Analysis of Kinesthetic Learning Styles of English Elementary School Students.

Caca Elisa, Ima Isnaini Taufiqur, Ayu Fitrianingsih

Abstract


abstract— The researcher observed the kinesthetic learning style of grade 5 students of SDN Banjarjo 1 and used qualitative research to analyze the kinesthetic learning style of students.The data used by the researcher is observation data.The researcher observed the process in the field based on observation data.The research shows that almost 80% of grade 5 students of SDN Banjarjo 1 like kinesthetic learning style.
Keywords— Analysis, Kinesthetic student learning style, in English


abstrak— Peneliti mengamati gaya belajar kinestetik siswa kelas 5 SDN Banjarjo 1 dan menggunakan penelitian kualitatif untuk menganalisis gaya belajar kinestetik siswa.Data yang digunakan peneliti adalah data observasi.Peneliti mengamati proses di lapangan berdasarkan data observasi.Penelitian menunjukkan bahwa hampir 80% siswa kelas 5 SDN Banjarjo 1 menyukai gaya belajar kinestik.
Kata kunci— Analisis, Gaya Belajar Siswa, dalam Bahasa Inggris

Keywords


Analysis, Kinesthetic student learning style, in English

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, T. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Universitas Flores.

Azis, F. R. N., Pamujo, P., & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Siswa Berprestasi Di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26-31.

Br Panggabean, L. (2019). hubungan gaya belajar dan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sma swasta gkpi padang bulan medan kelas xi tahun ajaran 2019/2020.

Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia.

Crandall, E. (2022). The Importance and Implementation of Kinesthetic Learning in the English Classroom.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (A. Abdurrahman, Trans.). Bandung: Penerbit Kaifa.

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal pendidikan edutama, 6(1), 31-36.

KurniatI, S. L. N. (2013). hubungan gaya belajar vak (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x mia semester genap di sma negeri 1 sitelutali urang jehe kab. pakpak bharat tp 2018/2019 (doctoral dissertation, universitas negeri medan).

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI), 1(2), 79-90.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.

Sandy, G. A., & Sutama, M. P. (2016). Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 2 Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.

Sari, T. I. (2023, September). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 106156 Klumpang, Kec Hamparan Perak. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 99-104).

Septaliza, D., Sukmawati, N., Melianty, S., & Kesumawati, S. A. (2023). Effectiveness of D-Mat on Improving Basic Jumping Motions in Early Children in Palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 484-490.

Sufianti, A. V. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Multiple Intellegences Terhadap Prestasi Peserta Didik. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 138-145.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta.

Sulastri, E., Imran, I., & Ramadhan, I. analisis ciri-ciri gaya belajar mahasiswa program studi pendidikan sosiologi fkip untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(2).

Sumarah, I. E., Kencana, C. G., Yudono, K. D. A., Waninghiyu, C., & Dewi, A. M. K. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark: Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Sanata Dharma University Press.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.