Upaya Membangun Toleransi, Kebhinekaan, dan Kebijakan Publik

Deny Indra Puspitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Masyarakat dihargai karena potensi kontribusi budaya beragam dalam bentuk seni. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya membangun toleransi kebhinekaan dan kebijakan publik. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang di ambil dari buku dan jurnal. Teknik pengumpul data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) pendidikan multikultural, 2) kampanye sosial, 3) pengembangan ekonomi berbasis kebhinekaan yang bisa di terapkan dalam membangun toleransi kebhinekaan dan kebijakan publik. Simpulan dalam penelitian ini terdapat tiga upaya yang bisa di terapkan dalam membangun toleransi kebhinekaan dan kebijakan publik.

Kata kunci—Toleransi, Kebhinekaan, Kebijakan publik

 

 

Abstract—The community is valued for its potential diverse cultural contributions in the form of art. The purpose of this research is to find out efforts to build tolerance of diversity and public policy. The method in this research uses SLR. The data in this study used secondary data taken from books and journals. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed that there are efforts 1) multicultural education, 2) social campaigns, 3) diversity-based economic development that can be applied in building tolerance of diversity and public policy. The conclusion in this study is that there are three efforts that can be applied in building tolerance of diversity and public policy.

Keywords—Tolerance, Diversity, Public Policy


Keywords


Tolerance, Diversity, Public Policy

Full Text:

PDF

References


Aisah, H., & Ruswandi, U. (2020). Bimbingan dan konseling multikultural di lembaga pendidikan pesantren pada generasi Z. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 511-523. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.869.

Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi Z. Jurnal pendidikan dasar dan dosial humaniora, 2(2), 375-384. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4418.

Arifah, U. (2018). Kebijakan publik dalam anggaran pendidikan. Jurnal manajemen pendidikan Islam dan studi sosial, 2(1), 17–37. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v2i1.37.

Azhar, A. (2024). Toleransi antar sesama pemeluk agama. Jurnal program studi, 11(1), 400–413. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2245.

Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal konseling gUSJIGANG, 3(1), 104-113. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1602.

Daulay, A., Siahaan, P. G., Purba, N. R., Simbolon, I., Marpaung, M. E., & Gultom, S. M. (2024). Penanaman nilai moral pancasila di lingkungan sekolah berbasis agama terhadap prinsip kebhinekaan. Journal on education, 6(2), 12258-12264. https://doi.org/10.55681/primer.v2i2.331.

Dewi, C. U. K., Septaningtyas, K. H., Shary, L. C., & Nugroho, A. W. (2024). Internalisasi nilai-nilai kebhinekaan global dalam harmoni kehidupan dinasti sanjaya dan dinasti syailendra pada masa kerajaan mataram kuno untuk menyongsong pembelajaran sejarah abad 21. Jurnal integrasi dan harmoni inovatif ilmu-ilmu sosial, 4(9), 5-5.https://doi.org/10.17977/um063v4i9p5.

Effendi, H., Muslim, M., Pebriyenni, P., & Aisyah, S. (2023). Rancangan modul digital hukum islam berbasis kebhinnekaan di perguruan tinggi. Journal of moral and civic education, 7(1), 46-57. https://doi.org/10.24036/8851412712023763

Farhania, I. R., & Diana, R. R. (2024). Peran agama dan etika sosial dalam membangun toleransi di lingkungan multikultural. Jurnal bimbingan konseling Islam, 15(1), 83–95. https://doi.org/10.15548/jbki.v15i01.7855.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi kebijakan pendidikan Islam sebagai bagian dari kebijakan publik. Jurnal ilmu keislaman, 11(2), 86–96. https://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i2.15773.

Ginting, R., & Aryaningrum, K. (2009). Toleransi dalam masyarakat plural. Majalah lontar, 23(4). https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.665.

Hatapayo, A. A., Santoso, G., & Wahyudin, I. (2023). Manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup melalui berkebhinekaan global dan creativity. Jurnal pendidikan transformatif, 2(4), 464-470. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.619.

Hikam, M. A. (2015). Pendidikan multikultural dalam rangka memperkuat kewaspadaan nasional menghadapi ancaman radikalisme di Indonesia. Global: Jurnal politik internasional, 17(1), 1-17. https://doi.org/10.7454/global.v17i1.26.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Istianah, A., Darmawan, C., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Peran pendidikan kebinekaan dalam pendidikan kewarganegaraan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang damai. Jurnal moral kemasyarakatan, 9(1), 15-29. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10192.

Lina, C. R. S., Firdaus, E. N., Noviyani, D., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi Menyimak Konsentratif terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 488-496.

Mahardika, H. S., & Restianto, Y. E. (2023). Memahami toleransi risiko finansial di kalangan investor muda. Jurnal akuntansi, 7(4), 3164–3174. https://10.33395/pemilik.v7i4.1686.

Maudi, S., Ismail, M. H., & Sofwari, A. (2016). Konsep dan kajian teori perumusan kebijakan. publik. Jurnal review politik, 6(2), 195–224. https://doi.org/10.15642/jrp.2016.6.2.195-224.

Meiza, A. (2018). Sikap toleransi dan tipe kepribadian. Jurnal ilmu psikologi, 5(1), 43–58. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1959.

Muvid, M. B. (2022). Pendidikan damai berdimensi sufistik: alternatif merajut kebhinekaan masyarakat indonesia. Jurnal penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 27. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i1.1154.

Oktaviani, R. E. (2021). Prinsip pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmu pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.1528.

Pongtambing, Y. S., Manapa, E. S., Appa, F. E., Kalalinggi, S. Y., & Sampetoding, E. A. M. (2024). Sosialisasi Terkait Peran Organisasi Pemuda dalam Mendukung Pencapaian SDGs di Indonesia. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 31-38. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i2.972.

Pratama, I. G. Y., Yudha, A. N. B. K., & Utama, G. R. (2024). Kampanye keberagaman dan toleransi melalui kertas bercerita tara untuk anak-anak di Denpasar. Jurnal Desain, 11(3), 699-712. https://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.22469.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Saputri, P. C., & Katoningsih, S. (2023). Analisis pengaruh permainan tradisional dalam penguatan kebhinekaan global. Murhum: Jurnal pendidikan anak usia dini, 4(1), 392-405. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.230.

Supriyanto, S. (2018). Memahami dan mengukur toleransi dari perspektif psikologi sosial. Jurnal psikologi dan psikologi Isam, 15(1), 23–28. https://doi.org/10.18860/psi.v15i1.6659.

Suryono, A. (2014). Kebijakan publik untuk kesejahteraan rakyat. Jurnal ilmiah ilmu administrasi, 6(2), 98–102. https://doi.org/10.31334/trans.v6i2.33.

Susila, W. M. (2024). Studi analisis pemahaman hadis toleransi beragama. Jurnal on education, 4(4), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1426.

Sutmasa, Y. G. (2021). Memastikan efektivitas implementasi kebijakan publik. Jurnal ilmiah cakrawati, 4(1), 25–36. https://doi.org/10.47532/jic.v4i1.242.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Usang, Y. (2023). Peran pendidikan agama dan Kristen dalam toleransi beragama. Jurnal pendidikan filsafat, 1(3), 203–214. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i3.189.

Vandera, D., Enjelita, C., Romanda, E., Frimals, A., Saputra, B., Destrinelli, D., & Putra, S. (2024). Penghayatan nilai pancasila dan kebinekaan dalam menguatkan identitas manusia indonesia di sekolah inklusi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal kajian teori dan hasil pendidikan dasar, 3(1), 24-33. https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.31123.

Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/seloka.v4i2.9864.

Yunitasari, D., & Dantes, N. (2023). Implementasi pendidikan dasar. Jurnal penelitian pendidikan Indonesia, 9(3), 1506–1515. https://doi.org/10.29210/020232886.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.