Peran Game Fractions pada Pecahan di Sekolah Dasar

Selviana Rike Prastika, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pecahan merupakan salah satu materi dasar matematika yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar pecahan siswa pada tingkat dasar melalui game fractions. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR(Systematic Literature Review) dengan melakukan dokumentasi dan review semua artikel jurnal. Data berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah penggunaan game fractions 1) Menginstal aplikasi fractions, 2) Buka aplikasi, 3) Pilih Penjumlahan (+), perkalian (×), pembagian (:) , 4) Jika waktu game sudah mulai siap dimainkan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat 4 langkah penggunaan game fractions yang harus dikenal oleh siswa sekolah dasar untuk meningkatkan dalam pembelajaran pada pecahan.
Kata kunci—Game, Pecahan, Sekolah Dasar

Abstract—Fractions are one of the basic mathematics materials that elementary school students must master. The purpose of this study is to improve students' fraction learning ability at the elementary level through fractions game. The method in this study uses the SLR (Systematic Literature Review) method by documenting and reviewing all journal articles. The data is secondary data from books and journals published nationally. The data collection technique used listening, recording, and engaging techniques. Data validation techniques used source data triangulation techniques. The results showed that the steps of using the fractions game 1) Install the fractions application, 2) Open the application, 3) Select addition (+), multiplication (×), division (:), 4) If the game time is ready to play. The conclusion of this research is that there are 4 steps of using fractions game that must be recognized by elementary school students to improve learning on fractions.
Keywords— Game, Fractions, Elementary School.

Keywords


Game, Fractions, Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan media pembelajaran game matematika berbasis HOTS dengan metode digital game based learning (DGBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885-1896. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.356.

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4747.

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan media ludo math pada materi pecahan sederhana bagi peserta didik kelas iii sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan,1(1), 28-35. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4709.

BM, M. D. U. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung pecahan. MATHEdunesa, 3(3). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130.

Dewi, A. P. S., & Hidayat, M. T. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Pengajaran yang Efektif. Jurnal Basicedu, 6(3), 4367-4373. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2834.

Febriyanti, R., Fikrati, A. N., & Boediono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbentuk Game dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(2), 86-96. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i2.4219.

Gabriela, NDP, & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran GURICA (Game Edukasi Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 292-301. https://doi.org/10.5281/zenodo.6668837.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi game matematika dalam meningkatkan kemampuan menghitung matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129-141. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860.

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204-211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125.

Ismawanti, A., Unaenah, E., Putri, D. C., & Azzahra, F. D. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan Kelas Tinggi di SD Negeri Periuk Jaya Permai Tangerang. ARZUSIN, 2(4), 343-351. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i4.453.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519.

Kalaka, Y., Mustofa, Y. A., & Dalai, H. (2023). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), 1-82. https://doi.org/10.37195/balok.v2i1.542.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Kurniawan, Y. I., & Rivaldi, M. F. (2021). Game edukasi pengenalan dan pembelajaran berhitung untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 47-59. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i1.4354.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. EduMa: Mathematics education learning and teaching‏‏‎, 3(1). https://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8.

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.

Mayangsari, S. N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 13-19. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389.

Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295.

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan media kartu pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang membandingkan pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 90-100. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.12686.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Tinjauan literatur sistematis: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi , 4 (2), 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127.

Putri, A. H., Chahyadi, M., Sujanah, T., & Santoso, G. (2024). Efektivitas metode pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan keterampilan pecahan pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.9000/jpt.v3i1.1145.

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Baiq, P. E. (2017). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan pada bilangan pecahan dan reversibilitas. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 60-66. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715.

Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10 (2). https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69691.

Suciati, I. (2021). Metode permainan “ular tangga matematika” pada materi bilangan pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 33-44. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.63.

Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi game edukasi matematika tingkat dasar berbasis android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107-112. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.806.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis hambatan belajar pada materi pecahan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7 (2), 226-236. https://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.