Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Kritis pada Pembelajaran Siswa SMA dengan Media PowerPoint

Fadila Nur Anisa, Joko Setiyono, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menyimak kritis merupakan menyimak dengan penuh pemahaman, sehingga dapat mengetahui kesalahan yang ada pada suatu peristiwa. Menyimak kritis memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan. Menyimak kritis pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan menyimak kritis pada pembelajaran siswa SMA dengan media PowerPoint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR. Data pada penelitian ini berbentuk data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari e-buku dan jurnal.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) meningkatkan fokus siswa dengan materi menarik, 2) pembelajaran secara kelompok, 3) memberikan kuis interaktif, 4) memberikan umpan balik dan 5) menerapkan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai upaya peningkatan keterampilan menyimak kritis pada pembelajaran siswa SMA dengan media PowerPoint. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 5 upaya yang dapat digunakan sebagai peningkatan keterampilan menyimak kritis pada pembelajaran siswa SMA dengan media PowerPoint.

Kata kunci— menyimak kritis, power point, siswa SMA

 

Abstract— Critical listening refers to listening with full comprehension, allowing one to identify errors in an event or situation. Critical listening plays an important role in the field of education. In this study, the aim of critical listening is to improve students' critical listening skills in high school learning using PowerPoint media. The research method employed in this study is the SLR (Systematic Literature Review) method. The data in this study is secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from e-books and journals. The data collection technique used is the note-taking technique, while the validation technique is triangulation. The results of this study include: 1) increasing student focus with engaging materials, 2) group-based learning, 3) providing interactive quizzes, 4) offering feedback, and 5) implementing problem-based learning (PBL). These results can be used as an effort to enhance critical listening skills in high school learning using PowerPoint media. In conclusion, this study identifies five strategies that can be used to improve critical listening skills in high school learning with PowerPoint media.

Keywords— critical listening, PowerPoint, high school students


Keywords


critical listening, PowerPoint, high school students

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas penggunaan powerpoint interaktif dalam mendorong kolaborasi dan komunikasi siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 2050-2059. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i4.3745.

Adam, S. Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2), 78-90. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400.

Anggraeni, P. N., & Yudi, A. P. (2021). Analisis tindak tutur ekspresif dilan dalam film dilan 1990. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 8(1), 27-40. https://doi.org/10.36706/logat.v8i1.7.

Auliya, M., Nurwidawati, D. (2015). Hubungan kontrol diri dengan perilaku agresi pada siswa SMA negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1-6. https://doi.org/10.26740/cjpp.v2i3.10992.

Ayuanita, K., Effendy, M. H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Pamekasan: IAIN Madura Press.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 160-173. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4198.

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43-72. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/403.

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Grup.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan media powerpoint sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800-1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Islami, N. F., Ilmi, l. A., & MZ, A. S. A. (2024). Urgensi pengembangan media pop-up book digital berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. jurnal studi guru dan pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195.

Istiqlal, I., Kurnia, L. D., Saputra, M. S., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak kritis dalam pembelajaran berbasis diskusi bagi mahasiswa. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 85-92. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3820.

Kurniawati, E. & Radjah, C. L. (2019). Materi pelatihan pengambilan keputusan moral menggunakan teknik klarifikasi nilai untuk siswa SMA. Indonesia: Wineka Media.

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.

Marto, H., Ruknan, & Insiano, D. A. (2023). Model pembelajaran guided-inquiry dalam meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa SMA. Indonesia: Penerbit NEM.

Noprianda, M., Noor, M. F., & Zulfiani, Z. (2016). Keterampilan berpikir kritis siswa model pembelajaran problem based learning dan sains teknologi masyarakat pada konsep virus. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 8(2), 182-191. http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i2.3892.

Permana, B. dan Pratita, G. B. (2019). 36 jam belajar computer Microsoft powerpoint 2019. Jakarta: PT Gramedia.

Purwanti, Y., Suneki, S., Mulyadi, M., & Maryanto, M. (2024). Pemanfaatan media interaktif quizizz untuk penguatan dimensi bernalar kritis pendidikan Pancasila di SMA negeri 10 Semarang. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), 283-296. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4834.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Pusposari, D. (2021). Buku panduan untuk mata kuliah menyimak kritis. Indonesia: Media Nusa Creative (MNC Publising).

Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 42-47. https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407.

Saefuddin, A. M. (2024). Efektivitas media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 307-315. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.885.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaraan berbasis HOTS (higher order thinking skills). Kota Tangerang: Tira Smart.

Sitanggang, N., & Saragih, A. H. (2013). Studi karakteristik siswa SLTA di Kota Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 134-258. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/978/.

Stavinibelia, S., Panggabean, T. E., Saepuloh, A., Fitriana, S., Kadiyo, K., & Ahyani, E. (2024). Pelatihan bagi guru sekolah dasar dalam penggunaan aplikasi microsoft powerpoint sebagai media pembelajaran. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 84-88. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.859.

Tarigan, M. (2016). Perbedaan asertivitas siswa SMK Nurul Amaliyah I dengan SMA Nur Azizi di Tanjung Morawa. Jurnal Diversita, 2(2), 4-5. 10.31289/diversita.v2i2.511.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Vidyarti, D., Damayanti, M. R., & Hasanudin, C. (2023). Peran menyimak kritis dalam diskusi antar mahasiswa. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 93-100. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3842.

Wahyudi, D., & Sari, A. (2016). Penggunaan media, variasi, dan umpan balik dalam proses pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 1(2), 86-95. https://core.ac.uk/download/pdf/276285411.pdf.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis CD interaktif powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92.

Wurarah, M. (2022). Implikasi prior knowledge, persepsi siswa pada kemampuan guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar biologi. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.