Studi Kasus Kuantitatif: Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 7 Mts Islamiyah Unggulan Balen
Abstract
Abstrak— pendidikan memiliki peran yang vital bagi negara maka dari itu perlu adanya sistem pendidikan yang baik, salah satunya penerapan kurikulum. Berdasarkan hasil riset terdapat 63% lembaga sekolah yang percaya diri menerpkan kurikulum merdeka dan 45% menunjukkan motivasi belajar siswa meningkat sebab adanya implementasi Kurikulum Merdeka. Namun banyak penelitian yang berfokus pada sekolah umum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka berdampak pada motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Islamiyah Unggulan Balen, terutama pada mata pelajaran matematika. Untuk penelitian ini, meggunakan studi kasus kuantitatif, instrumen penelitian berbentuk angket, teknik pengambilan sampel non probability sampling diambil kelas VII D sebanyak 30 siswa dan populasinya seluruh siswa kelas VII. Implementasi kurikulum merdeka memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika; terdapat 67% motivasi belajar tinggi, 23% motivasi belajar sedang, 10% motivasi belajar rendah. Selain itu terdapat indikator yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu semangat belajar siswa 64,15%, lingkungan belajar 44,43% dan 41,10% keberhasilan dalam tugas atau proyek. Maka dapat disimpulkan dampak implementasi Kurikulum Merdeka sangat berpengaruh yakni 67%. Namun motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu semangat siswa, lingkungan belajar, dan bimbingan guru dalam membimbing siswa dalam menyelesaikan proyek.
Kata kunci—kurikulum, kurikulum merdeka, motivasi belajar, matematika
Abstract- Education has a vital role for the country, therefore it is necessary to have a good education system, one of which is curriculum implementation. Based on the results of research, 63% of school institutions are confident in implementing an independent curriculum and 45% show that student learning motivation has increased due to the implementation of the Independent Curriculum. However, many studies focus on public schools. The purpose of this study is to determine how the implementation of the Merdeka Curriculum impacts the learning motivation of seventh grade students at MTs Islamiyah Unggulan Balen, especially in mathematics subjects. For this study, using a quantitative case study, the research instrument was a questionnaire, the sampling technique was non-probability sampling, class VII D was taken as many as 30 students and the population was all seventh grade students. The implementation of the independent curriculum has a significant impact on student learning motivation in mathematics; there are 67% high learning motivation, 23% medium learning motivation, 10% low learning motivation. In addition, there are indicators that affect learning motivation, namely student enthusiasm for learning 64.15%, learning environment 44.43% and 41.10% success in assignments or projects. So it can be concluded that the impact of implementing the Merdeka Curriculum is very influential, namely 67%. However, learning motivation is influenced by several things, namely student enthusiasm, learning environment, and teacher guidance in guiding students in completing projects.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andari, S., & Hasan, D. M. (2023). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Labschool Rawamangun Jakarta. Universitas Negeri Surabaya, 11(2). Retrived from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/61192
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Retrived from https://repositori.kemdikbud.go.id/24972/
Anwar, M., & Asri, M. (2020). "Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(1), 45-60.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.11
Daud, Y. M. (2024). Perkembangan Kebijakan Pendidikan di Indonesia: A Systematic Leterature Review. Intelektualita, 13(1).
Gifari, M. K., & Arifin, Z. (2024). Literature review: Evaluation of the Kurikulum Merdeka using the CIPP model. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1747-1762.
Handayani, Y., Asia, E., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 48–60. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.236
Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., & Putri, M. Y. (2022). Pengaruh pelaksanaan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi siswa kelas X di SMAN 1 Payung Sekaki.Junal Eduscience, 9(3), 707-716. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443.
Ibrahim, I., Sintia, D., Pardika, R., Sari, N. E., & Tesva, S. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.59066/jip.v1i1.682.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022).Kurikulum Merdeka: Panduan untuk Pembelajaran yang Bermakna.Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kusumawardani, D. A., & Rustiana, A. (2015). Pengaruh kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, dan lingkungan belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wijayakusuma Jatilawang. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 58-69. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
Likur, F. A. H., Balikh, R. A. P., & Teibang, M. H. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Ampera, Alor. Science and Education Journal, 2(1), 37-55. https://doi.org/10.58290/snej.v2i1.205
Mardiana, M., & Emmiyati, E. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran: Evaluasi dan Pembaruan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 121-127. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127.
Mulyasa, H.E. (2023). Implementasi Kurkulum Merdeka. Bumi Aksara.
Nasution, M. A., & Pohan, S. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI: STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(2), 21-30.
Nasution, S. (1989). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, Y., & Fatimah, S. (2023). "Motivasi Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka: Peran Pembelajaran Aktif dan Kontekstual." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(3), 142-155.
Pristiwanti, D., Badariah, B.., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putusutrisna.blogspot.com (2013, 1 Juni). Kurikulum (Pengertian, Sejarah Kurikulum dan Pengembanganya Serta Prinsip Prinsip KTSP). Dari http://putusutrisna.blogspot.com/2013/06/mengupas-habis-tentang-kurikulum.html
Rahayu, D. D. (2022). Pengaruh Pemberian Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sari, R. D., & Iskandar, M. (2021). "Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama: Perspektif Motivasi Belajar." Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 85-97.
Susiani, I. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. Proceeding: International Conference On Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, , 296-306. doi:https://doi.org/10.21154/icis.v0i0.805
Wusthoa, J., & Fadilah, F. (2024). TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS X SMAN 20 GOWA. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i3.5403
Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma , I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.