Desain Aplikasi Cerpenalyze untuk Memahami Unsur Intrinsik Cerpen dengan Menggunakan Website Kodular
Abstract
abstrak—Kodular merupakan website dengan menyediakan pemrograman blok melalui banyak fitur dan alat untuk menghasilkan aplikasi yang bisa langsung dioperasionalkan tanpa ekspor aplikasi. Peneliti mengenalkan unsur intrinsik cerpen dengan membuat aplikasi dari website kodular bernama Cerpenalyze. Metode yang digunakan yaitu metode SDLC model waterfall yang memiliki tahap requirement, desigen, implementation, verification, dan maintenance. Hasil penelitian pembuatan aplikasi cerpenalyze mencakup desain dan blocks yang tersedia. Disain yang digunakan mencakup 1) screen sebagai wadah desain aplikasi, 2) card view digunakan untuk menambah desain aplikasi ikon menu, 3) tombol button untuk menuju next screen, dan 4) image bertujuan menampilkan file dalam bentuk PNG. Blocks dalam aplikasi ini mengunakan 3 jenis puzle blocks yaitu 1) tambah suara untuk mengisi background, 2) blocks next screen dan menambah efek suara, serta 3) blocks quiz menampilkan soal dan hasil. Simpulan dari penelitian ini yaitu peneliti menghasilkan aplikasi pemahaman unsur intrinsik cerpen bernama cerpenalyze terdiri dari 4 disain dan 3 blocks.
Kata kunci—kodular, cerpen, unsur intrinsik
Abstract—Codular is a website that provides block programming through many features and tools to produce applications that can be directly operationalized without application export. Researchers introduced the intrinsic elements of short stories by creating an application from a codular website called Cerpenalyze. The method used is the SDLC waterfall model method which has the stages of requirements, design, implementation, verification, and maintenance. The research results of making the cerpenalyze application include the design and blocks available. The design used includes 1) screen as an application design container, 2) card view is used to add a menu icon application design, 3) button button to go to the next screen, and 4) image aims to display files in PNG form. Blocks in this application use 3 types of puzzle blocks, namely 1) add sound to fill the background, 2) next screen blocks and add sound effects, and 3) quiz blocks display questions and results. The conclusion of this study is that the researcher produces an application for understanding the intrinsic elements of short stories called cerpenalyze consisting of 4 designs and 3 blocks.
Keywords—codular, short story, intrinsic elements
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, F. (2021). Kepak sayap bahasa: kata, makna, dan ruang budaya himpunan esai. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Albab, U. (2021). Perencanaan pendidikan dalam manajemen mutu terpadu pendidikan islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119-126. https://doi.org/10.52802/pancar.v5i1.104.
Apridonal, Y., Dristyan, F., & Mardalius, M. (2024). Pengenalan kodular: solusi praktis untuk pembuatan aplikasi android. Interaksi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32-37. https://ejurnal.faaslibsmedia.com/index.php/interaksi/article/view/28.
Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503.
Arimbi, Y. D., Kartinah, D., & Della, A. N. W. (2022). Rancangan sistem informasi kost putri malika berbasis website menggunakan framework laravel dan mysql. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 93-103. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.201.
Badrul, M. (2021). Penerapan metode waterfall untuk perancangan sistem informasi inventory pada toko keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57-52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852.
Budayat, B. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi mengenal sejarah agama buddha kelas vii smp di kecamatan gladagsari (doctoral dissertation, pendidikan keagamaan buddha s1). https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/149.
Darmalaksana, W., (2020). Metode desigb thinking hadis pembelajaran riset & partisipasi masyarakat. Bandung:Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Design_Thinking_Hadis_Pembelajara/w3sGEAAAQBAJ?hl=id.
Demita, S. P., Yendri, D., dan Suandi, R. (2013). Sistem keamana helem dan berkendara roda dua berbasis mikrokontrol. Indramayu: penerbit adap.
Erni, E., & Ismail, S. (2023). Pelatihan membaca cerpen dengan teknik waming up for reading di SMP negeri 1 tualang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31540-31547. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12148.
Faridah, F., Armariena, D. N., & Noviati, N. (2023). Analisis kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik pesan moral pada cerita pendek kelas V SD Negeri 69 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7447-7454. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1222.
Fatmariani, R., & Rini, A. (2017). Penerapan metode RAD pada sistem pengajuan pengambilan data penelitian bankesbangpol Kota Palembang. Jurnal TI Atma Luhur, 4(1), 1-12. https://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/view/263.
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan teknologi rfid untuk pengelolaan inventaris sekolah dengan metode (r&d). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 1(1), 72-75.
Handini, J. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Analisis unsur cerita pendek cinta sma karya amelia ns dalam antologi cerpen butir-butir kenangan. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1168-1185). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2540/pdf.
Hartani, A. & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek melalui model picture and picture berbantuan media CD cerita pada siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-38. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.
Hasanudin, M. (2018). Rancang dan bangun sistem informasi inventori barang berbasis web (studi kasus pt. nusantara sejahtera raya). Ikra-Ith Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(3), 24-37. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/254.
Hasmi, N. (2022). Cerpen “korupsi” karya mihar harahap terhadap pendekatan mimetik siswa sma/smk (doctoral dissertation, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas islam sumatera utara). https://repository.uisu.ac.id/bitstream/123456789/1240/3/Chapter%20I%2C%20II.pdf.
Hera, M. W. (2020). Rancangan animasi 3d wisata embung walan menggunakan proses pendekatan user requirement. Kurawal-Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 3(1), 66-80. https://doi.org/10.33479/kurawal.v3i1.305.
Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: kajian struktural. Journal of Language learning and Research (JOLLAR), 1(2), 1-11. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.
Horas, Y. E. S. (2021). Praktik mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan aplikasi content management system (cms) untuk pengembangan bisnis berbasis e-commerce. Systematics, 1(2), 81-88. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076.
Jayanti, K., Dharma, B., & Apriani, A. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Naskah Drama Pinangan Karya Anton Checkov Saduran Suyatna Anirun. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 92-98. https://journal.umtas.ac.id/index.php/magelaran/article/view/1413.
Khaerunnisa, (2023).Menyelami dunia sastra anak. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan membangun aplikasi mobile menggunakan kodular untuk siswa SMPN 1 Selorejo. Abdimas Galuh, 4(1), 549-553. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7259.
Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurniawan, I., & Firmansyah, D. (2020). penerapan metode waterfall dalam perancangan sistem informasi penggajian pada smk bina karya karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 159-169. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.58.
Lagousi, K. (2018). Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui model pembelajaran demonstrasi Siswa Kelas Vii/A Smp Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(2) 1-13. http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2015.889.
Latip, A. E., Putri, K. A., & Hokiani, F. (2024). Pengembangan bahan ajar e-handout berbasis kodular untuk sekolah dasar fase c pada mata pelajaran bahasa indonesia. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 3(1), 16-27. https://cholar.google.com/scholarstart=20&q=tujuan+kodular&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1732854465433&u=%23p%3DaNJFJfTfx2IJ.
Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek †œprotes†karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.
Liana, W., & Putra, S. H. (2023). Sistem informasi agenda kegiatan pam obvit polda sumut dalam meningkatkan efisiensi jadwal kerja. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2707-2717 https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13351.
Magvira, N. C., Utami, S., & Hermawan, A. (2023). Pengembangan media monopoli cerpen untuk menganalisis unsur pembangun cerita pendek SMA Kelas XI. Patria Educational Journal (PEJ), 3(3), 246-252. https://doi.org/10.28926/pej.v3i3.1190.
Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). Tema sebagai unsur intrinsik karya fiksi. https://doi.org/10.31227/osf.io/q4m8v.
Nigrum, S. O., Sartika, R., & Fitri, R. (2022). Pengaruh penggunaan metode pqrst (preview, question, read, summarize, test) terhadapat keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA semen padang tahun ajaran 2022/2023. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(2), 194-202. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i2.217.
Nisa, A. N. V. I., & Hasanudin, C. (2024, June). Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Cinta tak Terpisahkan Karya Dwi Kumala Sari dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 562-583. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2482.
Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing dan Education.
Novitasari, D., & Hasanudin, C. (2024). Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Persahabatan jadi Cinta karya Eko Dwi S. dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1786-1802. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2644.
Nurhidayati, N. (2018). Pelukisan Tokoh dan Penokohan dalam Karya Sastra. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 493-506. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/312.
Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen "buut" karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal pendidikan bahasa bali undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.
Ratni, R., Indah, P., & Legi, E. (2021). Analisis unsur intrinsik kumpulan drama audio pada podcast sandiwara sastra oleh Kemendikbud di spotify. Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repositori.umrah.ac.id/1612/.
Rimawan, I., Purba, A. W., dan Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen: bahan ajar tingkat SMA pelajar Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.
Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan bakat menulis siswa SMK: strategi inovatif untuk menjadi penulis cerpen yang handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.
Sarita, V. R., Jati, S. S. P., & Ayundasari, L. (2021). Pengembangan bahan ajar e-handout berbasis kodular materi istana gebang untuk pembelajaran sejarah di sma negeri 1 blitar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 1265-1276. https://doi.org/10.17977/um063v1i12p1265-1276.
Sebayang, N. J. B. (2020). Analisis kesulitan siswa menentukan unsur intrinsik dalam cerita dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 106446 bintang meriah TA 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY). http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1082.
Septianisya, R. R., & Anggoro, T. (2024). Implementasi bisnis digital dengan perancangan website e-commerce untuk usaha kuliner seblak waja (studi kasus: warung seblak waja). innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 8406-8417. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14132.
Simanungkalit, P., Yasra, R., & Widiodo, B. W. (2016). Perencanaan sistem perawatan alat angkat kapasitas 5 ton dengan metode preventive maintenance (studi kasus pt. trikarya alam) the maintenance system planning of lift tool with capacity 5 ton using preventive maintenance method (case study pt. trikarya alam). PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 4(1).47-57. https://doi.org/10.33373/profis.v4i1.551.
Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan aplikasi komik hadist berbasis multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113-121. https://www.neliti.com/publications/281915/perancangan-aplikasi-komik-hadist-berbasis-multimedia.
Sofyan, A. A., Puspitorini, P., & Yulianto, M. A. (2016). Aplikasi media informasi sekolah berbasis sms gateway dengan metode sdlc (system development life cycle). Jurnal Sisfotek Global, 6(2), 297726. https:// scholarhl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengertian+metode+sdlc&btnG=#d=gs_qab.
Suparman, S. (2021). Kemampuan menulis cerpen melalui penerapan media gambar berseri siwa kelas VIII SMP negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/download/1181/1043.
Syaripudin, A., & Vicky, V. O. (2022). Perancangan sistem informasi absensi pegawai berbasis web dengan metode waterfall (Studi kasus: Kantor DBPR Tangerang Selatan). OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(1), 17-26. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/2.
Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca teks cerita pendek dengan menggunakan metode talking stick pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.
Utomo, R. B., & Wijaya, R. F. (2023). Metode waterfall dalam rancang bangun sistem informasi manajemen kegiatan masjid berbasis web. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(5), 563-571. https://doi.org/10.30865/klik.v3i5.756.
Widarma, A., & Rahayu, S. (2017). Perancangan aplikasi gaji karyawan pada Pt. Pp London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate-Kabupaten Asahan. https://doi.org/10.31227/osf.io/rxwhg.
Winerungan, C. H. T. (2021). aplikasi travel tour guide area minahasa. http://repo.unsrat.ac.id/3424/.
Yana, E. S. (2023). Pengembangan sistem absensi menggunakan qr code berbasis android software kodular di kelas x sma negeri 1 ketungau hulu. doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2148/.
Yanti, D. N., Amelia, S., Rezeki, S., & Dahlia, A. (2023). Pengembangan soal sistem persamaan linier tiga variabel berbasis wordwall untuk peserta didik fase e. fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(1), 119-130. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.119-130.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.