Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaludin Al-Ghani dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Natasya Erdina Zilla, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Unsur intrinsik cerpen yakni komponen yang terdapat dalam karya itu sendiri dan membangun keseluruhan cerita. Tujuan dalam penelitian yaitu ingin mengetahui serta menganalisis unsur intrinsik Cerita Pendek Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani. Metode dalam penelitian menggunakan jenis metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai teknik simak, catat, dan libat, serta menggunakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian, yaitu konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil dalam penelitian yaitu analisis unsur intrinsik Cerita Pendek Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani terdiri dari 1) Tema pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 2) Tokoh atau penokohan pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 3) Alur atau plot pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 4) Latar pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 5) Gaya bahasa pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 6) Sudut pandang pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 7) Amanat pada Cerpen Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani.
Kata kunci—Cerita Pendek, Unsur Intrinsik, Antologi

Abstract—The intrinsic elements of short stories are the elements contained in the work itself and build the story as a whole. The purpose of this study is to determine and analyze the intrinsic elements of the short story Meraih Cita dan Asa by Muhammad Jamaluddin AlGhani. The method used in the study used a qualitative research type method, the data collection technique in the study used the technique of listening, note taking, and the technique of listening involved, and the data analysis technique in the study used content analysis from Milles and Huberman. The results in this study are the analysis of the intrinsic elements of short stories Meraih Cita and Asa by Muhammad Jamaluddin AlGhani which consists of 1) Theme in Meraih Cita and Asa by Muhammad Jamaluddin Al- Ghani 2) Character or characterization in the short story Meraih Cita and Asa by Muhammad Jamaluddin Al- Ghani. Ghani 2) Character or characterization in the short story Meraih Cita and Asa by Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 3) Flow or plot in the short story Meraih Cita and Asa by Muhammad Jamaluddin Al- Ghani 4) Setting in the short story Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al-Ghani 5) Language style in the short story Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al- Ghani 6) Point of view in the short story Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al- Ghani 7) The mandate in the short story Meraih Cita dan Asa Karya Muhammad Jamaluddin Al- Ghani.
Keywords—Short Story, Intrinsic Elements, Anthology

Keywords


Short Story, Intrinsic Elements, Anthology

Full Text:

PDF

References


Adnan. F. 2021. Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya Himpunan Esai. Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.

Ahmad I. Y. (2008). Bahasa Indonesia tataran unggul untuk SMK dan MAK kelas XII. Jakarta: Erlangga

Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan kosakata bahasa jerman melalui penggunaan media cerita pendek. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 57-63. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25636

Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan cerpen berbasis kearifan lokal sumatera selatan dengan metode image streaming dalam proses kreatif mahasiswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 7(1). 88-115. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v7i1.1287.

Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105-111. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386

Aveling, H. 2003. Rahasia membutuhkan kata: puisi Indonesia 1966-1998. Magelang: IndonesiaTera.

Bahruddin, S., Al-Ma’ruf, A. I., & Suyitno, D. N. (2024). Bentuk Kekerasan Dalam Novel Cermin Lara Karya Nurima Thama Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/123138

Cancerine, K. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda - Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Christin. M , Obadyah. A. B ,dan Ali. D. S. F. · 2021 Transmedia Storytelling. Indonesia: Syiah Kuala University Press.

Damariswara. R. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Darmayanti, N., Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah kejuruan tingkat unggul (kelas XII). Bandung: Grafindo media pratama.

Dewi. A. C. (2023). Menulis Kreatif. Indonesia Emas Group.

Dwiningsih, E. (2008). kemampuan menulis paragraf naratif dengan menggunakan gambar berseri pada siswa kelas VI SD Gulung 1 Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/126.

Dzuhrisa, M., Aulia, N., & Widara, A. (2024). Mengurai Implikatur Edukatif dalam Drama Kapai-Kapai: Perspektif Pragmatik Naskah. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(3), 11-16. https://edp.web.id/index.php/edp/article/view/71.

Febriani, A. A. (2023). Analisis unsur pembangun cerpen pada kumpulan cerpen mata yang enak dipandang karya ahmad tohari dan implementasinya sebagai bahan ajar (doctoral dissertation, FKIP unpas). http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66261

Fridayanthi, P. D., & Ekasriadi, I. A. A. (2024). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Mengkonstruksikan Resensi Cerita Pendek Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi SMKN 5 Denpasar. Widyadari, 25(1), 83-94. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3656

Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Gamas, C. (2020). Antologi Optimalisasi Pengadaan. kalimantan timur: Christian Gamas.

Gasong. D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Indonesia: Deepublish.

Hartati, M. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ikip Pgri Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Heriyanto, dan Yuniastuti. A. 2022. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Insiyah, S. J. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Unsur Pembangun Cerpen pada Buku Antologi Cerpen di Kelas XI MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Khazanah: Jurnal Edukasi, 1(1),31-43. http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article /view/5.

Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-9. https://www.academia.edu/download/50847288/Pentingnya_P endidikan.pdf.

Kasmi, H. (2015). Latar Sosiokultural Keacehan dalam Novel Teuntra Atom Karya Tayeb Loh Angen. Jurnal Metamorfosa, 3(2), 75-84. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/135.

Kemal, I. (2014). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Metamorfosa, 2(2), 61-74. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14831

Khaerunnisa, (2023). Menyelami Dunia Sastra Anak. Indonesia: Penerbit K-Media.

Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana Sankṣépa: Konsep Penciptaan dan Struktur Alam Semesta Menurut Lontar Bhuwana Sangkṣépa. Nilacakra.

Lailatunnihayah, L., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis Bentuk Frasa pada Kumpulan Cerpen Surat yang Dikirim Lewat Angin Karya Hari B. Mardikantoro. Journal of Literature and Education, 1(1), 1-8. https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/5.

Lestari, R. D., & Aeni, E. S. (2018). Penggunaan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan cerpen mahasiswa. Semantik, 7(1). https://doi.org/10.22460/semantik.v7i1.p%25p.

Mansur, A. R., Kironoratri, L., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Fabel. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5296-5307. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12765.

Mariska, A. (2023). Analisis nilai sosial dan nilai edukatif pada anak usia 6-10 tahun dalam cerita pendek “lima sahabat” karya idiana setyaningsih. Prosidingsamasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/a rticle/view/454-463.

Marsela, N. P. dkk. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sastra Indonesia. 2(2). http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.73.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Munaris, Anantama. M. D, Yanti. Y. 2023. Unsur Pembangun Prosa. Indonesia: Selat Media.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.126.

Noprina. W · 2023. Mudah Menulis Cerita Pendek. Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336.

Permana, R. (2017). Nilai Gigih dalam Biografi KH Sjamun (1883-1949). HISTORIA, 1(1).

Prasetya, K. H., Kusuma, D. A., Syahamah, A., Marsela, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494-1501. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14. https://www.academia.edu/download/40847896/teori_motiva si.pdf.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207222. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16080/1/Jurnal_Ai%20Pur namasari_Institut%20Pendidikan%20Indonesia%20Garut_2021.pdf.

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Putri, T. H. (2017). Penulisan Skenario Program Cerita “Senja Felicia” dengan Penggunaan Sudut Pandang Orang Pertama sebagai Pembangun Surprise (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2025.

Purwanto, R., Retnowati, E., Sofyan, F., Dewi, N. K., Yestina, R., Daniati, I. (2018). Top one bedah kisi-kisi terlengkap UN-USBN SMP/MTS 2019. Jakarta: Bintang Wahyu.

Rahmawati, L. E. & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (n.p.): Muhammadiyah University Press.

Ramadhani, S. R. (2018). Tokoh Pendukung Sebagai Tanda Penguat Pesan Pada Film Talak 3 (Doctoral Dissertation, Fakultas Seni Rupa Dan Desain). http://repository.isiska.ac.id/id/eprint/2791.

Rimawan. I, Purba. A. W, Dan Oktaviana. K.(2020) Cara Mudah Menulis Cerpen: Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Indonesia: GUEPEDIA.

Rosidi. A. 2018. Kamus istilah sastra indonesia. PT Dunia Pustaka Jaya.

Shanty, I. L., Kurmalasari, T., Elfitra, L., Malik, A., & Irawan, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran arcer (augmented reality cerpen) berbantuan assemblr edu dan canva pada materi teks cerpen siswa kelas ix sekolah menengah pertama negeri 4 tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 528-545. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3471

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 158-165. http://repo.iaintulungagung.ac.id/7300/10/Bab10_Penelitian%20Kualitatif_3.pdf.

Sudaryanto, M. (2024,). Tokoh dan Penokohan dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 2634).http://conference.fib.unsoed.ac.id/ojs/index.php/kokad oma/article/view/327.

Suherli, M. S., & Aji Septiaji, I. (2017). Bahasa Indonesia Kelas X. erika books media publishing.

Suni, E. K., & Ridwan, W. (2018). Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Untuk Mendukung Keputusan Redaksi Televisi Menggunakan Metode Nine-Step Kimball. J. Tek. Inform, 11(2), 197206.https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253

Waridah, E. Rukmono, T. & Permana, R. N. (2011). Buku Pintar UN SD 2012. (n.p.): Cmedia.

Warnita, S., Linarto, L., & Cuesdeyeni, P. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 45-55. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852.

Wicaksono, A. (2016). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia: Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA. Garudhawaca.

Wijaya, P. (2023). Kritik Sastra Cerpen “Tidak” Karya. Kumpulan Kritik Sastra Cerpen Karya Putu Wijaya, 97. https://www.researchgate.net/profile/Ikfi-ChoirunNisak/publication.

Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. (2018). Filsafat logika dan ontologi ilmu komputer. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(2), 68-75. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/vie w/39.

Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.