Analisis Unsur Intrinsik Puisi Cermin Kesabaran Karya Erli Nur Firdaus
Abstract
abstrak—Unsur intrinsik puisi yaitu komponen-komponen pembangun pada puisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis unsur intrinsik puisi Cermin Kesabaran karya Erli Nur Firdaus. Metode pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan data yang berbentuk kata, frasa, dan klausa. Pengumpulan data ini menggunakan metode simak, catat dan libat. Teknik analisis data ini menggunakan konten analisis dari Milles dan Huberman yang menerapkan tiga alur (reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan). Teknik validasi data ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi yaitu 1) bertema ketabahan, 2) gaya bahasa berupa majas metafora dan majas personifikasi, 3) diksi konotatif, 4) rima bebas, 5) amanat tentang kesabaran, dan 6) sudut pandang orang ketiga. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat enam unsur intrinsik pada puisi Cermin Kesabaran karya Erli Nur Firdaus.
Kata kunci—puisi, unsur intrinsik, Cermin Kesabaran
abstract—The intrinsic elements of poetry are the building blocks of poetry. The purpose of this research is to analyse the intrinsic elements of the poem Cermin Kesabaran by Erli Nur Firdaus. The method in this research is qualitative method and the data is in the form of words, phrases, and clauses. This data collection uses the method of listening, noting and engaging. This data analysis technique uses content analysis from Milles and Huberman which applies three flows (data reduction, data presentation, and conclusion drawing). This data validation technique uses triangulation technique. The results of this study show that there are intrinsic elements of poetry, namely 1) the theme of fortitude, 2) language style in the form of metaphor and personification, 3) connotative diction, 4) free rhyme, 5) mandate about patience, and 6) third person point of view. The conclusion of this research is that there are six intrinsic elements in the poem Cermin Kesabaran by Erli Nur Firdaus.
Keywords—poetry, intrinsic elements, Cermin Kesabaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrakhman, D., Yulianti, A., & Nurcahyati. D. (2019). Analisis unsur-unsur intrinsik cerpen †œsenyum karyamin†karya Ahmad Tohari. (2019). Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3772.
Akmal, A. (2015). Kebudayaan melayu Riau (pantun, syair, gurindam). Jurnal Dakwah Risalah, 26(4), 159-165. http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v26i4.1283.
Andari, N., & Wilian, D. (2020). Diksi dan gaya bahasa lirik lagu Jepang karya Touyama Mirei. Mezurashii: Journal of Japanese Studies, 2(1), 35-48. https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i1.3558.
Andriani, T. (2015). Revitalisasi naskah syair: Sebuah solusi dalam pengembangan kreativitas mahasiswa untuk mencintai budaya lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 26-35. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.796.
Anggraini, N. (2019). Analisis tingkatan tema cerpen radar Malang berdasarkan kategori shipley. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra(SEMANTIKS), 1(1), 436-444. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/39040.
Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan kolaborasi metode SSCS dan media audio visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(2), 201-212. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020.
Artana, I. M. A. W. D. (2022). Penggunaan diegetic off-screen sebagai pembentuk imajinasi visual pada pemanfaatan ruang di luar layar dalam sinema. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(3), 190-201. https://doi.org/10.52290/i.v13i3.81.
Bala, A., & Wissang, I. O. (2024). Menentukan tema dalam cerita. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3550-3555. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27314.
Briyantoro, R. A. (2020). Analisis semantik stilistika gaya bahasa dalam lirik lagu Hikaru Nara karya Goose House. Japanese Research on Linguistics, Literature, and Culture, 2(2), 126-142. https://doi.org/10.33633/jr.v2i2.3992.
Dewi, C., Wahyu, D., Jumadi, J., & Rahmawati, R. (2023). gaya bahasa dalam karya sastra. Eksplorasi estetika dan pengaruhnya terhadap penafsiran. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 81-90. https://doi.org/10.6734/argopuro.v1i4.1245.
Dewi, D. A., & Safitri, A. O. (2021). Pancasila sebagai dasar negara dan implementasinya dalam berbagai bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88-94. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1302.
Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun budaya literasi berbasis kearifan lokal dalam mata kuliah menulis puisi mahasiswa. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183-194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334.
Elimi, K. F., & Sultan, F. M. M. (2014). Analisis deskriptif terhadap struktur frasa kerja bahasa Mendriq. Jurnal Bahasa, 14(2), 169-191. https://jurnal.dbp.my/index.php/jurnalbahasa/article/view/4270.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Farisi, T. A. A. A. (2020). Eksistensi bunyi pada puisi-puisi Raja Ali Haji. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), 86-93. https://journal.um-surabaya.ac.id/Stilistika/article/view/3659.
Fathira, R. A. (2023). Kontribusi penguasaan unsur-unsur pembangun puisi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTSs. Al-Wahliyah Asahan Mati tahun pembelajaran 2022/2023. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 222-233. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.968.
Fernando, V., Mulawarman, W. G., Rokhmansyah, A. (2018). Pandangan dunia pengarang dalam novel Mellow Yellow drama karya Audrey Yu Jia Hui: Kajian strukturalisme genetik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 71-80. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v2i1.1015.
Firmansyah, A. (2021). Analisis struktur puisi selamat tahun baru kawan karya kh ahmad mustofa bisri dan pemanfaatannya untuk bahan ajar menganalisis unsur pembangun puisi di SMA kelas X. Jurnal Tuturan, 10(1), 23-39. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/5229.
Halawa, M. (2021). Gaya bahasa perbandingan pada novel Jalan Pasti Berujung karya Benyaris Adonia Pardosi. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.412.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengembangan menulis cerita pendek kearifan lokal menggunakan nodel mind mapping siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171-184. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.1941.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw pada mahasiswa PBSI tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256-267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343.
Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.
Hayudiyani, M., & Arif, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 20-27. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3383.
Herman, R., Idham, M., & Mentari, L. (2021). Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 59-64. https://doi.org/10.24815/jbs.v15i2.22903.
Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Journal of Literature and Education, 1(1), 9-18. https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/7.
Istiningtyas, L. (2013). Kepribadian tahan banting (Hardness personality) dalam psikologi Islam. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 14(1), 81-97. https://jurnal.radenpatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/463.
Khoiruddin, M. A. (2016). Peran tasawuf dalam kehidupan masyarakat modern. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27 (1), 113-130. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.261.
Liubana, M. M. J. (2020). Struktur bunyi dalam tonis perpisahan pada masyarakat dawan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 57-71. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.479.
Mamonto, F. M., Lensun, F. S., Aror, S. C. (2021). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Izana karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Mardhiah, N. A., & Wulandari, Y. (2022). Patriotisme dalam puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar dan musikalisasi puisi pahlawan bangsaku karya Alpendi Unsaga: sebuah kajian sastra bandingan. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4(1), 37-46. https://doi.org/10.26555/jg.v4i1.5573.
Mawarni, H., & Ubaidullah, N. (2019). Nilai pendidikan dalam sastra lisan lawas (puisi rakyat) masyarakat Sumbawa dan potensinya sebagai materi ajar di sekolah. Mabasan, 13(2), 231-246. https://doi.org/10.62107/mab.v13i2.265.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.
Mulyani, S., Purnama, Y., Anam, A. K. (2022). Majas perbandingan pada novel ingkar karya Boy Candra (kajian stilistika). Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1), 1-18. https://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtbi/article/view/5410/1904.
Munanar, Q. (2022). Analisis unsur intrinsik novel Hijrah Itu Cinta karya Abay Adhitya. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 30-38. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/82.
Muslim, M. (2018). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10), 77-85. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654/557.
Muslimah, M., & Ahmad, A. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 173-176. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605.
Mutiara, N. A. S., Adri, H. T., Firmansyah, W. (2023). AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora 1(2), 162-171. https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8214.
Nelfi, E., & Saibi, E. A. (2020). Penggunaan diksi pada surat kabar Padang Ekspres. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Humanities, Bung Hatta University, 2(1), 21-22. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFIB/article/view/17485.
Nursaid, N., & Yodeska, Y. K. (2020). Struktur kalimat dan diksi teks eksposisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 517-525. https://doi.org/10.24036/108242-019883.
Oktarina, N., & Guzman, K. C. (2018). Strategi Komunikasi eksternal untuk menunjang citra lembaga. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 301-315. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22882.
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 47-56. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i1.845.
Pudjaningsih, W. (2013). Metode pengembangan bahasa: Penerapannya pada pembelajaran berbasis tema dan sentra di taman kanak-kanak. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 118-130. https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2233.
Puspitasari, A. C. D. D. Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen (studi korelasional pada siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 114-165. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1180.
Ramdhani, R., & Nugraha, Y. S. (2023). Analisis semiotika puisi “Hatiku Selembar Daun” karya Sapardi Djoko Damono. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,1(1), 41-49. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i1.277.
Rezeki, L. S. (2021). Analisis majas personifikasi pada novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Berasa, 1(2), 50-58. https://berasa.ejournal.unri.ac.id/index.php/berasa/article/view/26.
Rizal, S. S. (2024). Integrasi penggunaan perangkat puitis berbasis web sebagai media pembelajaran menulis kreatif puisi berbahasa Inggris. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 53-69. https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.1490.
Sagala, A. U., Hutagaol, D. D. S., & Paino, N. P. (2021). Analisis penanda hubungan sinonimi dan hiponimi pada puisi “Membaca tanda-tanda” karya Taufiq Ismail. Pena Literasi, 4(1), 37-44. https://doi.org/10.24853/pl.4.1.%25p.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sleman: Penerbit PT Kanisius.
Setiaji, A. B. (2020). Representasi dan nilai kearifan ekologi puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono (ekokritik greg garrard). Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(2), 105-114. https://doi.org/10.33477/lingue.v2i2.1827.
Setiobudi, E. (2017). Analisis sistem penilaian kinerja karyawan studi pada PT. Tridharma Kencana. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 170-182. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1768.
Sinaga, A. Y. (2022). Analisis gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 958-965. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/214.
Sofyan, F. A., Nikmah, S., Tursina, T., Amelia, S. (2020). Sistematika A penilaian autentik dalam pembelajaran daring dirumah lewat televisi saat terjadinya Covid-19. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 120-131. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4141.
Sudarma, P. (2020). Mengupas Puisi. Jembrana-Bali: CV. Media Educations.
Suminar, D. (2019). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774-783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5886.
Supriatna, E. (2020). Analisis psikologi sastra dan nilai religius pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy terhadap masyarakat. E-Jurnal Pendidikan Mutiara 5 (2), 105-114. https://ejurnal.stkipmutiarabanten.ac.id/index.php/jpm/article/view/137.
Taib, R., Mukhlis, M., & Yunati, M. (2018). Analisis bentuk-bentuk penyiasatan struktur dalam puisi-puisi publikasi harian serambi Indonesia 2016. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 8-20. https://jurnal.usk.ac.id/JLB/article/view/12161.
Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis struktural antologi puisi alarm sunyi karya Emi Suy. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 529-546. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029.
Yuliantini, T. (2021). Kajian stilistika terhadap diksi dalam kumpulan puisi Malu (Aku) jadi orang Indonesia karya Taufiq Ismail serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 36-45. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2292.
Yuniarti, L. (2023). Kajian stilistika: Analisis gaya bahasa puisi ‘Aku Ingin’ karya Sapardi Djoko Damono dalam pembelajaran sastra. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 71-76. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i2.1701.
Yunus, M. (2015). Sastra (puisi) sebagai kebudayaan bangsa Arab. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 1(1), 35-52. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/humanistika/article/view/127.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.