Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Silvi Anggraeni, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Kreativitas adalah proses di mana seseorang menjadi peka terhadap berbagai masalah, kekurangan, kesenjangan pengetahuan, elemen yang salah, dan ketidakharmonisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan siswa mengenai konsep dasar logika matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pembelajaran ini memanfaatkan data yang terdiri dari kata-kata, frasa, dan kalimat yang berkaitan dengan topik pembahasan, yaitu pemahaman konsep dan perhitungan volume bangun ruang di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik simak, catat, dan libat. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai metode validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, beberapa strategi efektif yang dapat diterapkan adalah: 1) Pembelajaran Berbasis Masalah, 2) Diskusi dan Kolaborasi, 3) Penggunaan Alat Bantu Visual, 4) Proyek Matematika, 5) Brainstorming, 6) Pemberian Ruang untuk Kesalahan, 7) Mengaitkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari, dan 8) Mendorong Pemikiran Alternatif.
Kata kunci—kreativitas, pembelajaran, sekolah dasar


abstract—Creativity is a process in which a person becomes sensitive to various problems, shortcomings, knowledge gaps, faulty elements, and disharmony. The aim of this research is to develop students' knowledge regarding the basic concepts of mathematical logic. The method used in this research is Systematic Literature Review (SLR). This lesson utilizes data consisting of words, phrases and sentences related to the topic of discussion, namely understanding concepts and calculating the volume of geometric shapes in elementary schools. Data collection techniques used include listening, note-taking and involvement techniques. This research uses source triangulation as a data validation method. The research results show that to increase creativity in mathematics learning in elementary schools, several effective strategies that can be applied are: 1) Problem Based Learning, 2) Discussion and Collaboration, 3) Use of Visual Aids, 4) Mathematics Projects, 5) Brainstorming, 6) Providing Room for Errors, 7) Relating Mathematics to Everyday Life, and 8) Encouraging Alternative Thinking.
Keywords—creativity, learning, elementary school

Keywords


creativity, learning, elementary school

Full Text:

PDF

References


Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Asmawati, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran terpadu berbasis kecerdasan jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22

Bektiarso, S. (2015). Strategi pembelajaran. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Botty, M. (2018). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41-55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. https://eprints.unm.ac.id/20720/

Hawi, A. (2015). Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzuddin Palembang. Istinbath, 15(2), 71-87. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/istinbath/article/view/787

Hidayat, A. (2019, October). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Sebagai Manifestasi Tujuan Pembelajaran Matematika SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 698-705). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/100

Hikam, I. (2017). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di MTs Negeri 12 Jakarta (Bachelor's thesis). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35378

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. _Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144. https://doi.org/10.2317/jpis.v25i1.825

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Monika, M. S., Sari, S. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 565-574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4382

Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289-1298. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2160

Pratitis, NT (2013). Peran kreativitas dalam membentuk strategi coping siswa ditinjau dari tipe kepribadian dan gaya belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia , 2 (3). https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.308

Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361

Safri, H. (2015). Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Pelatihan. MUAMALAH, 5(2), 161-169. https://doi.org/10.24256/m.v5i2.689

Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) , 2 (2), 37-47. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47

Saputra, W. (2020). Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 13-16. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.443

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Winarsih, W., & Andriani, P. (2022). Peranan Kreativitas dan Inovasi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 59-68. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.1988

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9-20. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.432

Yuniar, R., & Fajri, T. R. N. (2022). Fungsi Pembelajaran Media Sosial Youtube dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1), 100-112. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.163


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.