Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Persahabatan di Masa Putih Abu-abu Karya Dwi Fitri Devariani dalam Antologi Cerpen Butir -butir Kenangan
Abstract
abstrak—Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerpen dari dalam membentuk suatu karya itu sendiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk memahami serta menganalisis unsur cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani yang terdiri dari 1) Tema cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 2) Tokoh cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 3)Alur cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 4)Latar cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 5)Gaya bahasa cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 6) Sudut pandang cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani 7) Amanat cerpen Persahabatan di Masa Putih Abu-abu karya Dwi Fitri Devariani.
Kata kunci—Antologi, Cerita Pendek, Unsur Intrinsik
abstract—Intrinsic elements are elements that build a short story from within the work itself. The aim of this research is to understand and analyze the elements of the short story Friendship in Masa Putih Abu-abu by Dwi Fitri Devariani which consists of 1) Theme of the short story Friendship in Masa Putih-Abu by Dwi Fitri Devariani 2) Characters of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani 3) Plot of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani 4) Background of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani 5 )The language style of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani 6) The point of view of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani 7) The message of the short story Friendship in the White and Gray Period by Dwi Fitri Devariani.
Keywords—Anthologies, Short Stories, Intrinsic Elements
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, S. (2017). Unsur Intrinsik Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro. INTRINSIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha 7 (2),61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Annisyah.W.P. (2022). Cara Mudah Menulis Bahan Ajar Untuk Tingkat SMA Pelajaran Indonesia. Indonesia: Guepedia.
Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/13.
Asrini, R. (2018). Medote Jigsaw Dalam Analisis Cerita Pendek. Kartanegara: Belajar Matematika Indonesia.
Annis, Y. (2022). Banas Indonesia, Jakarta: PT A Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ariyani, W. (2019). Analisis kesalahan matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas permukaan dan volume bangun ruang (kubus dan balok) berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Mediamatika, 1(1), 55-64. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat.
Amiruddin & Hidayat (2020). Pengantar Dasar Matematika. Sidoarjo: A Fuad Abd Al- Baqie
Christina, Yuli, & Murni. (2019). Metodologi Penelitian Dan Statistik. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Denta dkk. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam cerpen “ngalap sarin natah” karya I made suartana cerpen mebasa bali bulan bahasa Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha 8 (1), 42-51. https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i1.40837.
Dewi R, Dewi K, S., Hendra. (2009). Ujian Nasional SMA IPA 2009. Jakarta: Kawan Pustaka.
El-Yunusi, M. Y. M., Yasmin, P., & Mubarok, L. (2023). Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi pada Peserta Didik). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6614-6624 https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2800.
Firdaus, F. (2023). Bahasa Indonesia Malang: Umm press
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
Hidayat, Y. (2021). Kajian Psikologi Sastra Dalam Novel Negara 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).
Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-9. https://www.academia.edu/download/50847288/Pentingnya_Pendidikan.pdf.
Johan, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p.
Kerwi, W. (2020). Belajar Berawan Salak: Surya dewasa SD.
Kemal, I. (2014). Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Hikayat Muda Balia KaryaTeuku Abdullah Dan M. Nasir.Jurnal Metamorfosa 2 (2), 61-74. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/112
Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5).53-70. https://doi.org/10.31227/osf.io/6cr32.
Lotto dkk. (2018). Suparman Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo.Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 2 (1). https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Sidoharjo: Zafatama Publisher.
Mulyono. (2012). Konvergensi. Surakarta: CV Litbang Pendidikan STIE AUB.
Milawasri, F. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita Dalam Cerpen Mendiang Karya SN Ratmana.Jurnal Bindo Sastra 1 (2), 87-94, 2017.https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.740.
Masitoh, A. (2021). Jenis–Jenis Tanda Dalam Penokohan Cerpen “Syamsyūn Al-Jabbār” Karya Kāmil Kīlani (Kajian Semiotika Charles Sander Pierce).Jurnal Studi Islam 11 (2), 72-80. https://doi.org/10.19305/elha.v11i2.4773.
Marsono. (2021). Akulturasi Islam Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: UGM PRESS
Nuraeni, I. (2017). Analisis Amanat dan Penokohan Cerita Pendek pada Buku ‘Anak Berhati Surga’ Karya MH Putra sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Sastra di SMA. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Indoensia dan Bahasa Daerah, STKIP Garut 6 (1).41-455. https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3735.
Novrina, W. (2023). Menulis Cerita Pendek Desa Pampaan. Thalibul Ilmu Publising & Education.
Nurhadi, N. (2022). Teknik membaca. Jakarta: PT Bumi angkasa.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra 2 (2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/7865/3891.
Pasaribu, O. (2019). Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU." Pena Literasi 2.1. 39-46. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.39-46.ht.
Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067
Rini, A. (2021). Menyingkap Konflik Batin Tokoh Dan Deiksis Dalam Novel Saman.Karang Anyar: Yayasan Lembaga Umum Indonesia.
Rijali, A. (2018). Analinis data kualitatif. Allamarah Jumal limu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rosidi, A. (2018). Kamus istilah sastera Indonesia. Bandung: Pustaka Jaya.
Siagian, A. A. (2024). Pengantar metode penelitian ilmu Hukum. Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Sumasari, Y. J. (2014). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336
Sukardi, S. (2002). Bahasa Indonesia. Yudhistira Ghalia: Indonesia
Suprapti, S. (2021). Peningkatan Pemahaman Tema Dan Amanat Cerita Pendek Dengan Metode Pemberian Tugas Rumah Siswa SD. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 9 (1), 45-57. https://dx.doi.org/10.30659/jpbi.9.1.45-57
Oktavia, A. S. (2017). Mengenal gaya bahasa dan peribahasa. Rasibook.
Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91.82-91.https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.
Tugiman, S. (2006). Bahasa indonesia. Indonesia: Grasindo.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek Semarang di perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.
Wahyudi, S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kebiasaan Membaca dalam Keterampilan Menulis. Gresik Jawa Timur: Tholabul Ilmi Publishing & Education.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Yusri, M. (2020). Pengoperasian penelitian naratif dan etnografi; Pengertian, prinsip-prinsip, prosedur, analisis, intepretasi dan pelaporan temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24-34 https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.