Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Scramble Terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Bancak
Abstract
abstrak—Penelitian ini mempunyai target yaitu untuk mengkaji efektivitas model RME berbantu media scramble terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 1 Bancak. Sampel penelitian ini diperoleh dengan memanfaatkan teknik sampel jenuh dan kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing berfungsi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen merupakan sampel yang diperoleh. Hasil uji tes dan angket diuji menggunakan uji Anova Oneway untuk mengecek perbedaan sebelum dan sesudah diberikan treatment yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata kemandirian belajar dengan dan rata-rata pemahaman konsep siswa didapat , dengan taraf sig 5% diperoleh maka masing-masing nilai . Hasil uji ketuntasan minimal belajar pada kelas eksperimen dihitung dengan uji one sample t test menghasilkan . Dari hasil uji one sample t test, bisa ditarik kesimpulan yaitu penerapan model RME berbantuan media scramble efektif untuk kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP N 1 Bancak.
Kata kunci—Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, Realistic Mathematics Education, Media Scramble.
abstract—This research goals to analyze the effectiviness of the RMR learning model assisted by scramble media on learnig independence and students understanding of concepts in flat-sided building material for class VIII SMP N 1 Bancak. Class VIII A served as the control class and class VIII B served as the experimental class. The study sample was collected using the saturated sample approach. The results of the test and questionnaires were analyzed using the Oneway Anova test to determine the differences before and after being given different treatments. The study's findings demonstrate that the typical learning independence was and the average understanding of student concepts was , with a sig level of 5% was obtained, so . The results of minimum learning completeness test in the experimental class were analiyzes using the one sample t test, obtained . Based on the one sample t test findings, it can be inferred that the RME model application, in conjunction with scrambling media, is beneficial for students' independent learning and conceptual comprehension of flat-sided spatial geometry content for class VIII at SMP N 1 Bancak.
Keywords—Learning Independence, Understanding Concepts, Realistic Mathematics Education, Media Scramble.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679
Iwamoto, D. H., Hargis, J., Bordner, R., & Chandler, P. (2017). Self-Regulated Learning as a Critical Attribute for Successful Teaching and Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 11(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2017.110207
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics Jeremy. Society, II(6), 790.
Maslihah, S. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Pendekatan Belajar Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 109. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.421
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Manajemen Bisnis Indonesia, 6, 144–136.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Siswanah, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 49–58. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.2.79
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.