Analisis Kemampuan Membaca Cerita Pendek Mahasiswa Semester Dua
Abstract
Kata kunci— Keterampilan membaca, Cerpen, Mahasiswa
abstract- Reading is the process in which a reader strives to understand the message conveyed. This study aims to evaluate the reading abilities of second-semester students. The method used is a qualitative approach, with data collection through unstructured tests and interviews. Data validation is conducted through source triangulation, specifically by interviewing students considered most competent in answering short story questions. The analysis of short story responses covers several aspects: 1) accuracy of answers, 2) explanations and reasons, 3) analysis and interpretation, and 4) use of textual evidence. The conclusion drawn from this research is that the ability to complete short story questions can be assessed based on these four aspects.
Keywords— Reading skills, short stories, students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (rme) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Andy, dkk. (2021).Tiga Jurus Mudah Menulis. Guepedia.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.148.
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922 https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574.
Bua, M. T., & Mangiri, J. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 529–540. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5260.
Fatimah, F. (2023). Analisis kemampuan interpretasi grafik mahasiswa pada materi gerak lurus. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 554-566. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.735.
Fauji, V.A., Qutni, D., & Nawawi, M. (2020). Efektivitas media flashcard terhadap kemampuan membaca nyaring (al-jahriyah) dan membaca dalam hati (ash-shamitah) bahasa arab siswa kelas viii mts negeri 1 purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), 74-79. https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39311.
Fitriyah, I. (2014). Metakognisi siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Jurnal mathedunesa, 3(3), 120-124. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasibook.
Halawa, A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca mahasiswa tingkat 3 akper william booth surabaya. Jurnal Keperawatan, 3(1), 1-7. https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/d3kep/article/view/18
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Ibda, H. (2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Idris, H. (2022). Seni Menjadi Mahasiswa unggul. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kasmawati, K. (2022). Kritik Sastra dengan Pendekatan Pragmatik pada Cerpen “Malaikat Juga Tahu” Karya Dewi Lestari. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 253–261. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.245
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis penerapan metode sas (struktural analitik sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899.
Kusumawardani, S., dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslitE-ISSN
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Jurnal Pendidikan, 9(1), 127-135. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
Maeja, J. D., & Laka, L. (2023). Budaya Membaca Mahasiswa Ditinjau dari Minat Membaca. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 305-317. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.4072
Maliki, B. I., dkk. (2022). Strategi Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa di Beberapa Universitas di Banten: Tinjauan Manajemen Pendidikan. Journal on Teacher Education, 4(1), 697-707. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.12179
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 245-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Muna, C. (2022). Eksistensi peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(01), 32–50. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i01.24
Muniroh, L., Sugiyanti, S., & Nursyahidah, F. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif impulsif pada masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 352–359.
https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/981
Norpina, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika Dalam Cerpen. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30
Nurrahmah, S., & Putri, A. R. (2023). Peran mahasiswa kuliah kerja nyata (kkn) dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap stunting di kelurahan cigantang. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 925–929. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.853
Pramidana, D.G.A.I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 51-60. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067
Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(4), 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rahman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152-162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25
Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Karya Sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43–51. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.290
Samhudi, O., Effendy, C., & S, C. (2017). Jenis dan fungsi gaya bahasa dalam pemaknaan kumpulan Cerpen kembalinya Tarian Sang Waktu: STILISTIKA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1-9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23107
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY:Journal Of Education, 1(2), 39-48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25
Sulaeman, A., & Enawar, E. (2023). Gaya Bahasa Kumpulan Cerpen Kabut Asap Karya Dosen Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 57-66. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8126
Sumasari, Y. J. (2015). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.
Surayya, S., & Mubarok, H. (2021). Pengaruh aplikasi marbel membaca terhadap kemampuan membaca anak disleksia. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 193-204. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.165
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca teks cerita pendek dengan menggunakan metode talking stick pada pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.
Tantri, A.A.S. (2015). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi. 1(2), 1-21. https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051.
Yudiana, Ni’am, K., & ; Lubis, F. A. (2019). Peran mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan di desa cibanteng. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 401-407. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/468
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.