Cara Meningkatkan Pemahaman Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Benda Konkret pada Siswa Sekolah Dasar

Auliya Munifatutzaroh, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Bangun datar merupakan bangun geometri yang memiliki panjang dan lebar. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajar, menarik minat, dan akan lebih mudah dipahami siswa. Systematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian untuk mengevaluasi, menilai, mengidentifikasi dan menafsirkan penelitian untuk pengumpulan data. Data yang digunakan terdiri dari kata, frasa, dan kalimat yang diperoleh dari artikel, jurnal, dan buku nasional. Penelitian ini menggunakan Teknik Simak, catat, dan libat. Teknik triangulasi untuk pemeriksaan validasi data dalam penelitian. Hasil penitian ini menunjukan cara meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar menggunakan benda konkret pada bangun datar.
Kata kunci— Bangun Datar, Benda Konkret, Sekolah Dasar

abstract— A flat figure is a geometric shape that has a length and width. The purpose of this research is to improve learning understanding, attract interest, and will be easier for students to understand. Systematic Literature Review (SLR) is used in research to evaluate, assess, identify and interpret research for data collection. The data used consisted of words, phrases, and sentences obtained from articles, journals, and national books. This research uses the Listening, Note, and Engagement Techniques. Triangulation technique for data validation examination in research. The results of this research show how to improve the learning of elementary school students using concrete objects on flat buildings.
Keywords— Flat Building, Concrete Object, Elementary School

Keywords


Flat Building, Concrete Object, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media M anipulatif. Jurnal uinsyahada, 6(1), 72-89. 10.24952/paedagogik.v6i01.166.

Amien, M., Ristanti, W., Kusumawati, R,D., & Tim Presiden Eduka. (2020). SMART OPLUS+ Inti Materi Bank Soal Pembahasan Pegangan Belajar Siswa 4-5-6 SD/MI. Surakarta: Genta Smart.

Amelia, D. J. (2019). Media Pembelajaran SD Berorientasi Multiple Intellegences. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Agustin, N.& dkk (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter siswa. Yokyakarta: UAD Press. 1

Ardianti, Y. & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.

Astuti, S. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Penggunaan Metode Benda Konkret Pada Siswa Kelas IB SEMESTER II SD NEGERI BANDUNGREJO 1 2013/2014. Jurnal penelitian dalam bidang Pendidikan dan pengajaran, 8(2), 1-16. https://doi.org/10.26877/mpp.v8i2%20Desember.881.

Evilina, D. (2019). Asyiknya belajar bangun datar dan bangun ruang. Semarang: ALPRIN.

Hadila, R., Sukirwan, S., & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-63. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2172.

Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Bandung: Penerbit Duta.

Hadiyati, N. & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 1(1), 24-31. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513.

Handayani, P. (2021). Cara Asyik Belajar Bangun Datar di SD. Bogor: Guepedia.

Hikam, N. I. E. dkk (2021). 30 Karya Esai Matematika Dalam Kehidupan. Bogor: Guepedia.

Husni, R., Suryawan, A.,& Rahmawati, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Universitas Muhammadiyah Magelang, 2(1), 10-22. https://doi.org/10.31603/bedr.6822.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Kurniawati, I., Purwati, P., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Universitas Muhammadiyah Magelang, 1(1), 30-41. https://doi.org/10.31603/bedr.4792.

Kuswidi, I. (2018). Taktik Tokcer Kuasai Matematika SD/MI Kelas V. Yogyakarta: Laksana

Khotimah, D.N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 28-31. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928.

Lami, M. V. M., Akbari, U. M. & Layar, U. N. N. (2023). Media Miniatur Rumah Adat Ende Berbasis Kearifan Lokal Motif NTT (Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika pada tingkat Sekolah Dasar). Indramayu: penerebit adab.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio, 8(3), 893-898.https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433.

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196-205. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205.

Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 10-17. 10.21831/jpji.v8i1.3478.

Saputro, K. C., Sari, c. k., & Winarsi, SW. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735-1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992.

Saputro, K. H., Prasasti, P. A. T., & Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Padas Pada Pelajran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593-1611. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9679.

Sinthiya, I. A. P . A ., Sobri, M . R. (2015). Rancangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar SD NEGERI 01 CANDIRETNO. Jurnal Technology Acceptance Model, 4,19-25. 10.56327/jurnaltam.v4i0.33.

Suganda, V. A., Toybah, T., & Hawa, S. (2020).Buku Ajar Berbasis Hots Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Palembang: Bening Media Publishing.

Susilawati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada KD 3.6 Menjelaskan Dan Menemukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus Dan Balok) Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Di Kelas V SD Negeri 5 Madurejo Tahun Pelajaran 2017/2018". Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2),44-49. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1229.

Sepriadi, S. (2020). Model Permainan Bagi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Depok: Rajawali Pers.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486-7495.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.