Upaya Menyimak Kritis di Media Sosial pada Kalangan Generasi Z
Abstract
abstrak— Menyimak kritis memiliki peran penting dalam berbagai kalangan generasi z. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui upaya menyimak kritis di media sosial pada kalangan generasi z. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat 1)mendukung kesadaran sosial 2)meningkatkan literasi media yang beragam 3)memajukan inovasi teknologi yang dapat dilakukan sebagai upaya menyimak kritis di media sosial pada kalangan generasi z. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 3 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan menyimak kritis di media sosial pada kalangan generasi z.
Kata kunci—Kalangan generasi z, media sosial, menyimak kritis
Abstract— Critical listening has an important role in various generation z circles. The purpose of this study is to find out critical listening efforts on social media among generation z. The method in this research uses the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. data collection techniques use listening and note taking techniques while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the study show that there are 1) supporting social awareness 2) Improve diverse media literacyClick to apply 3) advancing technological innovation that can be done as an effort to listen critically on social media among generation z. The conclusion in this study is that there are two types of critical listening. The conclusion in this study is that there are 3 efforts that can be made to improve critical listening on social media among generation z.
Keywords— Generation z, social media, critical listening
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat pemasaran media sosial pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal Indonesia sosial sain, 2(2), 215-222. https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/195/329.
Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi Z. Jurnal pendidikan dasar dan sosial humaniora, 2(2), 365-384. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH.
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik generasi z dan kesiapannya dalam menghadapi bonus demografi 2030. Accounting student research Journal. 2(1), 59-72. https://ejournal.upnvj.ac.id/asrj/article/view/5812/2397.
Ayuanita, K., & Efendy, H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Pamekasan: IAIN Madura Press.
Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2022). Model pembelajaran menyimak kritis melalui media interaktif pada mahasiswa tadris bahasa Indonesia IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-79. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338.
Azizan, Y.F. & Roekhan (2024). Strategi konsentrasi dalam pembelajaran menyimak beragam wacana lisan berbasis design thinking. Bandung: Keizhen Media Bandung.
Bangun, D. E. (2022). Studi kampus : pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap kesadaran sosial mahasiswa. Jurnal serunai ilmu pendidikan, 8(2), 152-159. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/897.
Haerani, A (2019). Peningkatan ketrampilan menyimak kritis menggunakan metode vak (Visualization Auditory kinestetic).Journal peqguruang con forence Series. 1(2), 204-207. https://dx.doi.org/10.35329/JP.V112.578.
Hasriani (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Hindarwati, E. N., Munawar, A., Judijanto, L., Lukito, D., Budiman, D., Sya’rani, R., Suryadi, I. & Agustin, D. (2024). Inovasi bisnis (membangun keunggulan bersaing di era digital). Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal Purabaya Surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah Fonema: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-17. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Kamil, M. S., Zamzamy, A., Tranggono, D., & Claretta, D. (2023). Penerimaan keras musik surabaya pada karakteristik generasi set dalam iklan go jack solusi masalah over thinking bilik makanan. Jurnal ilmu komunikasi, 6(2), 235-260. https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/7662/3781.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2019). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips sma negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(2), 166-173. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10200.
Purbohastuti, A. W. (2017). Evektifitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa ekonomika. 12(2), 212-231. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/download/4456/3213.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global komunika. 1(1), 18-29. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1704.
Restianty, A. (2018). Literasi digital, sebuah tantangan baru dalam literasi media. Gunahumas : Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 72-87. https://eJournal.upi.edu/index.php/gunahumas.
Sumakul, N. M., Lizardo, J. (2023). Membangun generasi y dan Z sebagai pemimpin muda Kristen di era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Witarsana, G. A. G., Sadjuni, N. L. G. S., Prabawati, N. P. D., Tonsen, I. P. Malini, N. W. G., Wigraha, G. P. K. S., Krisnayani, K. D., Mocthar, D. N., & Yuliantan, N. P. I. (2024) . Pemanfaatan media sosial Facebook dan Instagram untuk bisnis perhotelan. Yogyakarta: Grup PENERBIT CV BUDI Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.