Desain Aplikasi Sistem Kalimat Majemuk (SIMKA) untuk Peserta Didik Sekolah Dasar dengan Website Kodular

Ria Fauziyah, Lintang Mustika Buana, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak— Website kodular merupakan salah satu website yang dapat dimanfatkan seagai media pembelajaran khususnya bagi anak sekolah dasar yang lebih aktif dalam belajar jika disertai dengan permainan melalui website kodular seseorang dapat membuat aplikasi sesuai dengan keinginannya dalam penelitian ini peniliti menggunakan website kodular untuk pembuatan aplikasi bernama SIMKA yang Berisi materi kalimat majemuk, penelitian ini menggunakan metode SDLC waterfall (metode yang dilakukan secara berututan). Dalam penelitian ini menunjukan tahapan pembuatan aplikasi  SIMKA menggunakan website kodular memiliki beberaa langkah yaitu: 1) Analisi sistem, 2) perancangan,  3) Implementasi, dan 4) pengujian.

Kata kunciKalimat majemuk, peserta didik, Kodular

 

Abstract— The Kodular website is a website that can be used as a learning medium, especially for elementary school children who are more active in learning. If accompanied by games, through the Kodular website, someone can create an application according to their wishes. In this research, researchers used the Kodular website to create an application called SIMKA which contains compound sentence material, this research uses the SDLC waterfall method (a method carried out sequentially). This research shows that the stages of creating a SIMKA application using a modular website have several steps, namely: 1) System analysis, 2) design, 3) Implementation, and 4) testing.

Keywordcompound sentences, students, Kodular


Keywords


compound sentences, students, Kodular

Full Text:

PDF

References


Alda, M. (2022). Sistem informasi penjualan online berbasis mobile pada Supermarket Kasimura. Jurnal Processor, 17(1), 34. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/513.

Alista, Y. F. (2023). Pengembangan E-Modul pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM berbantuan Kodular pada materi fluida dinamis kelas XI SMA. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/108432/.

Anoraga, B. (2021). Sistem absensi fingerprint berbasis aplikasi mobile Kodular (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember). https://sipora.polije.ac.id/7682/.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

AWVA, N. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi informatika dan keterampilan generik di kelas VII Mts Negeri 2 Pontianak (Doctoral Dissertation, IKIP PGRI Pontianak. . https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/8936.

Deniyati, N. (2017). Manajemen REKRUTMEN PESERTA DIDIK. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2). https://doi.org/10.15575/isema.v2i2.5000.

Djafar, H. (2017). Penggunaan kalimat majemuk dalam karya tulis mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Al-Kalam, 9(2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm/article/view/4488.

Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368.

Ikhwan, A., Nugraha, R. K., Syahnur, E. A., & Ridho, R. (2023). Perancangan aplikasi penilaian kinerja driver menggunakan Kodular di PT Perkebunan Nusantara III (Persero) berbasis mobile. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(2), 364-374.. https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/download/4001/1379.

Janawi, J. (2019). Memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/1236.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

Nurohmat, A., Giyartini, R., & Mulyadiprana, A. (2021). Aplikasi android pada pembelajaran seni rupa materi mozaik, kolase, dan montase di kelas IV Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 651-659. https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.7784.

Prasetya, A. A. (2020). Rancang bangun aplikasi hadits bukhari berbasis android. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), 3(2), 9-16. https://doi.org/10.57093/jisti.v3i2.61.

Purnama, W. C., Annas, F., Musril, H. A., & Darmawati, G. (2023). Perancangan media pembelajaran PAI berbasis android menggunakan Kodular kelas X di SMA N 1 IV Koto. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1304-1311 https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7246.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825.

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan pembinaan karakter siswa dengan mengoptimalkan peran guru sebagai contextual idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952- 957. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/849.

Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231- 251. https://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516.

Sari, D. M., Akhbar, M. T., & Surmilasari, N. (2022). Analisis kemampuan menggunakan kosakata dalam menyusun kalimat majemuk. Journal on Teacher Education, 4(2), 1164-1174. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/9489/7870.

Sinaga, A. N., Safrida, E., Napitupulu, I. H., & Gultom, S. A. (2024). Perancangan sistem informasi akuntansi jasa laundry berbasis aplikasi android dalam menghasilkan laporan keuangan (Studi kasus: Berkat Laundry). Jurnal Keuangan dan Manajemen Akuntansi, 6(4). https://journalpedia.com/1/index.php/jkma/index.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71.

Yulianti, S., Susanti, D. I., & Mayasari, I. (2022). Konjungsi koordinatif dalam novel Jiwo J# Ncuk karya Sujiwo Tejo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 60-69. https://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/article/viewFile/6605/964


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.