Upaya meningkatkan Motivasi dan Kreativitas Siswa melalui Pembelajaran PPKn

Linda Listiana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Motivasi adalah suatu upaya untuk menjadi lebih semangat dalam mencapai sebuah keinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya meningkatkan Motivasi dan Kreativitas siswa melalui pembelajaran PPKn. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) Peningkatan Motivasi belajar siswa 2) Peningkatan Kreativitas siswa di sekolah 3) Partisipasi Aktif siswa dalam belajar yang dilakukan oleh Upaya meningkatkan Motivasi dan Kreativitas siswa melalui pembelajaran PPKn.

Abstract— Motivation is an effort to become more enthusiastic in achieving a desire. The purpose of this research is to find out efforts to increase student motivation and creativity through Civics learning. The method in this research uses the SLR method. The data in this study include secondary data in the form of phrases, clauses, and sentences taken from books and national journals. data collection techniques with the method of listening and recording. The results showed that there were efforts 1) Increased student learning motivation 2) Increased student creativity at school 3) Active participation of students in learning made by Efforts to increase student motivation and creativity through Civics learning.


Keywords


Motivation, student creativity, Civics learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.

Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model project based learning pada siswa sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.276.

Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99. https://doi.org/10.22146/gamajop.62623.

Amelia, F., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2020). Peranan pembelajaran ppkn dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas VIII di mts miftahul ulum Sitiaji. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 82–88. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.63.

Cahyani, E. N. (2021). Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar pkn pada siswa kelas VI di sdn Paras 1 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Tahun pelajaran 2017/2018. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 4(2), 86-90.https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/911.

Crisvin., Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate: Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 8–12.https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.424.

Damayanti, A. (2014). Kreativitas anak usia dini: menyongsong era ekonomi kreatif 2025. Buah Hati Journal, I(2), 1–15. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/522.

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.28-35.

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan model project-based learning ditinjau dari kurikulum merdeka dalam mengembangkan kreativitas belajar pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377.

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Isnaini, I., Duskri, M., & Munzir, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 15-25. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/4301.

Isnawati, N., & Samian. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi Belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128–144. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/825.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284.

Jaya, H. W., & Wanda, P. E. (2022). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ppkn di smp efata Serpong. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 723–738. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1519.

Julyanti, E. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942.

Leonard, L. (2012). Peran kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 2 No. 1), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457.

Lubis, T. Y. (2022). Peran pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Seminar nasional 2022-NBM Arts.https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7071.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.

Mulyana, I. I., Shofiyah, H., Komara, D., & Hambali, B. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 112-120. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3611.

Nadhiroh, A. L., Saputri, E. D., & Nisa, A. U. K. (2019). Peranan guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran ppkn dengan metode diskusi kelompok. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–7.https://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1629/.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261

Oktaviani, D., Wasesa, A., Victoria, T. G., & Sholihin, A. (2023). Membentuk kedisiplinan peserta didik melalui mata pelajaran ppkn sma negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61476/8hh25s73.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Ramadhan, K. (2024). Analisis dampak kreativitas siswa dan praktek kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa. Edukasia Jurnal Pendidikan, 1(1), 18–25.https://e-journalbattuta.ac.id/index.php/bje/article/view/14.

Ramdayani, R., Zahrah, F., Arsya, H. N., Marini, A., Fip, P., Negeri, U., &

Abstrak, J. (2022). Analisis powerpoint terhadap implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran ppkn di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 24, 66–77. https://doi.org/10.5281/zenodo.7460492.

Rosalina, M., & Sanoto, H. (2023). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Model Project Based Learning Pelajaran Seni Rupa Kelas II di SD Negeri Pulutan 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 34-46. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1895.

Salim, N., Nasuka, M., & Abid, M. N. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar dan prestasi belajar melalui strategi directi nstruction. Jurnal At-Tarbiyat : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 67–85. https://doi.org/10.37758/jat.v3i1.202.

Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguas. Manajemen Tools, 9(1), 41–52. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 190-198. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764.

Sudirman. (2022). Peranan pembelajaran ppkn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa. Jurnal Edukasi, 02(1), 10–20.https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/39.

Susanti, N., & Putri, R. R. (2021). Implementasi lesson study sebagai upaya meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran virtual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 77-82. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23780.

Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322-328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Widodo, U. (2021). Uji signifikansi pengaruh kreativitas belajar pada keterampilan membaca siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 95–106. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2970.

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar ppkn melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716–725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076.

Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa selas X ap smk negeri 2 pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/16422.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.