Membangun Persatuan dalam Keberagaman: Peran Pendidikan Agama dalam Merawat Keharmonisan Beragama di Perguruan Tinggi.

Ria Fauziah, Natasya Angelia Putri, Edi Saputra, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Persatuan merupakan kemampuan berbeda yang sudah menjadi satu, persatuan merupakan wujud kesejahteraan dalam menciptakan kerukunan. Pendidikan agama merupakan pembentuk moral dan etika pada peserta didik dan perguruan tinggi yang menjadi wadah untuk memberikan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membangun persatuan keberagaman beragama di perguruan tinggi, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research, data yang digaungkan adalah data sekunder yang merupakan kumoudata dari berbagai sumber, dan data ini menggunakan teknik triangulasi. Dalam membangun persatuan keberagaman di perguruan tinggi terdapat beberapa cara: 1 meningkatkan pemahaman dan toleransi, 2) membangun kesadaran tentang keberagaman 3) menciptakan dialog antar agama 4) membentuk karakter dan etika.
Kata kunci—Persatuan, pendidikan agama, perguruan tinggi

Abstract— Unity is different abilities that have become one, unity is a form of prosperity in creating harmony. Religious education is a form of morals and ethics in students and universities are a forum for providing education. The aim of this research is to find out how to build religious diversity unity in higher education. The method used in this research is library research, the data collected is secondary data which is accumulated data from various sources, and this data uses triangulation techniques. There are several ways to build diversity unity in higher education: 1) increasing understanding and tolerance, 2) building awareness about diversity 3) creating dialogue between religions 4) forming charact.
Keywords— Unity, religious education, higher education

Keywords


Unity, religious education, higher education

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Anastia, E., Trisiana, A., Sholikhati, S. (2023). Urgensi persatuan dan kesatuan dalam konsep kurikulum merdeka. Surakarta: Unisri Press.

Arifin, M. (2017). Strategi manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). 12-16. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.990.

Daryanto, E., Darwin., Siregar, B., Januariyandah, S. (2023). Model manajemen pelatihan pendidikan vokasi. Madiun: Umsu Press.

Djojodibroto, D. (2004). Tradisi kehidupan akademik. Yogyakarta: Galang Prees.

Fitriya, H., & Yani, E. A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih perguruan tinggi ekonomi islam (studi kasus: stei sebi). Jurnal ekonomi dan perbankan Syariah, 2(1), 99-130.

Fitriya, H., & Yani, E. A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih perguruan tinggi ekonomi islam (studi kasus: stei sebi). Jurnal ekonomi dan perbankan Syariah, 2(1), 99-130. https://journal.sebi.ac.id/index.php/jeps/article/download/144/109.

Hatapayo, A. A., Santoso, G., & Wahyudin, I. (2023). Manfaat Persatuan dan Kesatuan untuk Membangun Kerukunan Hidup Melalui Berkebhinekaan Global dan Creativity. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 464-470. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.619.

Husain, M. W. (2021). Konsepsi Persatuan Kebangsaan Menurut Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari (Bachelor’s thesis, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Cross-border, 4(1), 114-126. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/download/525/420.

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.

Ismail, S. G. (2013). Implementasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 299-324. https://doi.org/10.18326/mdr.v5i2.299-324.

Karna, K. (2021). Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Tentang Manfaat Persatuan dan Kesatuan untuk Mewujudkan Kesejahteraan melalui Model Number Head Together di Sdn Lenggahsari 02 Tahun Ajaran 2017/2018. Pedagogiana, 8(84), 333-672. https://dx.doi.org/10.47601/AJP.28.

Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 123-144. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.576.

Lintang, F. L. F., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79-85. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469.

Malik, A., & Narimo, S. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di Temanggung. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 6-12. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7748.

Nizam, M. A. (2019). Nilai perjuangan dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya JS Khairen. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(2). 5-9. https://www.academia.edu/download/87432884/3226-7662-1-SM.pdf.

Nizar, M. C. (2017). Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang persatuan. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(1), 63-74. https://doi.org/10.14710/endogami.1.1.63-74.

Nurriqi, A. (2021). Karakteristik pendidikan agama Islam di madrasah prespektif kebijakan pendidikan. Bintang: JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 3(1). 3-18. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/1152/803.

Prihartini, E., & Abdullah, D. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan kuliah di perguruan tinggi swasta. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 205-219. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur/article/download/3682/2326.

Rahayu, A, P. (2019). Model dan strategi tata kelola perguruan tinggi beraya saing. Yogyakarta: Deepublish.

Rodli, A, F., Yucha, N. (2024). Manajemen kinerja institusi perguruan tinggi. Batam: Rey Media Grafika.

Saputra, Y, M. (2023). Implementasi pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga di perguruan tinggi. Bandung: Indonesia Emas Group.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445.

Sholehuddin, M, S. (2019). Angka partisipasi kuliah masyarakat Jawa Tengah terhadap PTKIN tahun 2015-2017. Pekalongan: Penerbit NEM.

Shunhaji, A. (2019). Agama dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-22. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.46.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72-77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111.

Wardiyanti, Y., Trisiana, A., Ishak, Y. (2023). Buku ajar peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Surakarta: Unisri Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.