Mengenal Himpunan Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar

Dwi Amelia Ningrum, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Himpunan bilangan penting dikenal oleh siswa sekolah dasar sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki keterampilan dan meningkatkan kapabilitas matematika pada tingkat dasar melalui pengenalan himpunan bilangan. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan SLR (Systematic Literature Review). Data yang saya gunakan berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik simak, catat, dan libat. validasi pada penelitian kali ini mengunakan teknik triangulasi untuk menyatukan dan mengkombinasi informasi dari beberapa sumber. Himpunan bilangan dalam matematika sekolah dasar mencakup beberapa konsep. 1) himpunan, melibatkan pengetahuan tentang enumerasi, simbol, notasi, diagram Venn, dan kardinalitas. 2) jenis himpunan bilangan, seperti bilangan prima, ganjil, genap, asli, bulat, cacah, nol, komposit, dan pecahan. 3) operasi himpunan bilangan, seperti gabungan (union), irisan (intersection), dan keselisihan (difference).4) notasi yang digunakan himpunan bilangan ialah notasi set, simbol gabungan, simbol irisan, simbol subset, notasi kosong, dan notasi universal. 5) pola khusus himpunan bilangan, seperti deret aritmatika, deret geometri, bilangan Fibonacci, dan pola aritmatika dalam diagram Venn. Simpulan penelitian untuk pemahaman yang komprehensif agar siswa dapat mengembangkan pemahaman tentang himpunan bilangan.
Kata kunci—Matematika, Himpunan, Bilangan, dan Sekolah Dasar

Abstract— The set of important numbers is recognized by elementary school students from an early age. The aim of this research is to enhance mathematical skills and capabilities at the elementary level through the introduction of number sets. The research method employed in this study is the Systematic Literature Review (SLR) approach. Secondary data from nationally published books and journals were utilized for analysis. Data collection techniques included observation, note-taking, and engagement. Validation in this research utilized triangulation techniques to integrate and combine information from multiple sources. Number sets in elementary mathematics encompass several concepts: 1) sets, involving knowledge of enumeration, symbols, notation, Venn diagrams, and cardinality; 2) types of number sets, such as prime, odd, even, natural, whole, countable, zero, composite, and fractions; 3) operations on number sets, such as union, intersection, and difference; 4) notation used in number sets, including set notation, union symbol, intersection symbol, subset symbol, empty set notation, and universal notation; and 5) special patterns of number sets, such as arithmetic series, geometric series, Fibonacci numbers, and arithmetic patterns within Venn diagrams. The conclusion of the research emphasizes the need for comprehensive understanding to enable students to develop a strong understanding of number sets.
Keywords—Mathematics, Sets, Numbers, Elementary School

Keywords


Mathematics, Sets, Numbers, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Ansasmito, A., Suterimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel guru aini karya andrea hirata dan relevansinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE.

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis adobe flash profesional pada materi sifat-sifat bangun ruang. Jurnal pendidikan matematika (Kudus), 3(1), 83-98. http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940.

Astuti, A., Ginting, S. B., Suryani, D. R., & Sinaga, S. B. (2023). Kemampuan Matematis Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah RME Materi Jenis Bilangan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 408-414. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2870.

Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503.

Darwanto, D., Dinata, K. B., & Junaidi, J. (2020). Teori Himpunan. Lampung Utara: Unversitas muhammadiyah kotabumi.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110.

Febriana, R., & Khairiani, D. (2024). Peran Filsafat Dalam Perkembangan Konsep Bilangan Matematika. Sepren, 5(02), 86-95. https://doi.org/10.36655/sepren.v5i02.1362.

Istiqomah, D. N. (2015). Learning obstacles terkait kemampuan problem solving pada konsep fungsi matematika SMP. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (pp.407-412). http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-59.pdf

Janan, T., Sitaresmi, P. D. W., & Nuryami, N. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori himpunan pada mata kuliah himpunan an logika. JPMI (jurnal pembelajaran matematika inovatif), 5(2), 495-504. www.journal.ikipsiliwangi.ac.id.

Kamsinah, K. (2022). Problematika dan Solusi Pembelajaran Matematika pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3214-3231. Problematika dan Solusi Pembelajaran Matematika pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah | ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin (journal-nusantara.com).

Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2). article.php (kemdikbud.go.id).

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292.

Millah, F., Sari, N., & Hanifa, N. (2024). Himpunan matematika dalam surat al-kahf. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(1), 116-126. https://jipkm.com/index.php/islamologi/article/view/32.

Novelza, I. D., & Handican, R. (2023). Systematic literature review: apakah media pembelajarn mampu mempengaruhi hasil belajar matematika?. Griya journal of mathematics education and application. 3(1), 11-22. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.269.

Nurfadhillah, S., dkk., (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus ar-rahmaniyah. EDSI, 3(2), 289-298. 1353-Article Text-3133-1-10-20210722.pdf.

Nurmal, M. J., Hasbi, M., & Karniman, T. S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(1), 61-73. 14217-44553-1-PB.pdf.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2021). Konsep Himpunan dengan FUN (Flexible, Unique, New) Puzzle. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing). Konsep Himpunan dengan FUN (Flexible, Unique, New) Puzzle - Google Books.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Purwaningrum, J. P., & Bintoro, H. S. (2019, May). Miskonsepsi matematika materi bilangan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi 1(1), 173-180. MISKONSEPSI MATEMATIKA MATERI BILANGAN PADA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR | Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (unnes.ac.id).

Putri, N. I., dkk. (2021). Keamanan bais data berdasarkan teori himpunan. Infotronik:jurnal teknologi informasi dan elektronika, 6(2), 56-60. https://doi.org/10.32897/infotronik.2021.6.2.695

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 1(2), 473-479. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.94.

Riyana, M., Parkhurst, H., Rahmah, H., Purnama, P. M., Sulistyono, E., Dewadi, F. M., Muhtar, & Djamilah, S. (2022). Pengantar matematika. Jakarta: PT. Scifintech Andrew Wijaya.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan pembelajaran (pendidikan dasar). CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 9(02), 193-210. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.106.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre alea jacta pedagogie. KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RESILIENSI MATEMATIKA DENGAN VBA MICROSOFT E... - Google Books.

Rustini, R. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi himpinan. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16-25. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.497.

Sa’ud, U. S., & Sumantri, M. (2007). Pendidikan dasar dan menengah. Dalam Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian, 4,1-27. file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/195306121981031-UDIN_SYAEFUDIN_SA'UD/Pendidikan_Dasar_(udin_sa'ud).pdf.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49.

Salasa, A. R., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan google site sebagai media pembelajaran matematika berbasis web. In seminar nasional daring sinergi, 1(1), 1402-1410. Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web | Salasa | Seminar Nasional Daring Sinergi (ikippgribojonegoro.ac.id).

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Simangunsong, A. R., Panggabean, E. M., & Irvan, I. (2023). Konektivitas belajar himpunan matematika dengan aljabar abstrak. Jurnal penelitian, pendidikan, dan pengajaran: JPPP, 4(2), 85-90. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.14892.

Suciati, I. (2021). Metode Permainan “Ular Tangga Matematika” pada Materi Bilangan Pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 33-44. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.63.

Sukarani, N. M. (2022). Sejarah Aritmatika: Manfaat Pembelajaran Sejarah Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 2(1), 1-8. SEJARAH ARITMATIKA: MANFAAT PEMBELAJARAN SEJARAH MATEMATIKA | Jurnal Dunia Ilmu.

Sumain, S. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika materi himpunan bilangan dengan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) pada siswa kelas ix. b SMPN 2 Pujut tahun pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(2), 158-167. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i2.731.

Widodo, S. A. (2015). Keefektivan team accelerated instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4388.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420-3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.