Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Ande Ande Lumut Mahasiswa Semester 2

Rani Ayuni Fi'ana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Membaca merupakan keterampilan yang terbuka terhadap ide-ide baru yang melibatkan pemikiran. Penelitian ini dilangsungkan untuk mengetahui kemampuan keterampilan membaca dongeng mahasiswa semester dua IKIP PGRI Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang didapatkan melalui cara melakukan tes membaca dongeng berjudul Ande Ande Lumut dan wawancara tidak terstruktur, analisis pada data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, validasi data melalui teknik triangulasi. Aspek-aspek penilaian yang digunakan untuk menganalisis yaitu: 1) pemahaman, 2) pelafalan, 3) ketepatan. Simpulan penelitian ini terdapat tiga aspek penilaian yang digunakan dalam analisis keterampilan membaca dongeng mahasiswa semester 2.
Kata kunci—Membaca, Dongeng, Mahasiswa

Abstract—Reading is a skill that is open to new ideas that involve thinking. This study was conducted to determine the ability of fairy tale reading skills of second semester students of IKIP PGRI Bojonegoro. The method in this study is qualitative research, the data obtained through a test reading fairy tales titled ande ande moss and unstructured interviews, the analysis of the data used consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, data validation through triangulation techniques. The assessment aspects used to analyze are: 1) understanding, 2) pronunciation, 3) accuracy. The conclusion of this study is that there are three aspects of assessment used in the analysis of fairy tale reading skills of 2nd semester students.
Keywords—Reading, Fairy Tales, Student

Keywords


Reading, Fairy Tales, Student

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2017). Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.

Amalia, F. N. & Nadya N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659.

Azizah, A., Nurkamto, J., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2017). Pembelajaran Apresiasi Dongeng sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. In Proceedings Education and Language International Conference, 1(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/issue/view/184

Christin, M., Obadyah, A. B., & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia storytelling. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Fitriani, W. (2019). Dongeng dapat membentuk karakter anak menuju Budi pekerti yang luhur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(1), 178-183. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.270

Gafur, H. (2015). Rasibook. Bandung: Mahasiswa & Dunia Kampus.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21-29. http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21-29. http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa sebagai Agent Of Change melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036

Halisah, N., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2021). Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku pada Muatan IPS SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 131-140. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5571

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hasim, E., & Lamusu, I. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan menulis Kalimat Sederhana melalui Model Snowball Throwing di kelas 2 SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. JAMBURA Elementary Education Journal, 2(1), 140-151. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jeej/article/view/707

Indriawati, S. (2023). Pengaruh metode mind mapping dalam pembelajaran membaca pemahaman teks dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(3), 214-220. https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.62556

Jatiyasa, I. W., & Nilayani, S. A. P. (2022). Penerapan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Gugus II Abang Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 13(3), 243-256. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i3.502.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2491

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis di SMK PGRI 3 Bogoro. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909.

Lathifah, F., Syihabuddin, S., & Al Farisi, M. Z. (2017). Analisis kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 174-184. https://doi.org/10.15408/a.v4i2.6273

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2020). Dongeng Antikorupsi Sebagai Bahan Literasi Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 573-587. https://doi.org/10.5281/zenodo.4299134

Napratilora, M., & Nurhaqia, S. (2023). Mendongeng Melalui Jenis-Jenis Dongeng Untuk Anak Usia Dini. Edukasi, 11(2), 121-134. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2657.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Nurjanah, S., & Nugraheni, A. S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Isi Pesan Dongeng Melalui Strategi Know Want To Know Learned (KWL) pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 812-818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1977

Nurmalasari (2016) Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Dengan Teknik Bola Panas. Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 19(2). http://dx.doi.org/10.31941/jurnalpena.v19i2.19

Parapat, L. H. dan Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440

Pardede, P. F. (2022). Pendidikan Akhlak di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Madina Publisher.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Priyaji, A. F. (2015) metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng di MI Maarif NU Bajong Kecamatan Purbalingga. Jurnal Penelitian Agama, 16(1), 82-92. https://doi.org/10.24090/jpa.v16i1.2015.pp82-92

Pulukadang, W. T. (2021). Buku ajar pembelajaran terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68-77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Santika, W., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Si Kancil Dan Buaya Kelas IV Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 7-11. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690

Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap keterampilan membaca nyaring pada peserta didik sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3020-3034. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8163

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547.

https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Setyawati, C. K. (2011). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02).https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513

Soetantyo, S. P. (2013). Peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44-51. https://doi.org/10.33830/jp.v14i1.355.2013

Subur, S., Mufliha, M., Kurniawan, H., & Ali, M. (2022). Pengembangan Pemahaman Nilai Sosial Anak Usia Dini melalui Membaca Nyaring Buku Dongeng Toki si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 81-89. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13914

Sugiarto, E. (2015). Mengenal sastra lama Jenis, Definisi, Ciri, Sejarah, dan Contoh. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia

Suryani, A. I., Melindawati, S., & Hendriani, M. (2020). Analisis validitas intrumen penerapan strategi PACER terhadap keterampilan membaca skimming mahasiswa PGSD STKIP Adzkia. Jurnal DIDIKA: wahana ilmiah pendidikan dasar, 6(2), 146-154. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2695.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211.https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.