Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Melepaskan Karya Mutiara Puspitasari dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Risnawati Risnawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Adnan. F. 2021. Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya Himpunan Esai. Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.
Ahmad I. Y. (2008). Bahasa Indonesia tataran unggul untuk SMK dan MAK kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Ahmad, K., Ginting, S. U. B., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7-19. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257.
Alfianie, A., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Nurfitria, I. (2022). Ekranisasi Unsur Intrinsik Novel Antares Karya Rweinda ke Dalam Film Antares yang Disutradarai oleh Rizal Mantovani. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 1 (1), 165-178).https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.152.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arifin, Z., Santosa, S., & Soeleman, M. A. (2017). Klasterisasi Genre Cerpen Kompas Menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering-Single Linkage. Jurnal Cyberku, 13(2), 2-2. http://research.pps.dinus.ac.id.
Aviani, N. S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Surtini, A., & Novianti, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Cerita Pendek Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 8641-8651. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3873.
Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.
Camelia. M & fatin. I. 2015. Big Book Bahasa Indonesia SMP Kelas 1,2,3. Cmedia Imprint kawan Pustaka.
Cancerine, K. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda - Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Christin. M , Obadyah. A. B ,dan Ali. D. S. F. 2021. Transmedia Storytelling. Indonesia : Syiah Kuala University Press.
Cindy, F. C. A., Gizka, A. F., Zerlinda, N., Putri, N. S. M., Giyanti, M. E. P., & Arum, D. P. (2024). Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Politik: Variasi Gaya Bahasa Calon Presiden Dalam Debat Pertama Pilpres 2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5702-5720. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9989.
Damariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.
Dzuhrisa, M., Aulia, N., & Widara, A. (2024). Mengurai Implikatur Edukatif dalam Drama Kapai-Kapai: Perspektif Pragmatik Naskah. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(3), 11-16.https://edp.web.id/index.php/edp/article/view/71.
Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.
Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah , 11 (74). https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.81.
Giawa, M. I. P., Duha, A., & Dakhi, S. (2022). Analisis Perwatakan Tokoh Dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-33. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.424.
Gowasa,H. S. Y. (2024). Amanat yang terkandung dalam novel “catatan hati seorang ayah” karya Rembulan Ratri. FAGURU: Jurnall Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 236-247. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i1.1241.
Hakim, M., Yuniati, I., & Maharani, H. (2021). Amanat dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 79-85. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2405.
Handayani, R., Atmazaki, A., & Noveria, E. (2016). Pengaruh teknik pemodelan terhadap menulis cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 5 (2), 306-312. https://doi.org/10.24036/9995-019883.
Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Jayanti, K., Dharma, B., & Apriani, A. (2021). Analisis unsur intrinsik naskah drama pinangan karya Anton Checkov Saduran Suyatna Anirun. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 92-98. https://doi.org/10.35568/magelaran.v4i1.1413.
Kasmi, H. (2015). Latar Sosiokultural Keacehan dalam Novel Teuntra Atom Karya Tayeb Loh Angen. Jurnal Metamorfosa,3(2), 75-84.https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/135.
Kemal, I. (2014). Analisis Tokoh dan Penokohan Dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Metamorfosa, 2(2), 61-74..http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14831.
Kerti I. W. 2020. Mengenali Dan Menuliskan Ide Menjadi Cerpen. Surya Dewata.
Khaerunnisa, 2023.Menyelami Dunia Sastra Anak. Indonesia : Penerbit K-Media.
Kirani, A. (2022). Kode aksian dalam pendekatan semiotik pada cerpen" sabuk ajaib" karya asrori. Journal Educational of Indonesia Language, 3(01), 9-15. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i01.638.
Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana Sankṣépa: Konsep Penciptaan dan Struktur Alam Semesta Menurut Lontar Bhuwana Sangkṣépa. Nilacakra.
Linawati, A., Fitonis, T. V., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Kalimat Berdasarkan Tata Bahasa Struktural dalam Cerita Pendek Berjudul Robohnya Surau Kami karya AA Navis: Sentence Analysis Based on Structural Grammar in a Short Story entitled The Collapse of Our Surau by AA Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138-152.https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119
Linawati, E. (2016). Discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek di kelas 7 SMPN I Luragung. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 1-11. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/jeill/article/view/699.
Lubis, F. W. (2020). Analisis Androgini pada Novel †œAMELIA†KARYA TERE-LIYE. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6.https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256.
Mamonto, FM, Lensun, SF, & Aror, SC (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: Jurnal Internasional Penelitian Masalah Sosial Budaya , 1 (3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296
Meliuna, T., Surastina, S., & Wicaksono, A. (2022). Kajian Unsur Intrinsik dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia (Suatu Tinjauan Struktural Semiotik). Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-14. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/364.
Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.126.
Noor, Z. Z. (2015). Metologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV Budi Utama.
Noprina. W · 2023. Mudah Menulis Cerita Pendek. Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Nora, Y. E. (2018). Warna Lokal dalam Cerpen Sebambangan Karya Budi P. Hatees dan Rancangan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32596.
Pardosi, G. W., & Yuhdi, A. (2023, July). Analisis konflik sosial dalam cerpen “cinta lelaki biasa (Asma Nadia-True Story)”. In Prosiding seminar nasional pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya 2 (1), 286-295. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.300.
Prastowo, A. 2017. Menyusun rencana pembelajaran (rpp) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.
Purwanto, R., Retnowati, E., Sofyan, F., Dewi, N. K., Yestina, R., Daniati, I. (2018). Top one bedah kisi-kisi terlengkap UN-USBN SMP/MTS 2019. Jakarta: Bintang Wahyu.
Rahmawati, L. E. & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (n.p.): Muhammadiyah University Press.
Ramadhani, S. R. (2018). Tokoh Pendukung Sebagai Tanda Penguat Pesan Pada Film Talak 3 (Doctoral dissertation, Falkutas Seni Rupa dan Desain) http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2791.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rimawan, I., Purba, A. W., dan Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen: bahan ajar tingkat SMA pelajar Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.
Riska, AR (2020). Analisis Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere-Liye. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 3 (3),515-522. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4936.
Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. https://doi.org/10.29210/3003987000.
Rosidah, C. T., Azmy, B., & Hanindita, A. W. (2022). Pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Rosidi. A. 2018. Kamus Istilah Sastra Indonesia. PT Dunia Pustaka Jaya.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.
Sahara, S. (2014). Interferensi bahasa betawi dalam cerpen mahasiswa Jurusan PBSI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 109-130. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/download/1419/1222.
Setyaningrum, R. A., Dewi, R. P. (2022). Menulis kreatif konteks Bahasa Indonesia. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.
Setyaningsih, Y. (2021). Menulis Cerita Pendek dengan Model Pembelajaran “CANTIK” Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(3), 529-534. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1945.
Suherli, M. S., & Aji Septiaji, I. (2017). Bahasa Indonesia Kelas X. erika books media publishing.
Syamsiyah, N., & Rosita, F. Y. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi “Dear You” Karya Moammar Emka. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 1-13.https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.27.
Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai alternatif bahan ajar. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70-81. https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18
Tartila, R., Anggraini, N., & Faizah, P. N. (2023). Intrinsic Elements and Moral Values in The Anthology of Aim Short Stories by Kholifatul Fauziah. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 48-62. https://doi.org/10.21009/AKSIS.070105.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.
Waridah, E. Rukmono, T. & Permana, R. N. (2011). Buku Pintar UN SD 2012. (n.p.): Cmedia.
Warnita, S., Linarto, L., & Cuesdeyeni, P. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 45-55. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852.
Wicaksono, A. (2016). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia: Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA. Garudhawaca.
Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. (2018). Filsafat logika dan ontologi ilmu komputer. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(2), 68-75. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/39.
Ziraluo, Y. P. B. (2021). Metode perbanyakan tanaman ubi jalar ungu (Ipomea batatas poiret) dengan teknik kultur jaringan atau stek planlet. Jurnal inovasi penelitian, 2(3), 1037-1046. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.819.

Full Text:

PDF

References


Adnan. F. 2021. Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya Himpunan Esai. Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.

Ahmad I. Y. (2008). Bahasa Indonesia tataran unggul untuk SMK dan MAK kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Ahmad, K., Ginting, S. U. B., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7-19. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257.

Alfianie, A., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Nurfitria, I. (2022). Ekranisasi Unsur Intrinsik Novel Antares Karya Rweinda ke Dalam Film Antares yang Disutradarai oleh Rizal Mantovani. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 1 (1), 165-178).https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.152.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Arifin, Z., Santosa, S., & Soeleman, M. A. (2017). Klasterisasi Genre Cerpen Kompas Menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering-Single Linkage. Jurnal Cyberku, 13(2), 2-2. http://research.pps.dinus.ac.id.

Aviani, N. S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Surtini, A., & Novianti, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Cerita Pendek Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 8641-8651. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3873.

Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.

Camelia. M & fatin. I. 2015. Big Book Bahasa Indonesia SMP Kelas 1,2,3. Cmedia Imprint kawan Pustaka.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda - Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Christin. M , Obadyah. A. B ,dan Ali. D. S. F. 2021. Transmedia Storytelling. Indonesia : Syiah Kuala University Press.

Cindy, F. C. A., Gizka, A. F., Zerlinda, N., Putri, N. S. M., Giyanti, M. E. P., & Arum, D. P. (2024). Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Politik: Variasi Gaya Bahasa Calon Presiden Dalam Debat Pertama Pilpres 2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5702-5720. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9989.

Damariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusas

traan. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Dzuhrisa, M., Aulia, N., & Widara, A. (2024). Mengurai Implikatur Edukatif dalam Drama Kapai-Kapai: Perspektif Pragmatik Naskah. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(3), 11-16.https://edp.web.id/index.php/edp/article/view/71.

Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah , 11 (74). https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.81.

Giawa, M. I. P., Duha, A., & Dakhi, S. (2022). Analisis Perwatakan Tokoh Dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-33. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.424.

Gowasa,H. S. Y. (2024). Amanat yang terkandung dalam novel “catatan hati seorang ayah” karya Rembulan Ratri. FAGURU: Jurnall Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 236-247. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i1.1241.

Hakim, M., Yuniati, I., & Maharani, H. (2021). Amanat dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 79-85. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2405.

Handayani, R., Atmazaki, A., & Noveria, E. (2016). Pengaruh teknik pemodelan terhadap menulis cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 5 (2), 306-312. https://doi.org/10.24036/9995-019883.

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Jayanti, K., Dharma, B., & Apriani, A. (2021). Analisis unsur intrinsik naskah drama pinangan karya Anton Checkov Saduran Suyatna Anirun. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 92-98. https://doi.org/10.35568/magelaran.v4i1.1413.

Kasmi, H. (2015). Latar Sosiokultural Keacehan dalam Novel Teuntra Atom Karya Tayeb Loh Angen. Jurnal Metamorfosa,3(2), 75-84.https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/135.

Kemal, I. (2014). Analisis Tokoh dan Penokohan Dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Metamorfosa, 2(2), 61-74..http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14831.

Kerti I. W. 2020. Mengenali Dan Menuliskan Ide Menjadi Cerpen. Surya Dewata.

Khaerunnisa, 2023.Menyelami Dunia Sastra Anak. Indonesia : Penerbit K-Media.

Kirani, A. (2022). Kode aksian dalam pendekatan semiotik pada cerpen" sabuk ajaib" karya asrori. Journal Educational of Indonesia Language, 3(01), 9-15. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i01.638.

Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana Sankṣépa: Konsep Penciptaan dan Struktur Alam Semesta Menurut Lontar Bhuwana Sangkṣépa. Nilacakra.

Linawati, A., Fitonis, T. V., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Kalimat Berdasarkan Tata Bahasa Struktural dalam Cerita Pendek Berjudul Robohnya Surau Kami karya AA Navis: Sentence Analysis Based on Structural Grammar in a Short Story entitled The Collapse of Our Surau by AA Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138-152.https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119

Linawati, E. (2016). Discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek di kelas 7 SMPN I Luragung. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 1-11. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/jeill/article/view/699.

Lubis, F. W. (2020). Analisis Androgini pada Novel †œAMELIA†KARYA TERE-LIYE. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6.https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256.

Mamonto, FM, Lensun, SF, & Aror, SC (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: Jurnal Internasional Penelitian Masalah Sosial Budaya , 1 (3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296

Meliuna, T., Surastina, S., & Wicaksono, A. (2022). Kajian Unsur Intrinsik dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia (Suatu Tinjauan Struktural Semiotik). Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-14. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/364.

Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.126.

Noor, Z. Z. (2015). Metologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV Budi Utama.

Noprina. W · 2023. Mudah Menulis Cerita Pendek. Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Nora, Y. E. (2018). Warna Lokal dalam Cerpen Sebambangan Karya

Budi P. Hatees dan Rancangan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32596.

Pardosi, G. W., & Yuhdi, A. (2023, July). Analisis konflik sosial dalam cerpen “cinta lelaki biasa (Asma Nadia-True Story)”. In Prosiding seminar nasional pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya 2 (1), 286-295. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.300.

Prastowo, A. 2017. Menyusun rencana pembelajaran (rpp) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Purwanto, R., Retnowati, E., Sofyan, F., Dewi, N. K., Yestina, R., Daniati, I. (2018). Top one bedah kisi-kisi terlengkap UN-USBN SMP/MTS 2019. Jakarta: Bintang Wahyu.

Rahmawati, L. E. & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (n.p.): Muhammadiyah University Press.

Ramadhani, S. R. (2018). Tokoh Pendukung Sebagai Tanda Penguat Pesan Pada Film Talak 3 (Doctoral dissertation, Falkutas Seni Rupa dan Desain) http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2791.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rimawan, I., Purba, A. W., dan Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen: bahan ajar tingkat SMA pelajar Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Riska, AR (2020). Analisis Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere-Liye. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 3 (3),515-522.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4936.

Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. https://doi.org/10.29210/3003987000.

Rosidah, C. T., Azmy, B., & Hanindita, A. W. (2022). Pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Rosidi. A. 2018. Kamus Istilah Sastra Indonesia. PT Dunia Pustaka Jaya.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Sahara, S. (2014). Interferensi bahasa betawi dalam cerpen mahasiswa Jurusan PBSI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 109-130. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/download/1419/1222.

Setyaningrum, R. A., Dewi, R. P. (2022). Menulis kreatif konteks Bahasa Indonesia. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Setyaningsih, Y. (2021). Menulis Cerita Pendek dengan Model Pembelajaran “CANTIK” Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(3), 529-534. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1945.

Suherli, M. S., & Aji Septiaji, I. (2017). Bahasa Indonesia Kelas X. erika books media publishing.

Syamsiyah, N., & Rosita, F. Y. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi “Dear You” Karya Moammar Emka. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 1-13.https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.27.

Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai alternatif bahan ajar. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70-81. https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18

Tartila, R., Anggraini, N., & Faizah, P. N. (2023). Intrinsic Elements and Moral Values in The Anthology of Aim Short Stories by Kholifatul Fauziah. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 48-62. https://doi.org/10.21009/AKSIS.070105.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.

Waridah, E. Rukmono, T. & Permana, R. N. (2011). Buku Pintar UN SD 2012. (n.p.): Cmedia.

Warnita, S., Linarto, L., & Cuesdeyeni, P. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 45-55. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852.

Wicaksono, A. (2016). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia: Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA. Garudhawaca.

Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. (2018). Filsafat logika dan ontologi ilmu komputer. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(2), 68-75.

http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/39.

Ziraluo, Y. P. B. (2021). Metode perbanyakan tanaman ubi jalar ungu (Ipomea batatas poiret) dengan teknik kultur jaringan atau stek planlet. Jurnal inovasi penelitian, 2(3), 1037-1046. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.819.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.