Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2

Lisamatul Khoiriyah Gendok, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak- Membaca adalah aktivitas untuk mencari informasi melalui media tulisan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca puisi dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca puisi yang berjudul Kusangka Karya Amir Hamzah, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) Penguasaan isi dan pemahaman, 2) Irama dan nada, 3) Ekspresi dan gaya, 4) Artikulasi yang pas, 5) Suara yang jelas. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi itu bisa dinilai dengan lima aspek.
Kata kunci—keterampilan membaca, puisi, mahasiswa


abstract- Reading is an activity that a person does to get information. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading poetry. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read poetry with the data source comes from the results of the poetry reading test entitled Kusangka Karya Amir Hamzah, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is data analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation using source triangulation, namely interviews with the best students in reading poetry. The results of the discussion of reading poetry consist of several aspects, including: 1) Mastery of content and understanding, 2) Rhythm and tone, 3) Expression and style, 4) Proper articulation, 5) Clear voice. The conclusion of this research is that reading poetry can be assessed with five aspects.
Keywords— reading skills, poetry, university students

Keywords


reading skills, poetry, university students

Full Text:

PDF

References


Al Hinduan, N. (2020). Karakteristik dan Fungsi Puisi pada Masa Transisi dari Dinasti Umayyah ke Dinasti Abbasiyah. Journal of Language Education, 3(2), 153-169. https://doi.org/10.24090/tarling.v3i2.3555.

Amalia, F. N., & Nadya, N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2). http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area. Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.

Damayanti, E. M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023, January). Peran mahasiswa dalam menghadapi Pendidikan di era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi (Vol. 1, No. 1, pp. 113-120). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1500.

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452.

DRahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan bahan ajar membaca indah puisi untuk siswa SMP Kelas VII. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 47-56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043.

Fadilah, D. F., Zuriyati, Z., & Herlina, H. (2020). Resepsi Pembaca terhadap Unsur Pembangun Puisi Afrizal Malna dalam Antologi Puisi Berlin Proposal. Jurnal Deiksis, 12(02), 116-131. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.4686.

Fadliansyah, M. R., & Zakiyah, S. (2024). Penerapan Metode Skimming Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Dalam Hati pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 61-72. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.930.

Fahrurrozi., dan Wicaksono, A. (2017). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca.

Fathurohman, I. (2023). Evaluasi Penilaian Ekspresi Keterampilan Membaca Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 515-521. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.2993.

Fauji, V. A., Qutni, D., & Nawawi, M. (2020). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring (Al-Jahriyah) dan Membaca dalam Hati (Ash-Shamitah) Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2018/2019. Journal of Arabic Learning and Teaching, 9 (1), 74-79. https://doi.org/10.15294/la.v9i1.3931.

Ferawati, D., Karlina, E. M., & Effiyadi, E. (2022). Program Pelatihan Guru Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi dengan Model Amati, Tiru, Dan Modifikasi Menggunakan Media Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas X Dan Xi Sma Negeri 2 Teluk Keramat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77-88. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i2.1019.

Firmansyah, A. (2021). Analisis Struktur Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya KH. Ahmad Mustofa Bisri dan Pemanfaatannya untuk Bahan Ajar Menganalisis Unsur Pembangun Puisi di SMA Kelas X. Jurnal Tuturan, 10(1), 23-39. http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5229.

Fitri, R., & Yulisna, R. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Komposisi, 4(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.53712/jk.v4i1.584.

Gofur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: CV.Rasi Terbit.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Haris, M. A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo Novel Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 122-130). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1254.

Hariyanto, (2021). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Harun, M. (2018). Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Huda, K., & Wibowo, A. M. (2013). Interaksi Sosial Suku Samin dengan Masyarakat Sekitar (Studi di Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro Tahun 1990-2012). Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 3(01), 127-148. http://doi.org/10.25273/ajsp.v3i01.907.

Husna, T., Setiawan, D. S. A., & Tryandari, D. R. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Membaca Puisi dengan Strategi Paparan Gepeng pada Mata Kuliah Puisi Mahasiswa FKIP Jurusan PBS Prodi PBSI UMN Al Washliyah. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1, pp. 634-640). https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/610.

Idrus, E. (2022). 9 Jurus Sukses Mahasiswa Jadi Sarjana Sesungguhnya. Bogor: Guepedia.

Ismawati, A., Enawar, E., & Azhar, A. P. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143-3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2491.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Simbol Waktu dalam Puisi Tangan Waktu dan yang Fana adalah Waktu Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 57-68. https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2019.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching‏‏‎, 3(1), 52-62. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/8.

Maemunah, S., Maharani, W., Alviandi, M., Kurniawan, A., Erfandy, D., & Arianto, F. (2022). Pengenalan dan Persembahan Salah Satu Jenis Karya Sastra Puisi. Journal Of Human and Education (JAHE), 2(1), 40-42. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.41.

Maharani, A., Yusuf, N. N., Mulyati, Y., & Abidin, Y. (2023). Kajian Literatur Penilaian Guru terhadap Keterampilan Siswa dalam Membaca Puisi Tahun 2015—2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 309-330. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6685.

Muawiyah, D., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Pembangun Puisi yang Dibaca pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/155.

Mulyanti & Supriyadi. (2021). Indahnya Keragaman Negeriku. Surabaya: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Novianty, N. T. (2022). Kajian Struktural Pada Puisi “Kekasihku” Karya Joko Pinurbo. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 22-33. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.276.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Parapat, L. H., & Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php.

Pitaloka. A., & Sundari. A (). Seni Mengenai Puisi. Bogor: Guepedia.

Putri, I. (2015). Magic Kadabra Us/Mi 2016: Mengetahui Kisi-Kisi dalam Menghadapi Ujian Nasional 2016. Banten: Lembar Langit Indonesia.

Riyanti. A., Hersusini., Hidayati. N., Soulisa. I., Rosfiani. O., dkk (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rukmana, D. A., Nasrullah, D., Tsania, F. W., Wisnu, A. W., Fitriyani, R. C., dkk., (2022). Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Tingkat Dasar. Jawa Tengah: Pustaka Rumah Cinta.

Saputra, w. (2006). Kuliah itu Gampang. Cibubur: Visimedia.

Sasono, A. (2021). BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas VI. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent of Change dan Social Control”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.

Sihombing, E. T., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp.53-60). http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1241/.

Suherli., Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Balitbang: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Suparlan, S. (2021). Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12. 10.36088/fondatia.v5i1.1088.

Suprayetno, E & Rynaldy, A. (2022). Pendidikan Sanggar Sastra dan Bahasa. Sumatera Utara: Umsu Press.

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Bogor: In Media.

Syamsi, K., Sari, E. S., & Pujiono, S. (2013). Pengembangan model buku ajar membaca berdasarkan pendekatan proses bagi siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57114.

Tim Guru Eduka, (2015). Ulangan Harian SD/MI Kelas 1. Depok: Cmedia Imprint Kawan Pustaka.

Utami, A. M. S., Purwadi, A. J., & Arifin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pemodelan Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 141-146. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6516.

Wahyudi, A. (2021). Menggores Tinta Puisi. Jawa Barat: Guepedia.

Wati, L., & Sudarmaji, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-14. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i2.1028.

Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 529-546. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Kuliah Mengidentifikasi Jenis-Jenis Puisi Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3739.

Yahya, I. (2022). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.

Yuliantoro, A. (2024). Pengajaran Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zulkifli, M., Utari, N. (2022). Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik Kelas 4 SD. Jakarta Selatan: Wahyu Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.