Pemanfaatan Media Digital terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara

Rista Veronika Nainggolan, Rehan Falentino Sitohang, Paulina Pesta Ronauli

Abstract


abstrak—Penelitian ini ingin menjelajahi media digital apa saja yang dapat dimanfaatkan saat pembelajaran bahasa Indonesia khusus dalam keterampilan berbicara. Dalam penelitian diperoleh begitu banyak media digital yang dapat dimanfaatkan seperti cartoon story maker, Youtube, audiovisual, podcast, serta audiovisual berupa video. melalui pendekatan deskriptif kualitatif, media digital seperti cartoon story maker dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. dengan membuat cerita kartun yang interaktif, siswa dapat lebih mudah berkomunikasi dengan teman-teman dan guru, Youtube dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara dengan menyajikan berbagai video yang menampilkan cara berbicara yang efektif, audiovisual guru dapat merekam suara siswa yang sedang mengulang informasi yang disampaikan, kemudian memutar kembali agar siswa dapat mendengar lalu mengoreksi bagian yang salah. Potcash berisi beragam topik dan pembicaraan dalam berbagai bentuk seperti percakapan, debat ataupu diskusi, talkshow, ceramah dll. Sehingga dengan adanya media podcash dalam pembelajaran keterampilan berbicara sangat membantu siswa, audiovisual berupa video yang memberikan tontonan berpidato yang baik sehingga siswa semakin senang dalam belajar. Alhasil adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam berpidato yaitu kemampuan kebahasaan yang terdiri dari aspek ketepatan ucapan, intonasi, pilihan kata. Kesimpulannya media digital tersebut dapat menjadi alat yang efektif dan inovatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kata kunci— Keterampilan berbicara, media digital


abstract—This research aims to explore what digital media can be used when learning Indonesian specifically in speaking skills. In the research, it was found that there are many digital media that can be used, such as cartoon story makers, YouTube, audiovisuals, podcasts, and audiovisuals in the form of videos. through a qualitative descriptive approach, digital media such as cartoon story makers can help students improve their communication skills. by creating interactive cartoon stories, students can communicate more easily with friends and teachers, YouTube can help students improve their speaking skills by presenting various videos that show effective ways of speaking, audiovisual teachers can record students' voices repeating the information conveyed, then play it back so students can hear and then correct the wrong part. Podcasts contain various topics or
talks in various forms such as conversations, debates or discussions, talk shows, lectures etc. So the existence of podcast media in learning speaking skills really helps students,
audiovisuals in the form of videos provide good speech viewing so that students enjoy learning more. As a result, there is an increase in students' speaking skills in ma
king speeches, namely linguistic abilities which consist of aspects of speech accuracy, intonation, word choice. In conclusion, digital media can be an effective and innovative tool in the learning process to improve students' speaking skills.
Keywords— Speaking skills, digital media

Keywords


Speaking skills, digital media

Full Text:

PDF

References


Ismi,I., Razak, K.N., & Andhira,A.D. Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran student fasilitator and explaining siswa kelas III sd n 39 patongko kecamatan telullimpoe kabupaten sinjai. Jurnal bahasa dan sastra dalam pendidikan linguistik dan pengembangan, 2(1), 193-201. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.929Received.

Rosyada, D. (2023). Peningkatan kemampuan berpidato siswa kelas vl sd dengan model pjbl (project based learning) berbantuan media audiovisual. Jurnal ilmiah kependidikan, 6(2), 83-93. https://doi.org/10.24176/jino.v6i2.7762

Sakmal, J., Riani, N.D., Mutiaraningrum,D., & Fatimah, A. (2014). Penggunaan media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 28(1), 33-47. https://dx.doi.org/10.21009/PIP.281.5

Sandi, A.B., Yuhana, Y., & Andriana, E. (2023). Pengembangan media audiovisual melalui aplikasi cartoon story maker untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas v sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar perkhasa, 9(1), 48-64.https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/2058/1486.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriani,A., Chandra., Sukma, E., Habibi. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 800-807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832.

Widyantara, IMS., Rasna, IW. (2020). Penggunaan media youtube sebelum dan saat pandemi covid-19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa indonesia, 9(2), 113-122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.