Analysis of Kinesthetic Learning Styles of English Elementary School Students.
Abstract
Keywords— Analysis, Kinesthetic student learning style, in English
abstrak— Peneliti mengamati gaya belajar kinestetik siswa kelas 5 SDN Banjarjo 1 dan menggunakan penelitian kualitatif untuk menganalisis gaya belajar kinestetik siswa.Data yang digunakan peneliti adalah data observasi.Peneliti mengamati proses di lapangan berdasarkan data observasi.Penelitian menunjukkan bahwa hampir 80% siswa kelas 5 SDN Banjarjo 1 menyukai gaya belajar kinestik.
Kata kunci— Analisis, Gaya Belajar Siswa, dalam Bahasa Inggris
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, T. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Universitas Flores.
Azis, F. R. N., Pamujo, P., & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Siswa Berprestasi Di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26-31.
Br Panggabean, L. (2019). hubungan gaya belajar dan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sma swasta gkpi padang bulan medan kelas xi tahun ajaran 2019/2020.
Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia.
Crandall, E. (2022). The Importance and Implementation of Kinesthetic Learning in the English Classroom.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (A. Abdurrahman, Trans.). Bandung: Penerbit Kaifa.
Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal pendidikan edutama, 6(1), 31-36.
KurniatI, S. L. N. (2013). hubungan gaya belajar vak (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x mia semester genap di sma negeri 1 sitelutali urang jehe kab. pakpak bharat tp 2018/2019 (doctoral dissertation, universitas negeri medan).
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI), 1(2), 79-90.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.
Sandy, G. A., & Sutama, M. P. (2016). Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 2 Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.
Sari, T. I. (2023, September). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 106156 Klumpang, Kec Hamparan Perak. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 99-104).
Septaliza, D., Sukmawati, N., Melianty, S., & Kesumawati, S. A. (2023). Effectiveness of D-Mat on Improving Basic Jumping Motions in Early Children in Palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 484-490.
Sufianti, A. V. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Multiple Intellegences Terhadap Prestasi Peserta Didik. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 138-145.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta.
Sulastri, E., Imran, I., & Ramadhan, I. analisis ciri-ciri gaya belajar mahasiswa program studi pendidikan sosiologi fkip untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(2).
Sumarah, I. E., Kencana, C. G., Yudono, K. D. A., Waninghiyu, C., & Dewi, A. M. K. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark: Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Sanata Dharma University Press.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.