Upaya mengembangkan Kemampuan menyimak Ekstensif dalam meningkatkan Prestasi Akademik Siswa SMA

Nia Chusnul Indriani, Joko Setiyono, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Menyimak ekstensif memiliki peran penting dalam pembelajaran yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini ingin mengembangkan kemampuan menyimak ekstensif di tingkat SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan pemahaman materi, (2) Mengembangkan keterampilan berpikir kritis (3) Meningkatkan kemampuan bahasa, (4) Meningkatkan keterampilan berbicara, (5) Meningkatkan fokus dan konsentrasi sebagai upaya mengembangkan prestasi akademik siswa SMA. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran yang dapat dilakukan dalam menyimak ekstensif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa SMA.

Kata kunci— Menyimak ekstensif, Prestasi akademik, Siswa SMA

 

Abstract— Extensive listening has an important role in learning that is significant in improving the academic performance of high school students. The purpose of this study is to develop extensive listening skills at the high school level. The method in this study uses the SLR method. The data in this study used secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and note-taking techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are: (1) Improve material understanding, (2) Develop critical thinking skills (3) Improve language skills, (4) Improve speaking skills, (5) Improve focus and concentration as an effort to develop academic achievement of high school students. The conclusion in this study is that there are 5 roles that can be done in extensive listening to improve the academic achievement of high school students.

Keywords— Academic achievement, Extensive listening, High school students


Keywords


Academic achievement, Extensive listening, High school students

Full Text:

PDF

References


Abduloh, A., Sutoko, S., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2019). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Ponorogo, Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Aslihah, N. (2023). Peran orang tua dan guru meningkatkan prestasi belajar siswa. Nusa Tenggara Barat, Indonesia: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Astuti, C. W. (2017). Sikap Hidup Masyarakat Jawa dalam Cerpen-Cerpen Karya Kuntowijoyo. Jurnal kata: Penelitian tentang ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1), 64-71.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara self-efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3553.

Chasanah, U. (2023). Maksimalkan prestasi akademik dengan school wellbeing dan self efficacy. Indramayu, Indonesia: CV. Adanu Abimata.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198-203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.

Heni, H., & Nurlika, U. (2021). Tingkat konsentrasi belajar anak pada siswa kelas IV SD melalui brain gym (senam otak). Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 222-232. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2820.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP: Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/287323056.pdf.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Jawa Tengah, Indonesia: CV. Pilar Nusantara.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. Retrieved from https://www.ejournal.stkipamlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/132.

Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Penerapan strategi bercerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SD Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249-255.

Munjirin, A., & Iswinarti, I. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik remaja. Cognicia, 11(2), 106–111. https://doi.org/10.22219/cognicia.v11i2.29010.

Muthainah, M., Prihatmojo, A., Haryati, L. F., Hamkah, M., & Syarif, I. (2024). Panduan bimbingan karir tingkat sekolah dasar. Gowa, Indonesia: CV. Ruang Tentor.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.

Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2020). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 166–173. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/10200.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rosdawita, R. (2015). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1). Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Sari, E. R., & Satwika, Y. W. (2018). Hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi akademik siswa di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Penelitian Psikologi, 5(02), 1-6. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230627175.pdf.

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah Br. BB, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92-98. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3490.

Sorraya, A., & Anas, Y. (2019). Menyimak Apresiatif. Malang, Indonesia: Media Nusa Creative.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Uno., H. B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Wulandari, A. S., & Ernandi, D. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3). Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jkp/article/view/2705.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.