Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Seru bagi Anak Sekolah Dasar

Putri Cahya Sabitha, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Wordwall merupakan sebuah platform yang memungkinkan pendidik untuk membuat permainan interaktif yang mendukung proses pembelajaran. Tujuan artikel ini untuk peningkatan media pembelajaran menarik bagi siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan Wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Systematic Literature Review (SLR), dengan melibatkan evaluasi serta pengumpulan sumber data sekunder dari literatur seperti jurnal dan buku. Data dikumpulkan melalui observasi, pencatatan, dan partisipasi. Validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Wordwall dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk pembelajaran yang menarik bagi siswa sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Wordwall efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan dasar.
Kata kunci—wordwall, media pembelajaran, sekolah dasar

abstract—Wordwall is a platform that allows educators to create interactive games that support the learning process. The aim of this article is to increase attractive learning media for elementary school students by utilizing Wordwall. The method used in this research is Systematic Literature Review (SLR), involving evaluation and collection of secondary data sources from literature such as journals and books. Data is collected through observation, recording and participation. Data validation uses data triangulation. The research results indicate that Wordwall can be an excellent choice for engaging learning for elementary school students. The conclusion of this research is that Wordwall is effective in improving the quality of learning at the basic education level.
Keywords— wordwall, learning media, elementary school

Keywords


wordwall, learning media, elementary school

Full Text:

PDF

References


Affandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal inovasi pembelajaran, 1(1), 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.

Agustin, N., dkk. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter. Yogyakarta: UAD Press.

Andari, V., Qurniawan, M., & Samsudin, S. (2024). Pengembangan bahan ajar digital wordwall pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (studi kasus pada kelas III di SDN Segulung 03, Dagangan, Madiun). Social science academic, 2(1), 140–146. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i1.4832.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: Pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.

Arifannisa, A., Yuliasih, M., Hayati, H., Sepriano, S., Andyana, I. N. W., Putra, P. S. U., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber dan pengembangan media pembelajaran (teori dan penerapan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arimbawa, I. G. A. (2021). Penerapan wordwall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian journal of education development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal ilmiah islam futura, 11(1), 15–34. https://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan bahasa dalam praktik berbicara pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1). 88-97. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428.

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Malang: UB Press.

Fikriansyah, M., & Layyinnati, I. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis website (wordwall) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–34. https://doi.org/10.37286/jmp.v1i1.133.

Handayani, P. (2021). Cara asyik belajar bangun datar. Bogor: Guepedia.

Hasanah, B. A., Firmansyah, A., & Firmansyah, H. (2023). The use of wordwall app in history learning at SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal pendidikan, 24(1), 12–20. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.7602.

Hikam, C. S., & Setiawan, A. (2024). Wordwall website: inovasi media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merespon era digital. Journal on education, 6(3), 17525 – 17531. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5679.

Hikmah, N. (2019). Perkembangan peserta didik Sekolah Dasar. Pare - Pare: CV. Kaaffah Learning Center.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52 – 75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal pendidikan & matematika, 7(1), 91–96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kusuma, E., & Fadiana, M. (2024). Pemanfaatan game edukasi wordwall untuk meningkatan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 8(2), 1566–1573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7433.

Magdalena, M. (2021). Tulisan Bersama tentang media pembelajaran SD. Sukabumi: CV Jejak.

Marlina, M., Wahab, A., Susidamaiyanti, S., Ramadana, R., Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, I., Syafruddin, S., Putriawati, W., & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Journal of social science research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109.

Nadya, L., & Usiono, U. (2023). Sistematik literatur review (SLR) pertolongan pertama pada luka bakar menurut tingkat keparahan. Innovative: Journal of social science research, 3(5), 3004-3009. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5127.

Noviana, W., Widihastuti, H., Wahyuni, S., & Kusumawati, K. (2022). Pelatihan pembuatan kuis interaktif menggunakan aplikasi quizizz dan wordwall untuk guru SMP Islam Hidayatul Athfal. Jurnal pengabdian masyarakat, 1(10), 1325–1331.

https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/2702

Nurfadhilah, S. (2021). Media pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan fitur short pada Youtube sebagai penunjang pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1). 1-9.

https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Putra, A. W., Rahmawati, K., Maulana, A., Munir, A. A., & Pratiwi, K. D. (2020). Membangun moral dan etika siswa Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review: penggunaan Kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI. 4(2). 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Sepriadi, S. (2023). Model permainan bagi kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika: systematic literature review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110-10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782.

Suhartawan, B., Daawia, D., Prastawa, S., Reba. Y. A., Abdullah, G., Arifin, A., Sirjon, S., Purnama, Z. R., & Veronika, P. Konsep dasar media pembelajaran. Batam: CV Rey Media Grafika.

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review (SLR): Metode, manfaat, dan tantangan learning analytics dengan metode data mining di dunia pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM (Informasi Komputer Akuntansi dan Management, 13 (1). 73-85. https://doi.org/10.53845/infokam.v13i1.123.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Surani, D., Karuru, P., Iswandi, U., Eknoe, M. S., Jenab, S., Sutarjo, S., Mahmudah, L., Saleh, F., Hasyim, F., & Anyan, A. (2024). Konsep dasar media pembelajaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Turohmah, F., Mayori, E., & Sari, R. Y. (2020). Media pembelajaran wordwall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab. Jurnal pendidikan luar sekolah, 14(1), 13–19. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3176.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolingustik. Jurnal Pendidikan Tambusi, 6(2). 11393-11402. https://doi.org./10.31004/iptam.v6i2.4253.

Yusni, D., & Hurriyah, H. (2024). Pemanfaatan wordwall game fisika terintegrasi social science issue untuk meransang berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan sosial humaniora, 3(2), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2616


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.