Menemukan Seni Keindahan dibalik Angka Matematika

Delvia Afa Selani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Seni adalah ilmu pengetahuan pararel dan Matematika merupakan suatu kebutuhan yang dapat menunjang banyak aspek kehidupan dan akan terus digunakan sepanjang zaman Artikel ini menunjukkan bahwa matematika adalah alat untuk analisis ilmiah dan ekspresi artistik dengan menggunakan contoh geometri, fraktal, dan pola alam. Studi ini menyelidiki sejumlah karya seni yang terinspirasi oleh angka dan rumus matematika, dan juga membahas bagaimana pola, simetri, dan proporsi berfungsi dalam pembuatan karya seni yang menawan. Hasil ini menunjukkan bahwa, meskipun seni dan matematika sering dianggap sebagai bidang yang berbeda, mereka sebenarnya saling melengkapi dan mampu menghasilkan keindahan yang menakjubkan ketika bekerja sama.

abstract— Art is a parallel science and Mathematics is a necessity that can support many aspects of life and will continue to be used throughout the ages. This article shows that mathematics is a tool for scientific analysis and artistic expression using examples of geometry, fractals and natural patterns. This study investigates a number of works of art inspired by numbers and mathematical formulas, and also discusses how patterns, symmetry and proportion function in the creation of captivating works of art. These results show that, although art and mathematics are often thought of as different fields, they are actually complementary and capable of producing stunning beauty when working together.

Keywords


Art, Beauty, Mathematics

Full Text:

PDF

References


Amir, Z. (2015). Mengungkap seni bermatematika dalam pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-78. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364.

Anggara, P. H., & Assagaf, J. F. (2024). Konsep Keindahan Seni Islam Menurut Filsafat Estetika: Analisis Filosofi Pemikiran Tokoh-Tokoh Islam. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 284-289. https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2990.

Ardipal, A. (2012). Peran seni dalam pengajaran. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 9(2). (85-92). https://doi.org/10.24036/komposisi.v9i2.91.

Djehaut, S. H. (2011). Pengantar Seni Drama di SD. Yogyakarta: Absolute Media.

Indiana, J. (2019). Keanekaragaman Pengertian Yang Meliputi Ilmu Dan Seni. Tamumatra: Jurnal Seni Pertunjukan, 2(1). 1-10. https://doi.org/10.29408/tmmt.v2i1.1519.

Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11. https://dx.doi.org/10.33372/stn.v3i1.347.

Rahmawati, S. T., Wijayama, B., Rahmayanti, N., & Utami, C. P. C. (2023). Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Era Digital. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Restian, A., Kuncahyono, dan Amelia, D. J. (2019). Pembelajaran Seni Budaya SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912).

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77-89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888.

Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNISRI Press.

Sulastianto, H., dkk. (2007). Seni Budaya. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Surajiyo, S. (2015). Keindahan Seni Dalam Perspektif Filsafat. Jurnal Desain, 2(03), 157-168. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v2i03.581.

Yulianita, N. (2004). Etika dan Estetika Promosi pada Aktivitas ‘PR'Perguruan Tinggi Swasta. Bandung Islamic University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.