Menumbuhkan Minat Belajar Matematika pada Anak dengan Pendekatan Kreatif

Dewi Ayu Lu’lu’atu Fu’at, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan hitungan dan angka. Minat belajar matematika pada anak sering dikatakan rendah karena anggapan bahwa mata pelajaran ini sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan kreatif dalam menumbuhkan minat belajar matematika pada anak. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dan melibatkan analisis dari sumber literatur untuk memahami dampak penerapan pendekatann kreatif seperti penggunaan alat peraga, model POE, metode Gasing dan permainan. Pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat serta validasi data dengan triagulasi data yang mana menunjukkan hasil bahwa pendekatan ini dapat menumbuhkan minat belajar pada anak. Selain itu, pendekatan kreatif juga membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan, memudahkan anak memahami materi, dan dapat mengembangkan ketrampilan berpikir kritis. Dengan demikian, pendekatan kreatif efektif dalam menumbuhkan minat anak untuk belajar matematika.
Kata kunci—Minat belajar, Matematika, Anak, Pendekatan kreatif.

abstract—Mathematics is a science related to calculations and numbers. Interest in learning mathematics in children is often said to be low because of the assumption that this subject is difficult and boring. This study aims to examine the effectiveness of a creative approach in fostering interest in learning mathematics in children. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, and involving analysis of literature sources to understand the impact of implementing a creative approach such as the use of teaching aids, POE models, Gasing methods and games. Data collection using the techniques of listening, recording, and engaging and data validation with data triangulation which shows the results that this approach can foster interest in learning in children. In addition, a creative approach also makes learning mathematics fun, makes it easier for children to understand the material, and can develop critical thinking skills. Thus, a creative approach is effective in fostering children's interest in learning mathematics.
Keywords—Desire to learn, Mathematics, Children, Creative approach.

Keywords


Desire to learn, Mathematics, Children, Creative approach.

Full Text:

PDF

References


Almagofi, F., Sya’diyah, H., Gultom, R., & Sukmawati, D. M. (2023). Media interaktif dalam pembelajaran IPS sd. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan kelembagaan peternakan sebuah eksistensi bukan hanya mimpi: Ulasan dengan metode systematic literature review (SLR). Jurnal Peternakan, 19(1), 9-21. https://dx.doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244.

Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan strategi pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di sekolah satuan pendidikan kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59-66. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604.

Anggraini, L. (2021). Pembelajaran kuantum dalam matematika. Bogor: Guepedia.

Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1-15. https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/356.

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran telaah perspektif pada era society 5.0. Makasar: CV Tohar Media.

Ardani, M. B., Simulyasih, N., Tyas, L. F., dan Wardani, N. A. (2013). Reka baru media pembelajaran PPKN. Semarang: Cahaya Ghani Recovery.

Armanto, D., Manurung, S. L., Susiana, S., dan Waluyo, S. (2024). Belajar literasi numerasi matematika untuk siswa SMP kelas 7. Medan: Umsu Press.

Arpandi, I. (2018). Strategi pembelajaran aktif abad 21 dan HOST. Yogyakarta: Samudra Biru.

Asep, A., Septiani, S., Novianti, W., Irfan, I., Astuty, H. S., Handayani, I., Prasetya, C., Maisarah, M., Saptadi, N. T. S., Ikram, F. Z., Malahati, F., Hayati, R., Hadikusumo, R. A., Rosalinda, R., Nurlely, L. Fauziah, N. K. (2023). Strategi pembelajaran. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Astari, T. (2023). Pengembangan LKS metematika realistik di sekolah dasar. Jawa Barat: CV Edupedia Publisher.

Astuti, I. Y., dan Harun, H. (2021). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.

Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan minat baca. Solo: PT Pustaka Adhikara Mediatama.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan bahasa dalam praktik berbicara pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88-97. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428.

Cahyanto, I. (2023). Pengembangan dan penerapan ICT dalam manajemen pendidikan. Bantul: K-Media.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyanto, B., Hanifah, D.P., Lubis, R., Wellyana, W., Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., Wardani, K. D. K. A., Parera, M. M. A. E., dan Rahmandani, F. Strategi belajar inovatif. Sukoharjo: CV Pradina Pustaka Grup.

Dalimunthe, H. A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada anak usia dini (6-10 tahun) komunitas kampung aur. Jurnal Social Library, 1(2), 49-53. https://doi.org/10.51849/sl.v1i2.34.

Dwirahayu, G., & Nursida, N. (2016). Mengembangkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan untuk siswa kelas 1 mi. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117-138. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/177 .

Fahmi, S. (2021). Multimedia pembelajaran matematika. Yogyakarta: UAD Press.

Firdawati, L. (2021). Efektivitas metode suggestopedia menggunakan musik klasik terhadap minat belajar bahasa Inggris siswa SMP Negeri 01 Lebong. Purwokerto: CV Tatakata Grafika.

Firdiyanti, Y., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi zenius sebagai sarana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI, 2(1), 175-185. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1216/pdf.

Gunawan, A., Sucipto, I., Karyono, K., & Gofar, I. A. (2023). Pendekatan kreatif mempelajari kepemimpinan digital pada UMKM di Bekasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1107–1114. https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.163.

Guslinda, G. dan Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Haryani, E. (2023). Model discovery proses kelompok berbantuan media dialog interaktif “mata najwa” untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Indriana, V., Aryad, N., dan Mulbar, U. (2015). Penerapan pendekatan pembelajaran poe (predictobserve-explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas xi IPA-1 SMAN 22 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 51-62. https://shorturl.at/2eP9f.

Isrok’atun, I., dan Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136.

Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh metode pembelajaran matematika Gasing terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 37-46. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330.

Laili, A. N., Esyuananik, E., dan Khasanah, U. (2022). Deteksi dini perkembangan anak berbasis masyarakat. Pekalongan: Penerbit NEM.

Lufri, L., Ardi, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., dan Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. Malang: CV IRDH.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (mms) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 28-43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43.

Maulana, M. (2017). Konsep dasar matematika dan pengembangan kemampuan berpikir kritis-kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di masa pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881.

Muliani, R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684.

Murdiyanto, T., dan Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. SARWAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 38-43. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07.

Nazmi, M. (2017). Penerapan media animasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA PGII 2 Bandung. Juernal Pendidikan Geografi, 17(1), 48-57. https://shorturl.asia/MrVRU.

Nurahayu, H. (2024). Memenuhi kebutuhan peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi. Bandung: Yayasan Saung Literasi Hati.

Nuriyana, A., dan Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan media blog untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI, 2(1), 306- 313. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1243/pdf.

Offirstson, T. (2014). Aktivitas pembelajaran matematika melalui inkuiri berbantuan software cinderella. Sleman: Deepublish.

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Sleman: Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama).

Permana, D., Ruswan, A., dan Agustina, M. (2017). Prosiding seminar nasional pendidikan jasmani 2017 implementasi model pembelajaran penjas dan modifikasi alat belajar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Pietono, Y. D. (2021). Anakku bisa brilliant sukses belajar menuju brilliant. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prahmana, R. C. I., & Suwasti, P. (2014). Local instruction theory on division in mathematics Gasing. Jurnal on Mathematics Education, 5(1), http://dx.doi.org/10.22342/jme.5.1.1445.17-26.

Prameswari, D. F. S., dan Hasanudin, C. (2023). Penggunaan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1577-1585. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1874/pdf_1.

Pramono, G. T., dan Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 979-985. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1779.

Pratama, R. A. (2022). Monograf game android “menalar” berbasis adobe animation cc. Jakarta Selatan: PT. Scifintech Andrew Wijaya.

Priyatna, A. (2013). Pahami gaya belajar anak! Memaksimalkan potensi anak dengan modifikasi gaya belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan fitur short pada Youtube sebagai penunjang pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1-9. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review: penggunaan Kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(2), 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127.

Radhiyani, F. (2024). Karakteristik Perkembangan Perkembangan Peserta Didik. Bantul: CV Ananta Vidya.

Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan peserta didik. Rawamangun: PT Bumi Aksara.

Ratri, D. P., Iswahyuni, I., dan Lailiyah, N. (2018). Mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini. Malang: UB Press.

Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran matematika di sekolah dasar. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Sawitri, E. R. (2023). Model discovery learning berbantuan komik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Siregar, R. N., Mujib, A., Hasratuddin, H., dan Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338.

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review (SLR): Metode, manfaat, dan tantangan learning analytics dengan metode data mining di dunia pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM (Informasi Komputer Akuntansi dan Management, 13 (1), 73-85. https://doi.org/10.53845/infokam.v13i1.123.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran predict observe explanation. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 167-176. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/a rticle/view/689/539.

Supriyanto, H. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68–82. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3376.

Suyanto, M. (2004). Analisis & desain aplikasi multimedia untuk pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tarumasely, Y. (2024). Buku ajar strategi pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Tias, T. (2021). Variasi permainan pembelajaran, metode, dan ice breaking. Bogor: Guepedia.

Toyyibah, I. (2017). Cara belajar gue bangeeeettt. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Tumanggor, M. (2021). Berfikir kritis: cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolingustik. Jurnal Pendidikan Tambusi, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/iptam.v6i2.4253.

Wardana, A., & Ardani, A. (2021). Pembelajaran model POE berbasis kontektual dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penerapan matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/697.

Widodo, W. (2021). Geometri fractal. Sleman: Gadjah Mada University Press.

Yulianto, H. (2024). Matematika bisnis 1. Sijunjung: Sagusatal Indonesia.

Zafri, Z., dan Hastuti, H. (2021). Metode penelitian Pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Zebua, T. G. (2021). Menggagas konsep minat belajar matematika. Bogor: Guepedia.

Zebua, T. G. (2021). Teori motivasi Abraham H. Maslow dan hubungannya dengan minat belajar matematika siswa. Bogor: Guepedia.

Zebua, T. G. (2023). Sekedar solusi prestasi belajar matematika Indonesia. Bogor: Guepedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.