Manfaat Teknologi dalam Pembelajaran Matematika pada materi Bangun Datar

Moh. Sahrul Febrianto, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— manfaat teknologi penting dikenal untuk pembelajaran matematika, kususnya pada materi bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami pemahaman konsep matematika, khususnya dalam materi bangun datar dengan pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan adalah data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data melibatkan pendekatan simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan triangulasi dari sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manfaat teknologi dalam pembelajaran matematika mencakup 1) Visualisasi, visualisasi ini Teknologi memfasilitasi matematika yang lebih jelas dan menarik. Contohnya, perangkat lunak seperti GeoGebra. 2) Interaktivitas, Aplikasi interaktif dan permainan edukatif berbasis teknologi, contohnya menggunakan aplikasi yang menawarkan tantangan atau kuis terkait bangun datar. 3) Evaluasi, evaluasi yang lebih cepat dan umpan balik yang segera. Contohnya siswa bisa langsung mengetahui hasil latihan yang mereka kerjakan.
Kata kunci — Teknologi, Matematika, Bangun Datar

Abstract — The benefits of technology are important to know for learning mathematics, especially in plane material. The aim of this research is to deepen understanding of mathematical concepts, especially plane material, by using technology. The method in this research uses the SLR (systematic literature review) method. Data is in the form of secondary data from books and journals published nationally and internationally. Data collection techniques use listening, note-taking and involvement techniques. The data validation technique uses source data triangulation techniques. The research results show that the benefits of technology in learning mathematics include 1) Visualization, this visualization technology facilitates clearer and more interesting mathematics. For example, software like GeoGebra. 2) Interactivity, interactive applications and technology-based educational games, for example using applications that offer challenges or quizzes related to flat figures. 3) Evaluation, faster evaluation and immediate feedback. For example, students can immediately find out the results of the exercises they have done.
Keywords — Technology, Mathematics, Flat Figures

Keywords


Technology, Mathematics, Flat Figures

Full Text:

PDF

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1047.

Astuti, A. P., & Rps, A. N. (2018). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91-111.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat teknologi smartphone dalam kegiatan pembelajaran pendidikan Islam di masa pandemi corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29-43. https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/Al-Ulum/article/view/7.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

Handayani, P. (2021). Cara asyik belajar bangun datar di SD. Jakarta: Guepedia.

Hasibuan, N. (2016). Pengembangan pendidikan Islam dengan implikasi teknologi pendidikan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189-206. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/F/article/view/313.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik, 7(1), 38-50.

Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11. https://www.neliti.com/publications/317011/metode-slr-untuk-mengidentifikasi-isu-isu-dalam-software-engineering.

Mahmudi, A. (2006). Pengembangan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran matematika. Yogyakarta: UNY. https://core.ac.uk/download/pdf/11064816.pdf.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2616.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1353/941.

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154.

Purwanto, H. (2009). Teknologi pengolah hasil pertanian. Mediagro, 5(1), 15-19. http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v5i1.891.

Putu_Anggie_Sinthiya, I. A., & Sobri, M. R. (2021). Rancangan aplikasi sistem cerdas pembelajaran ilmu bangun datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 19-25. https://jurnal.ftikomibn.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/33/33.

Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat teknologi dalam pendididkan agama Islam. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1906-1912. file:///C:/Users/User/Downloads/1929-5949-1-PB%20(1).pdf.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081.

Suganda, V. A., Toybah, T., Hawa, S. (2020). Buku ajar berbasis hots pada mata kuliah pembelajaran di kelas rendah sekolah dasar. Palembang: bening media PUBLISHING.

Susanti, R. (2013). Teknologi pendidikan dan peranannya dalam Transformasi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.448.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A., M. dkk (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327-349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.matematika.

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54034642/karakteristik-mat-smp-libre.pdf.

Widjajanti, D. B. (2009, December). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. In Seminar Nasional FMIPA UNY, (5), 1-11. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131569335/penelitian/Makalah+5+Desember+UNY+Jadi.pdf.

Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri (bangun datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.992.

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada rancang bangun rumah adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.