Memahami Konsep Dasar Logika Matematika di Sekolah Menengah Atas

Septi Yulis Setyowati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Logika merupakan ilmu tentang aturan berpikir atau cara berpikir yang rasional. Tujuan penelitian ini adalah guna mengembangkan pengetahuan siswa terhadap konsep dasar logika matematika. Metode penelitian ini menerapkan metode SLR (Systematic Literature Review). Data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari jurnal, artikel dan buku yang di terbitkan secara nasional. Teknik dalam mengumpulkan data menerapkan teknik simak, catat dan libat. Teknik dalam validasi data menerapkan teknik triangulasi data sumber. Hasil penelitian ini menunjulkan bahwa konsep dasar logika matematika dapat di pahami dengan langkah-langkah berikut 1) Memahami macam-macam penalaran dalam logika matematika, 2) Mengenal jenis-jenis logika matematika, 3) mengerjakan contoh soal mengenai logika matematika. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat tiga langkah yang harus di ketahui agar meningkatkam pemahaman siswa terhadap konsep dasar logika matematika.

abstract— Logic is the science of rules of thinking or rational ways of thinking. The aim of this research is to develop students’ knowledge of the basic concepts of mathematical logic. This research method applies the SLR (Systematic Literature Review) method. The data used in this research uses secondary data from journals, articles and books published nationally. Techniques for collecting data apply listening, note-taking and involvement techniques. Techniques in data validation apply source data triangulation techniques. The results of this research show that the basic concepts of mathematical logic can be understood with the following steps: 1) Understand the types of reasoning in mathematical logic, 2) Get to know the types of mathematical logic, 3) work on examples of questions regarding mathematical logic. The conclusion from this research is that there are three steps that must be known in order to increase students’ understanding of the basic concepts of mathematical logic.

Keywords


ogic, mathematics, high school

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023.

Ahmad, M. I. H. (2012). Signifikansi memahami logika dasar. Jurnal Substantia, 14(1), 37-44. https://core.ac.uk/download/pdf/228453774.pdf.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. https://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Fadlillah, M. (2016). Pengembangan permainan monraked sebagai media untuk mestimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 9-23. http://doi.org/10.2573/jcare.v4i1.579.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran kemampuan awal matematika dan belief matematika terhadap hasil belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.255.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/14071.

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181-188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Kamila, A. I., & Apriyono, F. (2022). Hubungan Ilmu Mantik Terhadap Permasalahan Logika Matematika Untuk Penarikan Sebuah Kesimpulan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 108-118.https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.112.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.347

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298. https://stitpn.ac.id/edisi/article/download/1353/941

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis kurikulum 2013. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484-493. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239.

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93.

Prihatin, I., Firdaus, M., Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2022). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan e-modul logika matematika berbasis Phet simulation. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 252-259.

Putra, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Academy of Education Journal, 10(01), 22-33. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.268.

Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Khaliq, I., & Setiawan, J. (2011). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA. Proyeksi, 6(2), 34-49. https://dx.doi.org/10.30659/jp.6.2.34-49.

Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media papan flanel untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 605-618. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.782.

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198.

Ratnasari, K. I., & Masruhin, A. R. (2019). Proses pembelajaran inquiry siswa mi untuk meningkatkan kemampuan matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100-109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1). https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290.

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02). http://dx.doi.org/10.24127/att.v2i02.870.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Sumarni, E., Adawiah, E. R., & Yurna, Y. (2023). Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistika). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 106-122. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.299.

Tasik, F. B., Karlina, K., & Wulandari, D. (2022). Peran Penalaran Logika Dalam Pemecahan Masalah Pamali di Lembang Ratte Kecamatan Masanda. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 91-99. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7839g.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Persepsi peserta didik sekolah menengah atas terhadap pendidikan lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.