The Factors Affecting High School Student’s Interest in Choosing an English Education Program in College
Abstract
Keywords—Factors Affecting, Student’s Interest, English Education Program
Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mahasiswa memilih program studi Bahasa Inggris di perguruan tinggi. Penelitian ini bersifat kualitatif. Peserta yang berasal dari Kelas 11 SMK PGRI CEPU berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan dua Faktor Intrinsik dan Faktor Ekstrinsik. Faktor Intrinsiknya adalah: 1) kemampuan mereka baik, 2) kebingungan dalam memilih program pendidikan, 3) ketertarikan mereka sendiri, 4) ketidaktertarikan mereka dengan bahasa Inggris. Beberapa faktor ekstrinsik adalah: 1). Mereka memilih untuk tidak melanjutkan karena tidak mempunyai biaya, 2) ingin melanjutkan bisnis keluarga, 3) berencana menikah, 4) ekspektasi orang tua, 5) keinginan untuk kuliah di universitas terkenal, 6) keunggulan di antara yang lain.
Kata kunci—Faktor afeksi; Minat Siswa; Program Pendidikan Bahasa Inggris
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmidar, A., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2017). Enhancing Students’ Interest through Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012072
Armayanti, N. (2015). Minat siswa terhadap pemilihan jurusan di SMA Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar [Diploma, Universitas Negeri Makassar]. Retrieved from: http://eprints.unm.ac.id/1915/
Fitria, T. N., Pudjiati, D., & Wulandari, F. (2022). Selecting English Study Programs in Higher Educations: Students’ Perspectives. Ahmad Dahlan Journal of English Studies, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.26555/adjes.v9i1.4
Holmegaard, H. T., Ulriksen, L. M., & Madsen, L. M. (2014). The Process of Choosing What to Study: A Longitudinal Study of Upper Secondary Students’ Identity Work When Choosing Higher Education. Scandinavian Journal of Educational Research, 58(1), 21–40. https://doi.org/10.1080/00313831.2012.696212
Kahu, E., Nelson, K., & Picton, C. (2017). Student interest as a key driver of engagement for first year students. Student Success, 8(2), 55–66. https://doi.org/10.5204/ssj.v8i2.379
Laila, A. N. A. N. (2013). a Proposal for Effective English Language Learning. 1(2), 1–12.
Si, P. (2019). A Study of the Differences between EFL and ESL for English Classroom Teaching in China. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies, 15(1), 32. https://doi.org/10.21013/jems.v15.n1.p4
Rohmah, K., Isnaini, M. H., & Degeng, P. D. D. (2023). EFL Students’ Perception of the Use of Group Work. Lingua Susastra, 4(1), 1-14. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57-62. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31618.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.