Belajar Menghitung Mudah tanpa menggunakan Kalkulator bagi Siswa-siswi Pelajar

Fairuz Ifada, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menghitung adalah ilmu yang dapat mengembangkan kemampuan logika serta berhubungan dengan bilangan yang nyata dan erat kaitanya dengan matematika. Penelitian ini bertujuan agar dapat menunjukkan kepada para pelajar bahwasannya menghitung dapat dilakukan tanpa alat kalkulator. Metode pada penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari jurnal, artikel dan buku yang diterbitkan secara nasional. Teknik dalam mengumpulkan data menerapkan teknik simak, catat dan libat. Teknik dalam validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain menggunakan kalkulator seorang pelajar juga dapat menghitung menggunakan metode-metode berikut. 1) metode abacus/sempoa, 2) metode aritmatika, 3) metode trachternberg. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat mengubah mindset (pola pikir) para pelajar mengenai menghitung tidak sepenuhnya harus dengan kalkulator.

abstract— Counting is a science that can develop logical abilities and is related to real numbers and is closely related to mathematics. This research aims to show students that calculations can be done without a calculator. The method in this research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data used in this research uses secondary data from journals, articles and books published nationally. Techniques for collecting data apply listening, note-taking and involvement techniques. The data validation technique uses data source triangulation techniques. The results of this research show that apart from using a calculator, students can also calculate using the following methods. 1) abacus/abacus method, 2) arithmetic method, 3) Trachternberg method. The conclusion of this research is that it can change the mindset of students regarding calculating, not necessarily using a calculator.

Keywords


Calculating, Calculator, Student

Full Text:

PDF

References


Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Anggraini, L. N., Isrokatun, & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 2 SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 157 – 172. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2132

Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Sleman : DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Astuti, M. (2022). Evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ayu, K. R. & Hasanudin, C. (2023). Pengenalan Ilmu Matematika kepada Siswa Sejak Usia Dini. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1913-1917. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1930

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 161-170

Delnitawati, M. S., & Karnasih, I. (2020). Kemampuan representasi matematis melalui Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Microsoft Excel dan kalkulator kertas Grafik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(1), 26-36. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i1.419

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, A., & Naufal, A.

M. F. (2023). Peran kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725-9734. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4588

Dwiyono, A. (2012). Tokoh Matematikawan Dunia. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Dwiyono, Y. (2021). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.

Fachrudin, A. D. (2020). Inovasi pembelajaran matematika dari sejarah matematika. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Faizatin N. (2012). Belajar mengenal Aritmatika. Jarakta Timur: Balai Pustaka (Persero).

Farhatun, F., Darmayadi, D. P., & Yanti, A. N. (2022). Analisis dampak penggunaan kalkulator terhadap keterampilan berhitung dan hasil belajar Matematika siswa SMA AS-SUHUF. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 21-28. https://ejournal.unida- aceh.ac.id/index.php/dikmas/article/view/370.

Hasbi, I., Sari, D. C., Isnaini, L., Harahap, D. P., Sormin, S. A., Wirdasari, A., Falaq, I. S., Lestari, A. S., Hasibun, A. K., Putri, D. M., Listriani, D. A., Ningsih, S., Hidayat, D. N., Yanto, H., Tyaningsih, R. Y.,

Irwanto, & Herak, R. (2021). Perkembangan peserta didik. Bandung: Widina Bhakti Persada .

Heriyati, H., Munasiah, M., & Nengsih, R. (2019). Sosialisasi Penggunaan Metode Hitung Trachternberg dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 1156-1163. https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.396.

Hidayat, D. (1997). Penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 175-176. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/viewFile/9245/pdf

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi sumber daya Insani bagi perkembangan perbankan syariah diIndonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63-80. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jieb/article/view/2763

Marsigit, Himmawati P. L., Karyati, & Sugiman. (2008). Matematika. Bogor: Quadra.

Mulyawati, M., Tantowie, T. A., & Fuadi, D. N. (2020). Upaya Meningkatkan kemampuan menghitung melalui media konkret koin warna (kancing) pada mata pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Bestari Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 221- 240. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.407

Nuriyana, A., dan Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan media blog untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI. 2(1). 306- 313. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1243/pdf

Palma, D. I., Lawalata, D. J., & Mpuang, T. (2020). Penggunaan kalkulator saintifik sebagai media eksploratif bagi peserta didik untuk menemukan sifat-sifat Eksponensial. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (3), 377-384. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37622/15505

Payung, Z. (2017). Penerapan jarimatika untuk meningkatkan kecepatan berhitung perkalian bilangan asli siswa kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 563-574. https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.176

Raditya, I. N. (2012). 200 tokoh super jenius penemu dan perintis Dunia. Yogyakarta: Narasi.

Rahmat, M., Nasution, L., Ichsan, R. N., & Ali, T. M. (2022). Pelatihan pemahaman administrasi praktisi dalam pengembangan Organisasi. Jurnal PKM Hablum Minannas, 1(2), 31-36. https://doi.org/10.47652/jhm.v1i2.182

Ratnasari, L., & Abbasi, A. G. (2020). Perancangan aplikasi Kalkulator penilaian kategorisasi data berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 23(2), 136-143. http://dx.doi.org/10.35760/ik 2018.v23i2.2355

Shiddiq, N. F., & Herman, T. (2023). Concept image siswa kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Cendekia. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1404-1415. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2238

Simbolon, E., Mesran, M., & Sihite, A. H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Dengan Menggunakan Metode Exprom II (Studi Kasus: Balai Bahasa Sumatera Utara). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1), 474-485. http://dx.doi.org/10.30865/komik.v3i1.1630

Soedjadi. (1985). Mencari Strategi Pengelolaan Pendidikan Matematika menyongsong Tinggal Landas Pembangunan Indonesia (Pidato Pengukuhan Guru Besar). Surabaya: IKIP Surabaya.

Soehartanti. (2005). Panduan dasar belajar berhitung dengan sempoa. Depok: Kawan Pustaka.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif (Edisi Revisi). Surabaya: Srikandi.

Suherman, E., Turmudi, Didi S., Herman T., Suhendra, Sufyani P.,

Nurjanah, dan ade, R. (2001). Strategi pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sutawidjaja, A., Gatot, M., Muchtar, A. K., dan Soewito. (1992). Pendidikan Matematika III. Jakarta: Depdikbud.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK.

Wijayanti, P. (2009). Matematika dalam kegiatan sehari-hari masyarakat berpendidikan rendah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 12(1), 497-500. https://eprints.uny.ac.id/12298/1/M_Pend_26_Pradnyo.pdf

Wulandani, S. P. (2008). Jarimatika perkalian dan pembagian. Kawan Pustaka.

Yuvita, Y., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Saleh, M. (2023, June). Tren Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Systematic Literature Review). In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 6(1), 967-964. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2248/1731

Zazuli, M. (2009). 60 tokoh Dunia sepanjang masa. Jakarta: Narasi.

Zubair, A. (2019). Develop yourself the community. Kepanjen: AE Digital book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.