Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2
Abstract
abstrak— Membaca merupakan proses mengeja atau melafalkan apa yang dibaca serta memahami isi dari bacaan tersebut. Penelitian ini berguna untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi serta untuk pengumpulan tugas mata kuliah keterampilan menulis. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dari kemampuan mahasiswa membaca puisi, yang sumber datanya adalah hasil tes membaca puisi karya Amir Hamzah yang berjudul Kusangka, teknik yang digunakan adalah tes tidak terstruktur dan teknik wawancara, terdiri dari reduksi data, penyajian dan penyimpulan, serta validasi data melalui triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang membaca puisi paling baik. Hasil pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) suara, 2) ritme, 3) percaya diri, 4) penghayatan. Simpulan pada penelitian membaca puisi dapat dinilai dengan empat aspek.
Kata kunci—keterampilan membaca, puisi, mahasiswa.
abstract—Reading is the process of spelling or pronouncing what is read and understanding the content of the reading. This study is useful to determine the ability of second semester students in reading poetry as well as for collecting writing skills course assignments. This research method uses qualitative methods, data obtained from the ability of students to read poetry, whose data source is the results of the test reading poetry by Amir Hamzah entitled Kusangka, the techniques used are unstructured tests and interview techniques, consisting of data reduction, presentation and conclusion, and data validation through source triangulation, namely interviews with students who read the best poems. The results of the discussion of reading poetry consist of several aspects, including: 1) voice, 2) rhythm, 3) confidence, 4) appreciation. The conclusion of the research on reading poetry can be assessed by four aspects.
Keywords— reading skills, poetry, university students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminullah, I. (2019). Penerapan metode latihan teater teknik olah vokal dan olah sukma untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas X MIPA-4 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Jurnalistrendi: jurnal linguistik, sastra, dan pendidikan, 4(1), 279-289. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/index.php/trendi/article/view/125.
Andari, N. T. (2023). Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audio visual. Sarasvati, 5(1), 82-92. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i1.2918.
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode Miles Dan Huberman di kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.
Ardika, W. I. (2018). Asiknya menulis puisi. Grapena karya.
Arifa, D. (2017). Peningkatan keterampilan membaca cerpen dengan metode P2R. MNC. Publishing.
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis puisi “Puisi Untuk Ibu” karya Muhammad Ichsan dengan pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541.
Ati, S. (2024). Model pembelajaran menulis puisi berbasis sastra lisan dolabololo. CV. Azka Pustaka
Dody, a. (2023). Hubungan kebiasaan membaca puisi dengan kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun puisi pada siswa kelas X SMAN 1 Sungai Melayu Rayak (Doctoral Dissertation, IKIP PGRI Pontianak).
Fadilah, D. F., Zuriyati, Z., & Herlina, H. (2020). Resepsi pembaca terhadap unsur pembangun puisi Afrizal Malna dalam antologi puisi Berlin Proposal. Deiksis, 12(02), 116-131. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/viewFile/4686/3112.
Fahrurrozi., Wicaksono, A. (2017). Sekilas tentang bahasa Indonesia. Garudhawaca.
Fathurohman, I. (2023). Evaluasi penilaian ekspresi keterampilan membaca puisi pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 515-521. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.2993.
Ferawati, D., Karlina, E. M., & Effiyadi, E. (2022). Program pelatihan guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi dengan model amati, tiru, dan modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Teluk Keramat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77-88. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i2.1019
Gafur, H. (2018). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. CV. Rasi terbit.
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi peran mahasiswa sebagai agent of change melalui karya tulis ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036.
Harun, M. (2018). Pembelajaran puisi untuk mahasiswa. Syiah kuala university press.
Haryati, S., Nurhikmahyanti, D. (2019). Pengantar pendidikan dengan model belajar berbasis riset untuk menguatkan karakter mahasiswa. Penerbit Pustaka rumah c1nta.
Juni, A. (2019). Apa itu sastra jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra. https://repository.unimal.ac.id/5007/2/Isi%20Buku%20Apa%20Itu%20Sastra_v.3.0_Unesco.pdf.
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92.https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909 .
Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.
Martadinata, A. M. (2019). Peran mahasiswa dalam pembangunan di Indonesia. Idea, 2655(7258), 2655-3139. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4168
Masduki, A. (2013). Puisi sisindiran bahasa Sunda di Kabupaten Bandung (kajian isi dan fungsi). Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 5(2), 356-369. http://dx.doi.org/10.30959/patanjala.v5i2.148.
Mukhlis. (2018). Sastra, pendidikan, dan budaya dalam esai. Maghza Pustaka
Musnikin, I. (2021). Penguatan karakter gemar membaca, integritas dan rasa ingin tahu. Nusamedia
Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan kemampuan berbicara anak usia dini melalui pembelajaran membaca nyaring. PRESCHOOL: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 60-76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074.
Pitaloka, A., Sundari. A. (2020). Seni mengenal puisi. Guepedia.
Pradopo, R. D. (1978). Pengertian, hakikat, dan fungsi puisi. Modul, 1, 1-42. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN421302-M1.pdf.
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1133/
Riyanti, A. (2020). Keterampilan membaca. K.Media.
Rodin, R. (2020). Informasi dalam konteks social budaya. PT. Rajagrafindo persada.
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. https://opac.isi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3186&keywords=#gsc.tab=0.
Sukenti, D., Tinambunan, J., & Mukhlis, M. (2021). Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah atas pekanbaru. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 9(2), 117-128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.
Sukenti, D., Tinambunan, J., Mukhlis, M., dan Erlina. (2021). Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Geram: Jurnal pendidikan, bahasa, dan sastra, 9(2), 117-128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.
Surada, M., Adnyana, P. E.S. (2023). Teori dan praktik membaca sloka DNA ouh mantra. Bandung: Nilacakra. 82.
Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102
Wahyudi. (2021). Menggores tinta puisi. Guepedia.
Wiko, S. (2006). Kuliah itu gampang. Visimedia.
Yono, R. R. (2020). Pelatihan membaca puisi bagi siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103-109. http://dx.doi.org/10.32503/Cendekia.v2i2.858.
Zulkarnaen, D. (2021). Sebuah pernikahan dimensi tasawuf dalam syair lagu Rita sugiarto. CV. Rasi terbit.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.