract


abstrak—LMS LMS (Learning Management System) merupakan sebuah platform atau perangkat lunak yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satu LMS yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh yaitu Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa semester 5 terhadap penerapan LMS Moodle dalam mata kuliah statistik yang digunakan di IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika semester 5 IKIP PGRI Bojonegoro. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Sampel penelitian diambil sebanyak 25 mahasiswa secara acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil analisis kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan LMS Moodle pada mata kuliah Statistik di semester 5 IKIP PGRI Bojonegoro menunjukkan bahwa mayoritas responden, yakni 61%, menyatakan puas dengan sistem ini. Selain itu, 19% responden menyatakan sangat puas, mengindikasikan adanya tingkat kepuasan yang cukup tinggi di kalangan mahasiswa. Meskipun demikian, terdapat pula 20% responden yang menyatakan tidak puas dan 1% yang sangat tidak puas, menandakan adanya beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam penggunaan LMS Moodle untuk memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswa.

Kata kunci— LMS Moodle, kepuasan mahasiswa, statistik

 

abstract— LMS (Learning Management System) is a platform or software used for distance learning. One of the LMS that can be used in distance learning is Moodle. This study aims to measure the level of satisfaction felt by 5th semester students towards the implementation of LMS Moodle in statistics courses used at IKIP PGRI Bojonegoro. This study uses a case study method with a quantitative approach. The subjects of this study were 5th semester Mathematics Education students at IKIP PGRI Bojonegoro. The population in this study were all 5th semester Mathematics Education students at IKIP PGRI Bojonegoro. The research sample was taken as many as 25 students by simple random. The research instrument used was a questionnaire. The results of the analysis of student satisfaction with the use of LMS Moodle in Statistics courses in semester 5 of IKIP PGRI Bojonegoro showed that the majority of respondents, namely 61%, stated that they were satisfied with this system. In addition, 19% of respondents stated that they were very satisfied, indicating a fairly high level of satisfaction among students. However, there were also 20% of respondents who stated that they were dissatisfied and 1% who were very dissatisfied, indicating that there are several aspects that need to be improved in the use of the Moodle LMS to meet the needs of all students.

Keywords


LMS Moodle, student satisfaction, statistics

Full Text:

PDF

References


Asmiyunda, A., Sanova, A., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Platform Open Course Berbasis Moodle Dalam Mengelola Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 362-370.

Auliasari, M. M., & Pratama, A. D. (2024). Efektivitas e-Learning pada Pendidikan Tinggi Dengan Menggunakan Learning Management System (Moodle dan Google Classroom). Jurnal Inovasi Akademik, 2(1), 43-53.

Barida, M. (2017). Keterampilan metakognisi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling terhadap mata kuliah statistik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 46.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kusioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. SEMNASKEP.

Gozaly, J., & Yulianti. (2024). Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Moodle Learning Management System. EduTech: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis moodle pada matakuliah fisika dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210-219.

Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) berbasis moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 3-4.

Isroqmi, A. (2020, April). Pentingnya penguasaan beberapa aplikasi komputer bagi dosen di pembelajaran daring berbasis moodle. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Koh, J. H. L., & Kan, R. Y. P. (2020). Perceptions of learning management system quality, satisfaction, and usage: Differences among students of the arts. Australasian Journal of Educational Technology, 36(3), 26–40. https://doi.org/10.14742/ajet.5187

Koh, L., & Kan, C. (2020). Evaluasi Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Sistem Learning Management System. Jurnal Kominfo.

Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh penggunaan learning management system (lms) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa menggunakan metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 13-20. https://doi.org/10.17605/jti.v4i1.506

Sanova, A. (2018). Learning Management System (Lms) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction. Chempublish Journal, 3(1), 21–31. Https://Doi.Org/10.22437/Chp.V3i1.5078

Silalahi, P., Agripina, C., & Agita, Y. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran dengan E-learning Berbasis LMS Moodle. Journal of Applied Community Engagement, 1(1), 34-40. https://doi.org/10.52158/jace.v1i1.125

Suartama Kadek, Dewa kade sastra. 2014. E-learning berbasis Moodle. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subiyantoro, S., & Ismail, I. (2017). Dampak Learning Management System (Lms) Padaperforma Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 307-314.

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Yogyakarta: UNY.

Susiati, U.D. & Oktaviana, D. “Desain Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri,” Jurnal SAP, vol. 3, no. 1, Agustus 2018. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i1.2731

Utami, S., & Cahyono, B. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal SISFOKOM.

Wiliyanti, V., Buana, L. S. A., Haryati, H., Rusmayani, N. G. A. L., Dewi, K. A. K., & Novita, F. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6790-6797. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29220

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82-89. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140 https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i3.1299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.