Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Muda di Era Globalisasi

Eni Nur Kholisoh, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak— Nilai-nilai Pancasila mempunyai peran dalam membangun dan menjaga kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama bagi generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda di era globalisasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR. data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal. teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. teknik validasi data menggunakan triangulasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) pendidikan Pancasila yang terintegrasi dalam kurikulum, 2) pemanfaatan teknologi dan media sosial, 3) peran keluarga sebagai pondasi awal yang dapat dilakukan di era globalisasi untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat tiga upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda di era globalisasi.

Kata kunci— Era globalisasi, Generasi muda, Nilai-nilai Pancasila

 

 

Abstract— The values of Pancasila have a role in building and maintaining unity in the life of the nation and state, especially for the younger generation. The purpose of this research is to find out efforts to improve understanding of Pancasila values in the younger generation in the era of globalization. The method in this study uses SLR. The data in this study uses secondary data in this study uses SLR. The data in this study uses secondary data taken from books and journals. data collection techniques use the method of listening and recording. Data validation techniques use triangulation. The results showed that there are efforts 1) Pancasila education integrated in the curriculum, 2) utilization of technology and social media, 3) the role of family as an initial foundation that can be done in the era of globalization to improve understanding of Pancasila values in the younger generation. The conclusion in this study is that there are three efforts that can be made in improving the understanding of Pancasila values in the younger generation in the era of globalization.

Keywords— Globalization era, Young generation, Pancasila values


Keywords


Globalization era, Young generation, Pancasila values

Full Text:

PDF

References


Ainun, S. I., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran nilai Pancasila sebagai landasan pendidikan moral bagi generasi muda. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9039-9044. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2418.

Amalia, F., & Najicha, F. U. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1-6. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/.

An'Umillah, A. N., & Nugraha, D. M. (2021). Pentingnya peran nilai-nilai Pancasila terhadap karakter remaja pada era globalisasi dan disrupsi. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 35-41. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46697.

Apryanto, F. (2022). Peran generasi muda terhadap perkembangan teknologi digital di era society 5.0. Media Husada Journal of Community Service, 2(2), 130-134. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1076.

Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal indentitas nasional Indonesia sebagai jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549-8557. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2355.

Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi peran generasi muda dalam meningkatkan pendidikan berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90-92. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/696.

Dewi, M. H. H. (2019). Analisa dampak globalisasi terhadap perdagangan internasional. Ekonomia, 9(1), 48-57. https://ejournal.uniled.ac.id/index.php/ITBis-E/article/view/24.

Ginting, S., & Siagian, Y. A. T. (2020). Hubungan pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa di SMP Swasta HKBP Belawan tahun ajaran 2019/2020. Jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 2(1), 54-75. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/542.

Hibatullah, F. A. (2022). Pengaruh globalisasi terhadap pembangunan karakter generasi muda bangsa Indonesia. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.24815/pear.v10i1.24283.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hutagaol, R., Simanullang, R. F., Yunita, S., & Ndona, Y. (2024). Kesadaran masyarakaat terhadap nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Darma Agung, 32(4), 98-103. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4426.

Januarharyono, Y. (2019). Peran pemuda di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 13(1). https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/277.

Kurnia, H., Sriyogani, I. A., & Nuryati, N. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam food and beverage departemen di Restoran Hotel New Saphir Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(5), 4127-4137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1473.

Lalo, K. (2018). Menciptakan generasi milenial berkarakter dengan Pendidikan karakter guna menyongsong era globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 8-8. https://doi.org/10.35879/jik.v12i2.23.

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1038.

Mihit, Y. (2023). Dinamika dan tantangan dalam pendidikan Pancasila di era globalisasi: Tinjauan Literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357-366. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/141.

Nanggala, A. (2020). Peran generasi muda dalam era new normal. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 81-92. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/3827.

Norlaila, N., Diman, P., Linarto, L., Poerwaka, A., & Setyoningsih, R. A. (2022). Representasi nilai-nilai sosial dalam karungut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1) 125-136. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.149.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5576.

Rahayu, A., Pebriani, E., Nopriani, H., Talia, J., & Julinda, J. (2023). Dampak era globalisasi terhadap karakteristik anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 211-215. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index.

Rahayu, M. S. (2019). Strategi membangun karakter generasi muda yang beretika Pancasila dalam kebhinekaan dalam perspektif keutuhan negara kesatuan republik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289-304. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/490/387.

Ramadhan, M. A., Syaifi, S. R. A., Arsalan, F. N., & Fitriono, R. A. (2022). Peranan Pancasila di era globalisasi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(03), 78-84. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/870.

Sallamah, D., & Dewi, D. A. (2023). Peran dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan di era globalisasi. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 3(1), 9-14. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i8.242.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445.

Sukowati, A. P., Sholihah, S. N. Q. A., Sholikhah, N. M., Febrianti, R. T., Saputri, L. W., & Ghozali, I. (2024). Meningkatkan kesadaran bela negara dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di era globalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 184-194. https://ojsid.my.id/index.php/JKEPMAS/article/view/143/76.

Suwandi, N. P., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Pancasila untuk membangun karakter generasi muda. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2(3), 79-85. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i10.244.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Unggul, A. R. P., Ajati, D. T., Saputra, R. W., & Fitriono, R. A. (2022). Pancasila sebagai dasar negara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(04), 25-31. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/895.

Utomo, C. B. (2018). Konservasi sosial dan penguatan kapasitas generasi muda melalui infografik budaya lokal. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 311-319. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Populika, 7(1), 12-21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24.

Yani, D., & Dewi, D. A. (2021). Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan tantangan di arus globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 952-961. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1044.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.