Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan “Energen”

Yunita Firdiyanti, Puji Ayu Lestari, Laily Zaitin Nukha, Zulia Angel Rachmawati, Abdul Ghoni Asror

Abstract


Abstrak—Iklan merupakan sarana untuk mempromosikan suatu produk kepada khalayak. Untuk menarik minat konsumen, penyajian iklan haruslah menarik terutama dari segi bahasa. Saat menganalisis bahasa, tentunya peneliti tak lepas dari mengamati tindak tutur yang ada dalam sebuah iklan. Salah satu tindak tutur yang dimaksud adalah tindak tutur ilokusi yang melibatkan makna atau tujuan untuk mendasari tuturannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode studi pustaka dengan data primer yang relevan dengan topik penelitian. Langkah penelitian menggunakan teori Marry W. George dengan validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini ialah ditemukan sebanyak 17 jenis tindak tutur ilokusi, yaitu 7 tindak tutur ilokusi direktif, 3 tindak tutur ilokusi ekspresif, 2 tindak tutur ilokusi komisif, 1 tindak tutur ilokusi deklaratif, dan 4 tindak tutur asertif.
Kata kunci—Iklan, pragmatik, tindak tutur, ilokusi

Abstract—Advertising is a means of promoting a product to the public. To attract consumer interest, advertising presentation must be attractive, especially in terms of language. When analyzing language, of course researchers cannot be separated from observing the speech acts in an advertisement. One of the speech acts in question is an illocutionary speech act which involves meaning or purpose to base the speech. This research is a qualitative descriptive research that uses a literature study method with primary data that is relevant to the research topic. The research steps used Marry W. George's theory with data validation using data triangulation. The results of this research were that 17 types of illocutionary speech acts were found, namely 7 directive illocutionary speech acts, 3 expressive illocutionary speech acts, 2 commissive illocutionary speech acts, 1 declarative illocutionary speech act, and 4 assertive speech acts.
Keywords—Advertising, pragmatics, speech acts, illocutionary

Keywords


Advertising, pragmatics, speech acts, illocutionary

Full Text:

PDF

References


Adlini, dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul. 6(1). 974-980. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394/1177.

Akbar, S. (2018). Analisis tindak tutur pada wawancara putra nababan dan presiden portugal (kajian pragmatik). SEBASA, 1(1), 27-38. Doi https://doi.org/10.29408/sbs.v1i1.792.

Astri, N. D. (2020). Analisis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam cuitan atau meme di media sosial Instagram. Jurnal Indonesia Prima, 2(2). 20-30. Doi https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1187

Dwiyani, N. K., & Andayani, N. P. T. (2022). Pemaknaan gaya bahasa pada iklan “energen: sarapan super” melalui kajian pragmatik. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra 425-433. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=analisis+tindak+tutur+iklan+energen+&btnG=#d=gs_qabs&t=1719411469497&u=%23p%3Dvcm9CMY54WQJ.

Faroh, S. & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur ilokusi dalam vlog q&a sesi 3 pada kanal youtube Sherly Annavita Rahmi. UNDA: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 311-326. Doi https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2793.

George, M. W. (2008). The element of library research: What every student needs to know. United States of America: Princeton University Press.

Hapsari, DA, Marâ, R., & Anggraini, NS (2021). Kajian pragmatis ilokusi dalam percakapan orang tua dan anak ak. Hasta Wiyata, 4 (1), 25-39. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=pengertian+ilokusi+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1719412330960&u=%23p%3Dp3i_6tbE_40J.

Haryanti, E. (2019). Penggunaan bahasa dalam perspektif tindak tutur dan implikasinya bagi pendidikan literasi. Jurnal Tambora, 3(1), 21-26. Doi https://doi.org/10.36761/jt.v3i1.179.

Komariyah, S., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2022). Kajian tindak tutur ilokusi iklan produk kecantikan di televisi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 9(1), 65-69. Doi http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v9i1.12419.

Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian apartemen Meikarta. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(1), 59-66. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/3039.

Lestari, A. P., Insyiroh, A. K., & Sa’adah, K. (2023). Analisis tindak tutur ilokusi pada iklan traveloka pak mono. Sinesis: Jurnal Bahasa, 1(2), 120-126. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/sinesis/article/view/8963/pdf.

Lestari, P. A., & Hasanudin, C. (2022, August). Wattpad Apps to Increase Indonesian Youth’s Interest in Reading and Writing. In Proceedings International Conference on Education Innovation and Social Science (pp. 137-149). Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iceiss/article/view/1068.

Nirmala, V. (2018). Iklan dalam pembelajaran pragmatik di Sekolah Menengah Atas. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 8(1). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+pragmatik+&oq=prag#d=gs_qabs&t=1719396133117&u=%23p%3DOLB7YO5uDGMJ.

Prananda, N. A. (2023). Tindak tutur ilokusi dalam ceramah Buya Yahya di Youtube Al-Bahjah Tv. Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 2(3), 235-244. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+tindak+tutur+ilokusi+&btnG=#d=gs_qabs&t=1719413775217&u=%23p%3DI3nPSXAFLqAJ.

Richadinata, K. R. P., & Astitiani, N. L. P. S. (2021). Pengaruh iklan sosial media terhadap keputusan pembelian konsumen di lingkungan Universitas Bali Internasional (Doctoral dissertation, Udayana University). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+iklan+&btnG=#d=gs_qabs&t=1719406450728&u=%23p%3D63vi0i7rr2UJ.

Sari, F. K., & Cahyono, Y. N. (2022). tindak tutur pada ilokusi interaksi jual beli di pasar tradisional pulung. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1), 1-57. Retrieved from: https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/DIWANGKARA/article/view/195.

Sikana, A. M., & Fadillah, R. L. (2020). tindak tutur ilokusi pada iklan fair and lovely di televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 93-104. Retrieved from: https://www.academia.edu/download/95649680/1945.pdf.

Tahira, K. A. H. & Utami, S. Analisis ilokusi pada iklan sabun wajah di youtube (illocutionary analysis on facial soap ads on youtube). Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan pembelajarannya, 7(1), 19-34. Retrieved from https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/14470.

Widhayani, A. (2020). Mahir menulis kreatif teks iklan, slogan dan poster. Yayasan Hidayatul Mubtadi'in. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=pengertian+iklan+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1719409507053&u=%23p%3Dd39NLWeO21wJ.

Yanti, B. (2019). A. Pengertian pragmatik. Studi Naskah Bahasa Arab, 35. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+pragmatik+&oq=prag#d=gs_qabs&t=1719396320243&u=%23p%3D1laiVgvaSAIJ.

Yusuf, AB, Mahmut, AK, & Devi, S. (2021). Kajian perilaku tutur ilokusi guru dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 402-424. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5939.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.