Improving Word Pronunciation Using The Tongue Twister Technique In Seventh Grade Student Of MTS Walisongo
Abstract
Keyword : Pronunciation, Tongue Twister Technique
abstrak- Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan pronunciation siswa dengan menggunakan teknik Tongue Twister. Pronunciation sangat penting dalam berkomunikasi Bahasa Inggris karena dapat berpengaruh pada makna dan ucapan. Faktanya, kebanyakan siswa mengalami kesulitan saat mengucapkan kata dalam bahasa inggris. Karena kata kata yang mereka dengar atau ucapkan seringkali berbeda jauh dengan tulisan. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan Tongue Twister sebagai teknik untuk mempelajari pengucapan siswa. Dengan menggunakan teknik tongue twister peneliti berharap bisa membuat siswa bersemangat dan mudah mengucapkan pengucapan bahasa inggris. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Walisongo Sugihwaras tahun ajaran 2023/2024. Perolehan data didapatkan melalui wawancara dengan guru bahasa inggris, wawancara dengan siswa, obervasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan perngucapan siswa lebih bagus dan mengalami peningkatan setelah dijarkan menggunakan teknik tongue twister pada setiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 57,85 dan pada siklus terakhir yaitu siklus 2 nilai rata-rata siswa sebesar 77,57. Dapat disimpulkan bahwa Tongue Twister dapat meningkatkan pelafalan siswa.
Kata Kunci— Pengucapan, Teknik Tongue Twister
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burns, A., & Claire, S. (2003). Clearly Speaking : Pronunciation in action for teachers. sydney: National Centre for English Language Teaching and Research.
Tahir, S. Z. (2015). Improving Students’ Speaking Skill through Yahoo Messenger at University of Iqra Buru. International Journal of Language and Linguistics , 174181.
Kayi, H. (2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in. The Internet TESL Journal, 1.
Donal, A. (2016). Indonesian Student's Difficulties in Pronuncing English Diphtongs. Journal of English Education, 56.
Fitriana, N. (2017). The Effect of Applying tongue Twister Technique On Students' English Consonants Pronunciation. Medan: Faculty of Teachers' Training And Education University of Muhammadiyah North Sumatera.
Gilakjani, A. P. (2016). English Pronunciation Instruction : A Literature Review. International Journal of Research in English Education, 2.
Gonzales, Natalia Iglesias. (2009). Learning English with Tongue Twister. Lulu Press Inc.
Laurea, T. d. (2004). A Study on Teaching English Pronunciation in Primary Schools in Italy. Venezia: Universita Ca' Foscari .
Luviana, F. D. (2018). The Effect of Tongue Twister Towards Students' Pronunciation Ability. Journal of English Language Teaching Learning and Literature, 13.
Machackova, E. (2012). Teaching English Pronunciation to Secondary School Students with focus on "th" Consonant. Brno: Masaryk University BRNO.
Purnama, R. (2019). The Application of Tongue Twister to Improve Students'
Pronunciation. Banda Aceh: Faculty of Education and Teacher Training Ar-Raniry State Islamikc University Darussalam.
Rohman, M. (2016). The Use of Tongue Twister Technique to Improve EFL Students’ Pronunciation. Thesis, English Educatiopn Department of Education and Teacher Training Faculty Walisongo State Islamic University Semarang.
Yara, A. (2018). Improving Students’ Pronunciation by Using Tongue Twisters Technique (undergraduate degree’s thesis. English Language Education, Faculty of Teacher Training and Education of Tanjung Pura University, Tanjung Pura.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.