Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Persahabatan jadi Cinta karya Eko Dwi S. dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan
Abstract
Kata kunci—Antologi, Cerpen, Unsur Intrinsik
Abstract- Intrinsic elements are elements that shape a literary work from within, creating the framework of a literary work as found in the intrinsic elements. This research aims to discuss the intrinsic elements of the short story Persahabatan Jadi Cinta Karya Eko Dwi S. This research applies a qualitative method, the data collection process uses the technique of listening, engaging, and recording, applying Milles and Huberman's analysis method, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the analysis of the intrinsic elements of the short story Friendship So Love by Eko Dwi S, namely 1) The theme of friendship into love 2) Characterisation consists of protagonists, antagonists, and tritagonists 3) The plot in the story uses forward flow 4) The setting uses place, atmosphere, and time 5) Language style uses comparison, opposition, linkage, and innuendo 6) Point of view uses third person 7) The mandate in the story is to immediately express feelings so that both know the feelings they have. The conclusion in this analysis is that there are 7 intrinsic elements in the short story Friendship So Love by Eko Dwi S.
Keywords-Antology, Short Story, Intrinsic Elements
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, F. (2021). Kepak sayap bahasa: Kata, makna, dan ruang budaya himpunan esai. Jakarta: yayasan pustaka obor Indonesia.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial.
Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146- 150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Andriyani, S. (2017). Unsur intrinsik novel 5cm karya Donny Dhirgantoro.
Anggito, A., Dan Setiawan., J. (2018) Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Barat: CV jejak publisher.
Anisa, N. (2024). Penggunaan reduplikasi dalam cerpen “pelajaran mengarang” karya seno gumira ajidarma analisis morfologi. Idealektik, 6(1), 1-8. https://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/1082.
Ardin, A. S., Lembah, H. G., & Ulinsa, U. (2020). Gaya bahasa dalam kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono (kajian stilistika). Bahasa dan Sastra, 5(4). https://core.ac.uk/download/pdf/289713717.pdf.
Ariyanti, R. (2019). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata pada koran Mercusuar. Bahasa dan Sastra, 4(4). https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12178.
Aspar, A. (2023). Melecut spiril diri menulis. Indramayu: CV Adanu Bima Nata.
Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760.
Aunillah, E, I. ( 2022). Guru mahir menulis kreatif. Yogyakarta: Alaska Publisher.
Aveling, H. (2003). Rahasia membutuhkan kata. Magelang: Katalog dalam terbitan.
Cancerine, G., K. (2021). Produktif di masa pandemi dengan menulis antologi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Damariswara, R. (2018). Konsep dasar kesusastraan. Banyuwangi: LPPM institut Agama islam Ibrahim genteng Banyuwangi.
Fahrurozi & Wicaksono, A. (2017). Sekilas tentang bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca Yogyakarta.
Hidayat,. Y (2021). Kajian psikologi sastra dalam novel Negri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Jawa Tengah: penerbit yayasan lembaga gumun Indonesia.
Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: Kajian struktural. Journal of Language learning and Research (Jollar), 1(2), 1-11.
Horas, Y. E. S. (2021). Praktik mudah menulis Cerpen. Bogor: Guepedia group.
Hutahaean, D. P. (2020). Analisis unsur-unsur intrinsik dan nilai pendiidkan dalam novel Anak Rantau pada karya Ahmad Fuadi.
Jatiyasa, IW (2012). Mengajarkan keterampilan mendengarkan di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek †œprotes†karya putu wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.
Lu'luah, W., & Wardana, D. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Antologi Cerpen Balon Keinginan Sebagai Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 162-169. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i3.1711.
Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). Tema sebagai unsur intrinsik karya fiksi https://doi.org/10.31227/osf.io/q4m8v.
Martani, K. D. (2020). Penerapan media pembelajaran digital book menggunakan aplikasi Anyflip untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita siswa kelas 4 SDN Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul ilmi publishing & education.
Novitasari, D., Zilla, N. E., Pramesti, R. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 118-124. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3907.
Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336.
Oktami, N. (2016). Alur dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajaran di SMA. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24130.
Pradopo. R,. D,. (2021) Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapanya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.
Ramadhan,. M. (2021) Metode penelitian. Surabaya: Cipta media Nusantara.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rimawan, I, Dkk. (2022). Cara mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.
Riska, A. R. (2020). Analisis unsur intrinsik novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere-Liye. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 515-522. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4936.
Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. https://doi.org/10.29210/3003987000.
Rosyidah, U., Hasanudin, C., & Amin, A. K. A. (2021). Kajian frasa pada novel trauma karya boy candra. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 10-20. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/460.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan bakat menulis siswa SMK: Strategi inovatif untuk menjadi penulis cerpen yang handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.
Sujoko, S., & Alkautsar, E. (2022). Analisis latar cerita dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 283-288. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v6i2.394.
Sutarni, S. Dan Sukardi, S. (2008). Bahasa Indonesia 1 SMA kelas X. Banten: Quadra.
Suwendra., w. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan kebudayaan, dan keagamaan. Badung: Penerbit Nilacakra.
Wahyu N. T. W (2023). Menulis cerpen itu asyik. Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.
Wardhani, S. N., Salim, S., & Siregar, L. N. K. (2023). Analisis faktor kesulitan belajar matematika siswa pada materi penyajian data di MIS TPI Sei Bamban Kec. Batang Serangan Kab. Langkat. Mandub: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 1(3), 273-285. https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Mandub/article/download/422/426.
Widayati, W., Andharu, D., Fadillah, M. R. I., & Martono, B. (2023). Pelatihan penulisan cerita pendek dalam blog di SMK unitomo. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(4), 37-39. https://doi.org/10.36257/apts.v6i4.8192.
Yanti, C. H., & Neisya, N. (2021). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik karya sastra. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 69-80. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1371.
Yulianti, D. (2017). Program generasi berencana (genre) dalam rangka pembangunan manusia menuju pembangunan nasional berkualitas. Jurnal Analisis Sosial Politik, 1(2), 93-108. http://repository.lppm.un
ila.ac.id/id/eprint/7617.
Yusuf., M. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: PT fajar interpratama mandiri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.