Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMP

Anggita Dian Puspita Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media pembelajaran yaitu perlengkapan bantu yang efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran matematika bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan bagaimana aplikasi GeoGebra bermanfaat sebagai media pembelajaran matematika bagi siswa SMP. Metode dalam penelitian ini yakni Systematic Literature Review (SLR) yaitu metode mengumpulkan data penelitian dengan cara mengidentifikasi, mengkaji, menilai dan mengevaluasi secara menyeluruh temuan-temuan data pada suatu topik yang akan dibahas dalam penelitian. Data berupa data sekunder dalam bentuk kata, frasa dan kalimat yang diperoleh dari artikel, jurnal dan buku yang terbit secara nasional. Teknik simak, catat, libat digunakan dalam mengumpulkan data penelitian. Validasi data dari penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk menjabarkan langkah-langkah mudah membuat grafik dengan menggunakan aplikasi GeoGebra, yaitu 1) mengunduh aplikasi GeoGebra, 2) membuka aplikasi GeoGebra, 3) menginput sistem pertidaksamaan, 4) grafik akan muncul secara otomatis. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 4 langkah penggunaan aplikasi GeoGebra yang memudahkan siswa SMP dalam pembuatan grafik pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPLDV).


Kata kunci—Matematika, Siswa SMP, Media Pembelajaran, Aplikasi GeoGebra


abstract—Learning media are effective aids used for learning activities, particularly in teaching mathematics to junior high school students (SMP). The aim of this study is to describe how the GeoGebra application is beneficial as a learning medium for SMP students in mathematics. The method used in this study is the Systematic Literature Review (SLR), which involves collecting research data by identifying, reviewing, assessing, and thoroughly evaluating findings on a specific topic to be discussed in the research. The data used are secondary data in the form of words, phrases, and sentences obtained from articles, journals, and books published nationally. The techniques used for data collection include observation, note-taking, and involvement. Data validation in this research is achieved through the source triangulation technique. The results of this study explain the easy steps to create graphs using the GeoGebra application, namely 1) downloading the GeoGebra application, 2) opening the GeoGebra application, 3) inputting the system of inequalities, and 4) the graph will appear automatically. The conclusion of this study is that there are 4 steps in using the GeoGebra application that facilitate SMP students in creating graphs for the topic of systems of linear inequalities in two variables (SPLDV).


Keywords— Mathematics, Junior High School Students, Learning Media, GeoGebra Application

Keywords


Mathematics, Junior High School Students, Learning Media, GeoGebra Application

Full Text:

PDF

References


Ariani, Y., Helsa, Y., Ahmad, S. (2020). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Cahyanti, W., N., & Hasanudin, C. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1764-1776. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1905

Febrianti, F. (2019). Efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 667-677. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5737

Habibi, R., & Manurung, A., G., R. (2023). SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology. Journal of Applied Computer Science and Technology, 4(2), 100 - 107. https://doi.org/10.52158/jacost.v4i2.511

Hakiki, S., M., & Yahfizham Y. (2024). Systematic Literature Review (SLR) : Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i2.3136

Hamidah, N., Afidah, I., Setyowati, L., Sutini, S., & Junaedi, J. (2020). Pengaruh media pembelajaran GeoGebra pada materi fungsi kuadrat terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15-24. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.2

Hidayat, M., A., & Rahmi, S. (2022). Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25. http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464

Ibrahim, M. A., Fauzan, M., Lutfti Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5287

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Komariyah, S., & Laili, A., F., N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 4(2). 55-60. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Miranda, C. A., & Nurmitasari, N. (2022). Pengenalan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika di SMK muhamadiyah Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.55080/jim.v1i1.11

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan media software GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99-107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014

Ompusunggu, V., D., K. (2022). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 5, 1-8. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/129

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1906-1012. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1883

Sirait, E., D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. https://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis media pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Swastyastu, L., T., J. (2020). Manfaat media pembelajaran dalam pemerolehan bahasa kedua anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52-59. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1359/1086

Syukur, A. (2024). Transformasi pembelajaran: Aplikasi media baru di kalangan pelajar SMP. Gowa: CV Ruang Tentor.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41

Wahab, A., Junaedi, J., Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Fabriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media pembelajaran matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA negeri di kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 32-40. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Wasiran, Y., Maja, I., & Husien, F. (2019). PKM bagi guru smp yang mengalami kesulitan menggunakan software GeoGebra dalam pembelajaran matematika. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 13-19. https://doi.org/10.36257/apts.v2i2.1601

Widodo, S., A. (2015). Keefektifan team accelerated instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4388

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran YouTube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (joting), 3(2), 538-545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.