Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2
Abstract
abstrak— Membaca adalah aktivitas untuk mencari informasi melalui media tulisan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca puisi dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca puisi yang berjudul Kusangka Karya Amir Hamzah, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan membaca puisi dapat dinilai melalui beberapa aspek yaitu 1) lafal, 2) intonasi, 3) ekspresi. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi bisa dinilai dengan 3 aspek.
Kata kunci— keterampilan membaca, mahasiswa, puisi
abstract— Reading is an activity to find information through written media. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading poetry. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read poetry with the data source comes from the results of the poetry reading test entitled Kusangka Karya Amir Hamzah, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is data analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation using source triangulation, namely interviews with the best students in reading poetry. The results of the discussion show that the ability to read poetry can be assessed through several aspects, namely 1) memorization, 2) intonation, 3) expression. The conclusion in this study is that reading poetry can be assessed with 3 aspects.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A. (2021). Penggunaan teknik modelling digital untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 177-192.
Alfu, N. L. (2014). Pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Muadalah, 2(2). https://doi.org/10.18592/jsga.v2i2.477.
Amalia, F. N. dan Nadya N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659.
Andari, N. T. (2023). Peningkatan penilaian membaca puisi dengan menggunakan media audio visual . Jurnal sarasvati, 5(1), 82-92. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i1.2918.
Artika, I. W., Purnami, N. P., & Wisudariani, N. M. R. (2021). Puisi audio visual Youtube: Sastra digital dan industri kreatif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 103-115. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32119.
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541.
Cahyaningsih, R. D., Mujiyanto, J., & Khumaedi, M. (2019). Penilaian Autentik Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Metakognitif. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 47-55. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4098.
Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32-41. http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v5i3.13469.
Dewi, I. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Ubah Catatan Harian Menjadi Puisi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.586.
Fadilah, D. F., Zuriyati, Z., & Herlina, H. (2020). Resepsi Pembaca terhadap Unsur Pembangun Puisi Afrizal Malna dalam Antologi Puisi Berlin Proposal. Deiksis, 12(02), 116-131. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.4686.
Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79-87. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6163.
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036.
Hasanudin, C. & Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI se-Kecamatan Kedungadem. Q(2), 150-159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.
Haurissa, W. (2018). Puisi Sebagai Media Penginjilan. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(1), 73-106. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i1.52.
Isnaini, H. (2023). Representasi Tradisi dan Modernitas pada Antologi Puisi Mantra Orang Jawa Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis, 15(2), 145-158. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.16939.
Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu oendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184-195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148.
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh ketelitian membaca soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179-188. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189.
Maemunah, S., Maharani, W., Alviandi, M., Kurniawan, A., Erfandy, D., & Arianto, F. (2022). Pengenalan dan persembahan salah satu karya sastra puisi. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 40-42. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.41.
Maharani, A., Yusuf, N. N., Mulyati, Y., & Abidin, Y. (2023). Kajian literatur penilian guru terhadap keterampilan siswa dalam membaca puisi Tahun 2015—2021. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 309-330. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6685.
Mansyur, U. (2019). Sikap bahasa mahasiswa dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026.
Mardiah, M., Lisa, H., Napratilora, M., Devianti, R., & Liana, D. (2021). Pelatihan membaca puisi sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia bagi siswa madrasah. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.321.
Mawarni, H. (2022). Analisis fungsi dan makna lawas (Puisi Tradisional) masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153.
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605.
Muliyani, R., & Suparman, F. (2024). Analisis unsur pembangun puisi pada antologi selamat menunaikan ibadah puisi karya Joko Pinurbo sebagai bahan ajar kelas X. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 176-192. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.569.
Mulyaningsih, I. (2017). Sikap mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.
Piliang, W. S. H., Fatmawati, F., Ningsih, R., dan Febria, R. (2023). Pelatihan Teknik Membaca Puisi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Sejak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440.
Purnamayani, N. M. D., Sudiara, I. N. S., & Sriasih, S. A. P. (2014). Analisis kesalahan bahasa diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.2469.
Putri, I. (2015). Magic Kadabra Us/Mi 2016: Mengetahui Kisi-Kisi dalam Menghadapi Ujian Nasional 2016. Banten: Lembar Langit Indonesia.
Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas x sma n 2 pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690.
Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran mahasiswa kampus mengajar 2 sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.
Setyawati, C. K. (2011). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513.
Suprayetno, E. (2021). Mengurai Nama Diri: Alternatif Ekspresi Tulis Puisi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 98-112. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1134.
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47-56. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.47-56.
Suryani, A. I., Melindawati, S., & Hendriani, M. (2020). Analisis validitas intrumen penerapan strategi PACER terhadap keterampilan membaca skimming mahasiswa PGSD STKIP Adzkia. Jurnal DIDIKA: wahana ilmiah pendidikan dasar, 6(2), 146-154. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2695.
Wahyuni, A. R., Suaedi, H., Devanti, Y. M., & Jatmikowati, T. E. (2024). Pelatihan pembacaan puisi pada kelas IX DI SMP MUHAMMADIYAH 3 RAMBIPUJI. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 497-504. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.638.
Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Concept Attainment Model. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 281-293. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.