Upaya meningkatkan Kesadaran Hukum, Pendidikan Karakter, dan Nilai demokrasi
Abstract
abstrak— Kesadaran hukum, pendidikan karakter, dan nilai demokrasi merupakan fondasi penting dalam membangun masyarakat yang beradab dan berintegritas. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi upaya-upaya strategis dalam meningkatkan kesadaran hukum pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) upaya meningkatkan kesadaran hukum. 2) upaya pendidikan karakter dalam kurikulum. 3) upaya peningkatan partisipasi dalam demokrasi, yang bisa diterapkan dalam meningkatkan pendidikan karakter dan nilai demokrasi melalui kesadaran hukum. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat tiga upaya yang bisa diterapkan dalam meningkatkan pendidikan karakter dan nilai demokrasi melalui kesadaran hukum.
Kata kunci—Kesadaran hukum, Nilai demokrasi, Pendidikan karakter
Abstract— Legal awareness, character education, and democratic values are important foundations in building a civilized society with integrity. The purpose of this research is to identify strategic efforts in increasing legal awareness in early childhood. The method in this research uses SLR. The data in this study used secondary data taken from books and journals. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed that there were 1) efforts to increase legal awareness. 2) character education efforts in the curriculum. 3) efforts to increase participation in democracy, which can be applied in improving character education and democratic values through legal awareness. The conclusion in this study is that there are three efforts that can be applied in improving character education and democratic values through legal awareness.
Keywords—legal awareness, democratic values, character education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. S., & Kurnia, D. (2022). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan kepala desa di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Academia Praja: Jurnal Magister Ilmu Pemerintahan, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36859/jap.v5i1.700.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum,13(1),25-38. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179.
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Ardita Sari, S. T. (2021). Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688.
Arbani, M. (2023). Peran intelijen dalam keberlangsungan demokrasi dan hak asasi manusia di Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 4(7), 91-100. https://doi.org/10.46799/jst.v4i7.764.
Astuti, C. W. (2017). Sikap hidup masyarakat jawa dalam cerpen-cerpen karya kuntowijoyo. Jurnal kata: Penelitian tentang ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1), 64-71. Retrieved from https://ejournal.lldikti10.id/index.php/kata/article/view/1945.
Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.
Candra, C., Betlen, A., & Simanjuntak, M. (2024). Peran penegakan hukum dalam penyelesaian konflik antara nelayan lokal dan pihak pengeboran lepas pantai. Syntax Idea, 6(10), 6592-6607. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i10.10012.
Chandra, A., Darmawan, E., & Yesi, Y. (2018). Upaya Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 2(1), 12-30.https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v2i1.4061.
Faturahman, B. M. (2018). Aktualisasi nilai demokrasi dalam perekrutan dan penjaringan perangkat desa. Sospol, 4(1), 132–148. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i1.5557.
Giawa, L. (2024). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran PPKn di SMP. Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 37-51. https://doi.org/10.57094/jpkn.v5i2.1770.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Hutama, V., & Sabijanto, V. V. (2023). Meningkatkan kesadaran hukum di kalangan masyarakat marginal melalui penyuluhan. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 212–218. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1130.
Idayanti, S., Haryadi, T., & Widyastuti, T. V. (2020). Penegakan supremasi hukum melalui implementasi nilai demokrasi. Diktum: Jurnal Ilmu Hukum, 8(1), 83-93. https://doi.org/10.24905/diktum.v8i1.85.
Kasmawati, K. (2023). Semantic Role with Promina Persona in Invitation Sentence An Analysis of Japanese and Indonesian Language. KIRYOKU, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v7i2.1-7.
Marsinah, R. (2018). Kesadaran hukum sebagai alat pengendali pelaksanaan hukum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 6(2). https://doi.org/10.35968/jh.v6i2.122.
Mursidah, M. A. I. (2017). Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam rangka penegakan hukum. Al Qisthas Jurnal Hukum dan Politik, 8(2), 104-116. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqisthas/article/download/1621/1390.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1261.
Nora, E. (2023). Upaya kesadaran hukum dan kepatuhan hukum dalam masyarakat. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 3(2), 62-70. https://doi.org/10.56393/nomos.v3i2.1488.
Noor, M. B. (2022). Upaya Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(8), 300–307.https://doi.org/10.56393/decive.v2i8.1599.
Nurfalah, Y. (2016). Urgensi nilai-nilai pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170-187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-10. Retrieved from https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2933.
Putri, A. S. S. (2022). Pentingnya kesadaran hukum pada lingkungan masyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(12), 457–465. https://doi.org/10.56393/decive.v2i12.1597.
Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287.
(Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6).
Silviana, A. (2012). Kajian tentang kesadaran hukum masyarakat dalam melaksanakan pendaftaran tanah. Pandecta Research Law Journal, 7(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/pandecta/article/view/2371.
Suhardi, D. (2012). Peran SMP berbasis pesantren sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada generasi bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248.
Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2020). Peran sosial komite sekolah dalam penanaman nilai-nilai demokrasi di sekolah. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 137-152. Retrieved from https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/628.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Usman, A. H. (2014). Kesadaran hukum masyarakat dan pemerintah sebagai faktor tegaknya negara hukum di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 30(1), 26-53. https://doi.org/10.25072/jwy.v30i1.74.
Vichaully, Y., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan nilai demokrasi di kelas sekolah dasar sebagai bentuk bagian dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i11.252.
Wafa, M. K. (2023). Peran dan partisipasi masyarakat dalam pembentukan undang-undang. Siyasah Jurnal Hukum Tata Negara, 3(1), 85-100. https://doi.org/10.32332/siyasah.v3i1.6883.
Wardhani, L. T. A. L., Ibrahim, F., & Christia, A. M. (2020). Koherensi sistem pemilihan kepala daerah di Indonesia terhadap nilai-nilai demokrasi pancasila. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 2(3), 305-318. https://doi.org/10.14710/jphi.v2i3.305-318.
Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. EMPIRE, 4(1), 61-71. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/EM/article/view/4730.
Yudhayana, S. W., & Aziz, A. S. (2024). Pentingnya Kesadaran hukum dalam dinamika sosial di masyarakat. LEGALITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 9(1), 79-96. https://doi.org/10.31293/lg.v9i1.7885.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.