The Correlations of Parenting Style on Student’s Speech Performance at First Year Student of IKIP PGRI Bojonegoro

Bimantara Ardhi Kusuma, Moh. Fuadul Matin, Oktha Ika Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pola asuh orang tua memengaruhi keterampilan berbicara siswa tahun pertama IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan model hubungan variabel ganda pada variabel independen. Metode sampel acak sederhana digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian dari 19 siswa. Alat non-tes, seperti angket dan kuesioner, dan alat tes, seperti tes berbicara, digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa First Year of IKIP PGRI Bojonegoro, dengan nilai sig. pola asuh orang tua 0,275 lebih besar dari 0.05.
Kata kunci— Pola Asuh, Kemampuan Berbicara, Korelasi

abstract— The purpose of the study was to determine whether parenting patterns affect the speaking skills of First Year Student of IKIP PGRI Bojonegoro. The study was conducted quantitatively using a model of double variable relationships on independent variables. Simple random sample method is used to collect research samples from 19 students. Non-test tools, such as cubes and questionnaires, and test tools, such as speaking tests, are used to collect data. The results of the study showed that (1) parenting patterns had a significant influence on the speaking ability of First Year Student of IKIP PGRI Bojonegoro, with a sig score. parenting patterns of 0.275 are greater than 0.05.
Keywords— Parenting Style, Speaking Ability, Correlation

Keywords


Parenting Style, Speaking Ability, Correlation

Full Text:

PDF

References


AD. Rooijakkers. (1993). Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan Dan Menyampaikan Pengajaran. In Jakarta Grasindo. http://katalogdispusipjember.perpusnas.go.id/detail-opac?id=9646

Arikunto, S. (2007). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Bashori Khoiruddin. (2006). Psikologi Keluarga Sakinah.

(Baumrind, 1966), D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 887. https://doi.org/10.2307/1126611.

Chairul Furqon, Yeti Mulyati, Iib Marzuqi, Maman Soetarman Mahayana, Andi Fatimah Yunus, & Felta Lafamane. (2019). Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. In Hakikat Keterampilan Berbahasa (Vol. 2, Issue 15).

Fauzan, U. (2013). Analisis wacana kritis model. In Jurnal Pendidik (Vol. 5, Issue 2).

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 9(1) 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hymes, D. (1974). Foundation in Sociolinguistics. An Ethnographic Approach. London: Routledge. http://eprints.unm.ac.id/19564/.

Lestari, S. (2017). Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf.

Lestari, S. (2021). Pengaruh aspek keuangan, kompetensi sumber daya manusia (sdm) dan inovasi produk terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di kabupaten ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13252/.

Mursell, J., & Nasution, S. (2008). Mengajar dengan sukses (successful teaching). 1–119.

Nurgiantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi :budaya.

Santrock, J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja (6th ed.). Erlangga.

Silalahi, K., & Meinarno, E. A. (2010). Keluarga Indonesia : aspek dan dinamika zaman.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supriyana, A. (2013). Hakikat Berbicara. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Tarigan H.G. (1992). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.