Menumbuhkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Melalui Metode Permainan

Dwi Ratna Pramesti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Media pembelajaran adalah bagian penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permainan yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, pada siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan teknik Systematic Literature Review (SLR) dengan cara mencari, mengkaji, menganalisis, dan mengevaluasi penelitian yang berkaitan dengan topik penelitian.
Kata kunci— Media Pembelajaran Matematika, Siswa TK dan SD, Metode Permainan

abstract— Learning media is an important part of education. This research aims to identify games that can increase students' mathematics learning motivation in kindergarten and elementary school students. This research collects data using the Systematic Literature Review (SLR) technique by searching, reviewing, analyzing and evaluating research related to the research topic.
Keywords— Mathematics Learning Media, Kindergarten Students and Elementary School Students, Game Methods

Keywords


Mathematics Learning Media, Kindergarten Students and Elementary School Students, Game Methods

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1). 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.

Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1). 87-101. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.952.

Astuti, A. (2012). Peran Lemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. FORMATIF (Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA), 2(2). 102-110. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1). 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2). 120–128. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19.

Febrianasari, A., Ghaida Shalekha, N., & Hisnan Hajron, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD dengan Menggunakan Metode Permainan pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). 240-247. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/310.

Habibi, R., & Manurung, A., G., R. (2023). SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology. Journal of Applied Computer Science and Technology, 4(2). 100-107. https://doi.org/10.52158/jacost.v4i2.511.

Hestiningrum, C. S. (2022). Panduan untuk TK Kolase dalam Motivasi Belajar. Semarang: Chya Ghani Recovery.

Hidriana, Santoso, G., & Ahmad Suyudi. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika dengan Metode Permainan melalui Penerapan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4). 265–269. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.682.

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal AUDHI, 3(1). 19-30. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589.

Irawan, A. (2018). Penggunaan Ethnomatematika Engklek dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation, 1(1). 46-51. https://doi.org/10.54314/jmn.v1i1.7.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antarasari Press.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74.

Marcheta, N., & Kareem, R. (2023). Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Journal on Education, 6(1). 222-229. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2935.

Nataliya, P. (2016). Efektivitas penggunaan Media Pembelajaraan Permainan Tradisional Congklak untuk meningkatkan kemampuan Berhitung pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal miskayat, 3(1). 171-187. https://2018//doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223.

Panggayudi, D. S. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). 255-266. Retrieved from http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3457.

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak usia Dini. Gresik: Caremedia Communication

Siagan, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1). 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Siregar, D., & Ananda, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1924-1935. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2340.

Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1). 84-93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039.

Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2). 17-22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al – arabian, 7(1). 31-43. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375.

Umar, U. (2017). Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1). 131-144. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/364.

Wahid, A. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra, 3(2). 1-11. Retrieved from https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461.

Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). 18–23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316.

Wuryandani, W. & dkk. (2014). Pendidikan Karakter disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). 286-295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.