Peran Aljabar Matematika dalam Membangun Masa Depan Teknologi

Yoshe Farica Farah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak — Mengetahui peran aljabar matematika dalam membangun masa depan teknologi. Aljabar matematika memegang peranan penting dalam perkembangan dan inovasi teknologi modern. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin menjelaskan peran krusial aljabar matematika dalam pengembangan dan inovasi teknologi modern. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari jurnal, artikel, maupun buku yang telah dipublikasikan secara nasional. Teknik simak, catat, dan libat merupakan teknik pengumpulan data pada penilitian ini. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik validasi data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa dalam memahami salah satu peran aljabar matematika dalam membangun masa depan teknologi yaitu aljabar linear yang dapat diterapkan pada pengenalan wajah di Smartpone bisa melalui berbagai cara 1) Representasi gambar sebagai matriks, 2) Ekstrasi Fitur, 3) Transformasi geometris, 4) Pencocokan dan klasifikasi, dan 5) Jaringan saraf tiruan (Neural Networks). Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat beberapa cara untuk mengetahui salah satu peran aljabar matematika dalam membangun masa depan teknologi .

abstract -- Knowing the role of mathematical algebra in building the future of technology. Mathematical algebra plays an important role in the development and innovation of modern technology. The purpose of this study is that the author wants to explain the crucial role of mathematical algebra in the development and innovation of modern technology. The method in this research uses the Systematic Literature Review (SLR) method. This research uses secondary data sourced from journals, articles, and books that have been published nationally. Listening, noting, and engaging techniques are the data collection techniques in this research. This research uses source triangulation as a data validation technique. The results of this study explain that in understanding one of the roles of mathematical algebra in building the future of technology, namely linear algebra which can be applied to facial recognition on Smartphones can be through various ways 1) Image representation as a matrix, 2) Feature Extraction, 3) Geometric transformation, 4) Matching and classification, and 5) Artificial neural networks. The conclusion of the research is that there are several ways to find out one of the roles of mathematical algebra in building the future of technology.

Keywords


Mathematics, Algebra, Technology

Full Text:

PDF

References


Afiani, N. (2017). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844.

Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh kemajuan teknologi terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331-9335. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2473.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Amelia, A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Melalui Penerapan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i1.2663.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Cahyono, B. (2013). Penggunaan Software Matrix Laboratory (MATLAB) dalam pembelajaran aljabar linier. Jurnal Phenomenon, 1(1), 45-62. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.174.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Nasution, L. (2024). Pendidikan PENGARUH TEKNOLOGI PADA DUNIA PENDIDIKAN: Upaya dalam menghadapi pengaruh teknologi pada pendidikan. Progressive of Cognitive and Ability, 3(1), 34-42. https://doi.org/10.56855/jpr.v3i1.868.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323-334. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.72.

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214-1223. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Nurhayati, Y., Ulpah, G., Muhtadin, M., Huda, M., & Mabruri, K. A. K. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai:(Studi Kasus Di Kelas 5 SD Darul Hikam Bandung). Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 100-135. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i1.2442.

Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122-131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan peran matematika sebagai alat berpikir ilmiah melalui pembelajaran berbasis lesson study. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 203-215. https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.77.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Samudro, G. D., Shodikin, A., & Aini, K. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 161-169. http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1011.

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941-2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957.

Siagian, M. D. (2019). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Eduqation and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Siregar, RMR, & Dewi, I. (2022). Peran matematika dalam kehidupan sosial masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme , 4 (3), 77-89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888.

Ully, C. S., & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting Dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 133-141. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.986.

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87-94. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.