Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Gita Sihombing, Asrini Habeahan, Andhika Sinulingga

Abstract


abstrak— Literasi digital memainkan peran krusial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital saat ini. Metode Penelitian Kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data terkait literasi digital dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis dan menulis kreatif dan efektif. Diperlukan upaya lebih lanjut dalam memanfaatkan literasi digital untuk meningkatkan minat baca siswa di era digital yang semakinmaju. Intregasi literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi kunci untuk memajukan kualitas pendidikan dan menghasilkan generasi yang kompeten dalam era digital yang terus berkembang.
Kata kunci— Pembelajaran, bahasa Indonesia, literasi digital


abstract— Digital literacy plays a crucial role in Indonesian Language Learning in the current digital era. Desccriptive qualitative method was used to collect data related to digital literacy and reading interest in Indonesia. The results show that digital literacy can improve critical reading and creative and effective writing skills. Further efforts are needed in utilizing digital literacy to increase students reading interest in the increasingly advanced digital era. The integration of digital literacy in Indonesian language learning is the key to advancing the quality of education and producing a competebt geberation in the ever-evolving digital era.
Keywords— Learning, Indonesian language, digital literacy

Keywords


Learning, Indonesian language, digital literacy

Full Text:

PDF

References


Adiswara, M., & Suryadi, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Masyarakat Indonesia. Jurnal Pustakawan, 26(1), 1-10. https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/.

Ahadi, A., & Arifin, Z. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca dan Kemampuan Menulis Siswa SMP Negeri 1 Kalijati Kabupaten Subang. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 10(1), 13-23. https://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya.

Akbar, A., & Asriani, D. A. (2022). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 43-52. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya.

Asniar, A., Muharam, L. O., & Silondae, D. P. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa. Jurnal Bening, 4(1), 9-16. http://repository.unsoed.ac.id/9605/9/DAFTAR PUSTAKA-Vina Octaviani-F1A017054-Skripsi-2021.pdf.

Fitriana, A., & Rachmawati, L. I. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 1-10. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya.

Kurniyanti, N. F., & Sari, R. P. (2020). Analisis Literasi Membaca di Indonesia Berdasarkan Hasil PISA 2018. Jurnal Kajian Pendidikan dan Penelitian, 10(2), 211-222. https://ejournal.umm.ac.id/.

Nasution, R. A. (2019). Membangun Budaya Literasi Membaca di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 223-234.https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/index/search/category/321

Roysa, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.