Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro terhadap Mata Kuliah Kalkulus

Siti Mutmainah, Siti Afit Tina, Devi Titin Sofia, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa pendidikan matematika IKIP PGRI Bojonegoro terhadap mata kuliah kalkulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa semester 3 dan semester 5. Sebanyak 12 mahasiswa dipilih secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil analisis tingkat kecemasan mahasiswa terhadap mata kuliah kalkulus yaitu dikatakan sedang dengan presentase 44%, dikatakan rendah dengan presentase 3%, dikatakan berat dengan presentase 13% dan dikatakan panik dengan presentase 39%. Jadi, untuk mengatasi kecemasan mahasiswa terhadap mata kuliah kalkulus yaitu menjelaskan secara detail mengapa siswa harus belajar kalkulus, menanamkan percaya diri dalam diri mahasiswa, mengurangi pikiran yang negatif terhadap kalkulus, menciptakan pembelajaran dengan bermacam-macam metode sesuai karakteristik mahasiswa dan menjadikan kelas menjadi asyik dan menyenangkan saat pembelajaran kalkulus berlangsung.

 Kata kunci— Kecemasan, Kalkulus, Mahasiswa

 Abstract— This study aims to identify factors that affect the anxiety of mathematics education students of IKIP PGRI Bojonegoro towards calculus courses. This research uses a quantitative approach with a case study design. The research subjects consisted of 3rd semester and 5th semester students. 12 students were randomly selected as samples. The instrument used in this research is a questionnaire. The results of the analysis of the level of anxiety of students towards calculus courses are said to be moderate with a percentage of 44%, said to be low with a percentage of 3%, said to be heavy with a percentage of 13% and said to be panic with a percentage of 39%. So, to overcome student anxiety towards calculus courses, namely explaining in detail why students have to learn calculus, instilling confidence in students, reducing negative thoughts about calculus, creating learning with various methods according to student characteristics and making the class fun and enjoyable when calculus learning takes place.


Keywords


Anxiety, calculus, college students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.